Wisata Alam Posong, Spot Keren Untuk Melihat Sunrise di Temanggung


Temanggung, sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak tak jauh dari Wonosobo, Temanggung memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena dikelilingi dua gunung keren yaitu Sumbing dan Sindoro, salah satu tempat wisata alam di Temanggung yang menawarkan indahnya matahari terbit adalah Posong.





foto sunrise di posong temanggung
sunrise dan lautan awan di posong. foto : bayoe_jibriel







Posong Temanggung merupakan sebuah tempat wisata alam yang menawarkan landscape keindahan alam Kabupaten Temanggung, terletak di ketinggian sekitar 2000 Mdpl menjadikan Posong Temanggung sebagai spot favorit untuk melihat sunrise.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 04.00 WIB. Jadi jika kamu tidak ingin ketinggalan pemandangan sunrise yang mempesona, datanglah lebih awal, karena jarak dari gerbang sampai ke spot utama Posong Temanggung membutuhkan perjalanan sekitar 1 jam.

Udara di kawasan wisata ini cukup dingin karena terletak di dataran tinggi, tak jarang pula para pecinta fotografi datang ke Posong untuk mengabadikan keindahan sunrise dan sunsetnya, terlebih lagi dari sini kita bisa melihat beberapa gunung lainnya seperti Sumbing, Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo dan Ungaran yang terletak di Semarang.





foto pemandangan di posong temanggung
pemandangan saat siang hari. foto : mawarsame02






Jika beruntung kita bisa melihat lautan awan yang mengelilingi gunung Sumbing, bila Bandung memiliki Bukit Moko, Semarang memiliki Bukit Gombel dan Jogja memiliki Bukit Bintang maka Temanggung memiliki Posong yang memiliki pemandangan alam tak kalah indah.

Dengan cepat wisata Posong Temanggung langsung menarik perhatian wisatawan, ditambah lagi Posong ditunjang fasilitas yang cukup lengkap, selain melihat pemandangan alam Temanggung disini kita juga bisa bermain flying fox, selain itu juga disediakan gazebo-gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk istirahat.




foto pemandangan gunung sumbing dari posong
view gunung sumbing. foto : fahrualrazi






Rute Menuju Posong

Akses menuju Posong bisa dibilang cukup mudah, apabila kamu dari Yogyakarta maka rute yang harus kamu pilih adalah Jogja-Magelang-Temanggung. Sesampai nya di temanggung lanjutkan perjalan menuju Kecamatan Parakan (arah menuju Wonosobo). Sesampainya di Parkan, ikuti jalan menuju Wonosobo, sekitar 5 – 7 KM maka akan menemukan gerbang wisata alam posong yang berada di kanan jalan. Rute tersebut bisa di ikuti oleh kota-kota terdekat seperti Magelang, Salatiga dan Semarang.

Tetap konsentrasi untuk menemukan gapura kecil bertuliskan Posong di kanan jalan. Gapura ini dapat ditemui setelah melewati jembatan 1 (Jembatan Kembar) kemudian ada 1 jembatan lagi dan berbelok ke kanan Pas di tanjakan, gapura bertuliskan Posong terlihat di kanan jalan.






foto lampu kota temanggung
citylight temanggung. foto : ranggasputro






Tips Berlibur Ke Posong Temanggung :

  • Disarankan untuk datang lebih awal, minimal saat jam buka kamu sudah berada di gerbang pintu masuk.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Di kawasan Posong kita juga bisa mendirikan tenda, jadi tidak perlu menginap di hotel.
  • Waktu terbaik adalah saat musim kemarau dan saat hari biasa (senin-kamis) karena pada saat itu tidak terlalu ramai oleh pengunjung.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi berupa motor daripada mobil.





Lokasi :

  • Alamat ; Jalan Raya Parakan Wonosobo Km. 9, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • 26 km dari pusat Kabupaten Temanggung melalui Jl. Ajibarang Secang (58 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)







Wisata Terdekat Dari Posong Temanggung :

Gunung Sindoro

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »