Punthuk Mongkrong, Spot Selfie Baru di Magelang


Magelang, Kabupaten satu ini termasuk cukup unik karena dikelilingi gunung-gunung tinggi seperti gunung Merbabu, Sumbing, Sindoro, Merapi dan Telomoyo, tak heran jika Magelang memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang menarik.





foto sunrise di punthuk mongkrong magelang
lautan awan dan sunrise yang indah. foto : dulrahmann






Salah satu tempat wisata alam di Magelang yang memiliki pemandangan tak kalah indah adalah Punthuk Mongkrong, sebuah bukit yang memiliki ketinggian sekitar 624 Mdpl, hampir sama dengan Punthuk Setumbu, Punthuk Mongkrong juga menawarkan pemandangan alam Magelang dengan gunung-gunung menjadi backgroundnya.

Punthuk Mongkrong terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya, walaupun begitu nyatanya pemandangan matahari terbit di tempat wisata ini juga tak kalah indah kok, area puncak Punthuk Mongkrong terbilang cukup sempit namun memiliki fasilitas yang cukup, seperti terdapatnya tempat istirahat dan tentunya spot foto yang kece.

baca juga : daftar air terjun terindah di Jawa Tengah, mana favoritmu?




foto romantis di punthuk mongkrong magelang
ajak pasangan kesini biar tambah romantis. foto : risky.puspita






Selain itu di puncak juga terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu, jembatan tersebut membentuk huruf V dan menjorok ke jurang, lokasi inilah yang menjadi spot paling favorit oleh wisatawan, tapi perlu diingat karena jembatannya terbuat dari bambu, kapasitas maksimal hanya boleh 2 orang saja ya guys, kita harus bergantian dengan wisatawan lainnya untuk bisa berfoto disini.

Akses menuju ke Puntuk Mongkrong bisa dibilang sudah memadahi, dengan jalanan yang sudah beraspal bagus, namun jalannya yang tidak terlalu luas sehingga hanya memungkinkan kendaraan roda dua saja yang bisa masuk, kendaraan roda empat harus diparkir di tempat yang agak jauh dari pos pendakian punthuk.

Dari tempat parkir kita masih harus berjalan kaki menuju puncak Punthuk Mongkrong, sekitar beberapa menit sesampainya di puncak Punthuk Mongkrong kita akan disambut dengan pemandangan alam yang mempesona, datanglah sebelum matahari terbit untuk melihat pemandangan alam pegunungan yang diselimuti kabut.

baca juga : ajak pasanganmu ke bukit-bukit ini jika kamu ingin disebut romantis




foto pemandangan gunung dan awan di punthuk mongkrong magelang
pemandangan yang mempesona akan menyambutmu. foto : stanleyandi






Rute Menuju Punthuk Mongkrong

Akses menuju Punthuk Mongkrong bisa ditempuh dengan mengambil jalur sebelah selatan dari Candi Borobudur yaitu dengan menyusuri Jalan Badrawati, lurus terus sampai menemukan perempatan Seganan (Desa Tuksongo) lalu belok ke kanan. Kemudian lurus sampai menemui Balai Desa Karanganyar, dari situ ada perempatan kemudian belok kiri lurus sampai menemui Balai Desa Giritengah, kamu bisa mengambil arah ke kanan.

Kemudian lurus naik menyusuri jalan beraspal yang mulai menanjak dan menyempit hingga sampai ke gang kecil dengan jalan bercor. Sampai di ujung ada pertigaan setelah tanjakan kemudian belok kanan menyusuri gang kecil melewati rumah-rumah warga, sampailah kamu di tempat parkir objek wisata alam Punthuk Mongkrong.




foto pose unik di punthuk mongkrong magelang
viewnya keren banget. foto : ariesynthezer









Tips Saat Berlibur Ke Punthuk Mongkrong :


  • Waktu terbaik adalah saat sebelum matahari terbit dan sore hari untuk melihat sunset.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi berupa motor karena jalannya yang cukup sempit.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.






Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • 22 Km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang – Yogyakarta (40 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Lihat peta acara menuju ke punthuk mongkrong


Wisata Terdekat Dari Punthuk Mongkrong :

Candi Borobudur (17 menit)
Punthuk Setumbu (20 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »