Skip to main content

Punthuk Mongkrong, Spot Selfie Kece di Magelang Untuk Melihat Sunrise dan Sunset

Magelang, Kabupaten satu ini termasuk cukup unik karena dikelilingi gunung-gunung tinggi seperti gunung Merbabu, Sumbing, Sindoro, Merapi dan Telomoyo, tak heran jika Magelang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menarik.

foto sunrise di punthuk mongkrong magelang
lautan awan dan sunrise yang indah. foto : @dulrahmann

Salah satu tempat wisata alam di Magelang yang memiliki pemandangan tak kalah indah adalah Punthuk Mongkrong, sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 624 Mdpl, hampir sama dengan Punthuk Setumbu, Punthuk Mongkrong juga menawarkan pemandangan alam Magelang dengan gunung-gunung menjadi backgroundnya.




Apa yang Menarik di Punthuk Mongkrong ?

Punthuk Mongkrong terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya, walaupun begitu, nyatanya pemandangan matahari terbit di tempat wisata Magelang ini juga tak kalah indah kok.

foto romantis di punthuk mongkrong magelang
ajak pasangan kesini biar tambah romantis. foto : @risky.puspita

Selain itu di puncak Punthuk Mongkrong juga terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu, jembatan tersebut membentuk huruf V dan menjorok ke jurang, lokasi inilah yang menjadi spot foto paling favorit bagi wisatawan.

Tapi perlu diingat, karena jembatannya terbuat dari bambu, kapasitas maksimal hanya boleh 2 orang saja ya guys, kita harus bergantian dengan wisatawan lainnya untuk bisa berfoto disini.

Akses menuju ke Puntuk Mongkrong bisa dibilang sudah memadahi, dengan jalanan yang sudah beraspal bagus, namun jalannya yang tidak terlalu luas sehingga hanya memungkinkan kendaraan roda dua saja yang bisa masuk, kendaraan roda empat harus diparkir di tempat yang agak jauh dari pos pendakian punthuk.

Dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki menuju puncak Punthuk Mongkrong, sesampainya di puncak Punthuk Mongkrong kita akan disambut dengan pemandangan alam yang mempesona, datanglah sebelum matahari terbit untuk melihat pemandangan alam pegunungan yang diselimuti kabut.

baca juga :
ajak pasanganmu ke bukit-bukit ini jika kamu ingin disebut romantis




foto pemandangan gunung dan awan di punthuk mongkrong magelang
pemandangan yang mempesona akan menyambutmu. foto : @stanleyandi




Fasilitas :

  • Gardu Pandang
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Tempat Istirahat
  • Toilet
  • Spot Foto



Harga Tiket Masuk Punthuk Mongkrong Magelang :
Rp. 3.000/orang
Rp. 2.000 untuk parkir motor

Jam Buka :
Fajar - Petang

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, kamu bisa mencari penginapan di sekitar Candi Borobudur atau Punthuk Setumbu. Salah satu Hotel terdekat dari Punthuk Mongkrong adalah Cempaka Villa Borobudur.

Nama :
Cempaka Villa, Magelang

Lokasi :
Jalan Badrawati, Ngaran Lor No. 1, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 56553

Jarak dari Punthuk Mongkrong :
7 km (kurang lebih 24 menit)
(lihat peta cara menuju ke hotel dari Punthuk Mongkrong)

Harga per Malam :
Rp. 300.000 - Rp. 600.000/malam

Cek dan Booking Sekarang!





Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • 22 Km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang – Yogyakarta (40 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Punthuk Mongkrong

Akses menuju Punthuk Mongkrong bisa ditempuh dengan mengambil jalur sebelah selatan dari Candi Borobudur yaitu dengan menyusuri Jalan Badrawati, lurus terus sampai menemukan perempatan Seganan (Desa Tuksongo) lalu belok ke kanan.

Kemudian lurus sampai menemui Balai Desa Karanganyar, dari situ ada perempatan kemudian belok kiri lurus sampai menemui Balai Desa Giritengah, kamu bisa mengambil arah ke kanan.

Kemudian lurus naik menyusuri jalan beraspal yang mulai menanjak dan menyempit hingga sampai ke gang kecil dengan jalan bercor. Sampai di ujung ada pertigaan setelah tanjakan kemudian belok kanan menyusuri gang kecil melewati rumah-rumah warga, sampailah kamu di tempat parkir objek wisata alam Punthuk Mongkrong.

foto pose unik di punthuk mongkrong magelang
viewnya keren banget. foto : @ariesynthezer









Tips Saat Berlibur Ke Punthuk Mongkrong :

  • Waktu terbaik adalah saat sebelum sunrise dan sore hari untuk melihat sunset.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalannya yang cukup sempit.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.
  • Hati hati ketika berada di puncak, karena puncak Punthuk Mongkrong cukup sempit.
  • datanglah sebelum shubuh, kamu bisa sholat shubuh di perjalanan agar kamu tidak terlambat melihat cantiknya sunrise Punthuk Mongkrong.






Lihat peta acara menuju ke punthuk mongkrong





Wisata Terdekat Dari Punthuk Mongkrong (- 1 Jam ):

Candi Borobudur (17 menit)
Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar di Indonesia, Candi Borobudur sudah terkenal di dunia karena pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia.

Punthuk Setumbu (20 menit)
Nah, bagi kamu yang ingin melihat Candi Borobudur dari sudut dan suasana berbeda, kamu bisa datang ke Punthuk Setumbu, disini kita bisa melihat Candi Borobudur yang sedang diselimuti kabut.

Punthuk Sukmojoyo (28 menit)
Puncak Sukmojoyo atau Punthuk Sukmojoyo terletak tak jauh dari Punthuk Mongkrong, kedua tempat wisata ini memiliki konsep yang serupa, hanya saja Puncak Sukmojoyo bisa dibilang lebih lengkap daripada Punthuk Mongkrong.

Pos Mati (15 menit)
Begitupula dengan Pos Mati, ketiga tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, tinggal pilih saja mana yang ingin kamu kunjungi, atau kamu bisa juga mengunjungi semuanya.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar