Skip to main content

Info Lengkap Posong Temanggung, Wisata Alam Indah di Kaki Gunung Sindoro

Temanggung, sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonosobo, Temanggung memiliki pemandangan alam yang sangat indah karena dikelilingi dua gunung keren yaitu, Sumbing dan Sindoro.

foto sunrise di posong temanggung
sunrise dan lautan awan di posong. foto : @bayoe_jibriel

Berbicara mengenai pemandangan indah, di Temanggung terdapat sebuah wisata alam yang sudah sangat populer karena menawarkan pemandangan yang sangat mempesona, wisata tersebut bernama Posong Temanggung.



Apa yang Menarik di Posong Temanggung ?

Posong Temanggung atau biasa dikenal juga dengan nama Wisata Alam Lembah Sindoro Posong merupakan sebuah tempat wisata alam yang menawarkan landscape keindahan alam Kabupaten Temanggung, terletak di ketinggian sekitar 2000 Mdpl menjadikan Posong Temanggung sebagai spot favorit untuk melihat sunrise.

foto pemandangan gunung sumbing dari posong

Tempat wisata Temanggung satu ini buka mulai pukul 04.00 WIB. Jadi jika kamu tidak ingin ketinggalan pemandangan sunrise yang mempesona, datanglah lebih awal, karena jarak dari gerbang sampai ke spot utama Posong Temanggung membutuhkan perjalanan sekitar 1 jam.

Udara di kawasan Posong Temanggung cukup dingin karena terletak di dataran tinggi, tak jarang pula para pecinta fotografi datang ke Posong untuk mengabadikan keindahan sunrise dan sunsetnya, terlebih lagi dari sini kita bisa melihat beberapa gunung besar seperti Sumbing, Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo dan Ungaran yang terletak di Semarang.

Jika beruntung kita bisa melihat lautan awan yang mengelilingi gunung Sumbing, bila Bandung memiliki Bukit Moko, Semarang memiliki Bukit Gombel dan Jogja memiliki Bukit Bintang maka Temanggung memiliki Posong yang memiliki pemandangan alam tak kalah indah.

Dengan cepat wisata Posong Temanggung langsung menarik perhatian wisatawan, ditambah lagi Posong ditunjang fasilitas yang cukup lengkap, selain melihat pemandangan alam Temanggung, di Posong kita juga bisa bermain flying fox, selain itu juga disediakan gazebo-gazebo yang bisa kita gunakan untuk istirahat.



foto lampu kota temanggung
citylight kota temanggung dari posong. foto : @ranggasputro




Sejarah Posong Temanggung

Pasti kamu penasaran kenapa wisata keren satu ini dinamakan Posong, nah, kita akan kembali ke zaman dahulu di masa penjajahan Belanda.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, pada zaman dahulu, tempat ini digunakan sebagai Pos persembunyian oleh pasukan Diponegoro dari Belanda, namun akhirnya persembunyian pasukan Diponegoro ini mulai diketahui oleh Belanda, lalu Belanda memutuskan untuk menyerang Pos tersebut.

Tapi, pasukan Diponegoro mengetahui jika Belanda akan menyerang mereka, jadi pasukan Diponegoro lari meninggalkan Pos tersebut, dan pasukan Belanda hanya menemukan sebuah Pos yang sudah kosong tanpa orang. Karena itulah tempat ini dinamakan POSONG, yang berarti Pos Kosong.


pemandangan di wisata posong temanggung
pemandangan di wisata alam posong. foto : @dimasgondeng





Fasilitas :
  • Gazebo
  • Gardu Pandang
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Outbond area
  • Flying Fox
  • Mushola 
  • Taman Bermain Mini untuk Anak
  • Camping Ground
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Posong Temanggung :
Rp. 10.000/orang

Jam Buka :
04:00 - 17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar wisata Posong Temanggung, sebagai alternatifnya kamu bisa mencari hotel/villa di pusat Kota Temanggung atau di Kabupaten Wonosobo yang terletak tak jauh dari Posong.






Lokasi  Posong:

  • Alamat ; Jalan Raya Parakan Wonosobo Km. 9, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
  • 26 km dari pusat Kabupaten Temanggung melalui Jl. Ajibarang Secang (58 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Posong Temanggung

#Dari Semarang, Magelang, Yogyakarta
Akses menuju Posong bisa dibilang cukup mudah, apabila kamu dari Yogyakarta maka rute yang harus kamu pilih adalah Jogja-Magelang-Temanggung. Sesampai nya di Temanggung lanjutkan perjalan menuju Kecamatan Parakan (arah menuju Wonosobo).

Sesampainya di Parkan, ikuti jalan menuju Wonosobo, sekitar 5 – 7 KM maka kamu akan menemukan gerbang Wisata Alam Posong di kanan jalan.

Tetap konsentrasi untuk menemukan gapura kecil bertuliskan Posong di kanan jalan. Gapura ini dapat ditemui setelah melewati jembatan 1 (Jembatan Kembar) kemudian ada 1 jembatan lagi dan berbelok ke kanan pas di tanjakan, gapura bertuliskan Posong terlihat di kanan jalan.


#Dari Wonosobo
Jika kamu dari Wonosobo dan sekitarnya, kamu bisa menuju ke arah Kabupaten Temanggung saja dengan melewati Kledung, setelah memasuki Kabupaten Temanggung, pelankan kendaraanmu dan selalu lihat di sisi kiri, gerbang Wisata Alam Posong berada di sebelah kiri setelah beberapa KM dari perbatasan Temanggung dan Wonosobo.





Tips Berlibur Ke Posong Temanggung :

  • Disarankan untuk datang lebih awal, minimal saat jam buka kamu sudah berada di gerbang pintu masuk agar tidak terlewat momen sunrise.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Di kawasan Posong kita juga bisa mendirikan tenda, jadi tidak perlu menginap di hotel.
  • Waktu terbaik berkunjung ke Posong Temanggung adalah saat musim kemarau dan saat hari biasa (senin-kamis) karena pada saat itu tidak terlalu ramai oleh pengunjung.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor daripada mobil.




Wisata Terdekat dari Posong Temanggung (- 1 jam):

Gunung Sindoro via Kledung
Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung merupakan jalur pendakian paling favorit, selain mudah dijangkau karena berada di sebelah jalan raya, jalur ini juga menawarkan pemandangan yang cukup indah.

Gunung Sumbing via Garung
Jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung terletak di seberang jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, kedua jalur ini merupakan jalur pendakian paling favorit bagi para pendaki gunung, walaupun terkenal memiliki trek yang cukup berat, namun jalur via Garung cukup digandrungi oleh para pendaki.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar