Tips Lengkap Berlibur ke Pulau Tidung, Salah Satu Pulau Indah di Kepulauan Seribu


Bagi pecinta wisata alam di Jawa Barat, terutama di Jakarta, Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata paling favorit dan wajib dikunjungi sebab di Kepulauan Seribu terdapat banyak sekali pulau-pulau dengan pemandangan yang sangat indah.


foto sunrise di jembatan cinta pulau tidung
sunrise di jembatan cinta. foto : ferdinautari4421



Mulai dari Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung hingga Pulau Bidadari, nah dari banyaknya pulau-pulau keren di Kepulauan Seribu ternyata terdapat satu pulau yang cukup menarik hati wisatawan, yaitu Pulau Tidung.

Pulau Tidung terletak di sebelah selatan Kepulauan Seribu dan tak jauh dari Pulau Pari, tempat wisata Pulau Tidung menawarkan berbagai kegiatan seru, kebanyakan wisatawan yang datang di Pulau Tidung pasti memiliki tujuan utama yaitu snorkeling.

Ya karena tempat wisata Pulau Tidung memiliki pemandangan bawah air yang sangat mempesona, ketika kamu pertama kali sampai di pulau ini kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dan jernihnya air laut yang akan membuatmu ingin segera terjun, selain snorkeling kita juga bisa bermain banana boat, jetski dan kano.

Tak hanya menawarkan wisata bahari saja, namun di Pulau Tidung kita juga bisa melihat rimbunnya hutan mangrove, perlu diingat, tempat wisata Pulau Tidung terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar, nah untuk Pulau Tidung Kecil adalah pulau tak berpenghuni, di pulau inilah kita bisa menemukan vegetasi hutan mangrove yang dikelola pemerintah dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam di sekitar pulau.

Salah satu spot paling keren di Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta, jembatan inilah yang menghubungkan antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar, mitosnya, apabila terdapat sepasang kekasih yang melewati Jembatan Cinta ini maka hubungan mereka akan langgeng, Jembatan Cinta menjadi lokasi foto selfie favorit wisatawan dan kini Jembatan Cinta juga menjadi ikon wisata dari Pulau Tidung lho.



foto terumbu karang di pulau tidung
indah ya terumbu karangnya. foto : dedyblee


Bagaimana Cara Menyeberang ke Pulau Tidung?

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke Pulau Tidung, terdapat beberapa cara untuk menuju ke Pulau Tidung diantaranya menyeberang dengan menggunakan kapal ferry reguler atau menggunakan perahu motor (speedboat).

Biasanya bagi yang menggunakan Kapal Fery Reguler akan berangkat dari Pelabuhan Muara Angke pada jam 6 pagi jadi pastikan kamu sampai di Muara Angke sebelum jam 6 pagi ya, dan jadwal kapal untuk kembali ke Muara Angke dari Pulau Tidung setiap jam 2 siang, waktu tempuh penyeberangan dari Muara Angke sekitar 2-3 jam.

Untuk mencapai Muara Angke, kita dapat menggunakan Transjakarta - berhenti di Halte Pluit - kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot B 01 lalu turun di pom bensin / SPBU Muara Angke.

Sedangkan bagi yang menggunakan speedboat akan berangkat dari Dermaga Marina Ancol, dalam 1 hari setidaknya ada 2 - 3 keberangkatan kapal dari dermaga Marina Ancol. Jadwal keberangkatan kapal setiap jam 11.00 WIB, paling banyak pada hari Sabtu sedangkan pada hari biasa, jadwal keberangkatan kapal hanya dua kali. Atau jika kamu berdomisili di Tangerang bisa menyeberang ke Pulau Tidung melalui Rawasaban, tinggal pilih saja sesuai selera kamu.


Apakah Bisa Menuju Pulau Tidung Menggunakan Motor?

Sejauh ini belum terdapat kapal yang bisa mengangkut motor menuju tempat wisata Pulau Tidung, sebagai alternatifnya jika kamu membawa motor kamu bisa menitipkan motormu di dermaga tempat kamu menyeberang.


Dimana Tempat Menginap di Pulau Tidung?

Di Pulau Tidung terdapat banyak sekali penginapan berupa hotel dan homestay, kebanyakan penginapan di Pulau Tidung berkonsep homestay, namun walaupun begitu ternyata fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap lho.

Berikut Daftar penginapan atau homestay di Pulau Tidung  :

  1. Nasykev Homestay, telp 0815 7477 7403
  2. Tias Homestar, Telp 0858 1187 0241
  3. Penginapan Anggun, Telp 0815 8446 9772 / 0858 8866 2196
  4. Losmen Dua Saudara, Telp 0858 1045 0242
  5. Penginapan Samudra, Telp 0815 8561 9667
  6. Pengianapan Kautsar, Telp 0858 1330 5090
  7. Mutiara Homestay, Telp 0815 1019 4188
  8. Penginapan Husbana, Telp 0858 1430 4633
  9. Penginapan Banny, Telp 0858 1421 8470, 0858 2544  992
  10. Penginapan Saradita, Telp 0816 1962 072, 0858 1457 4714
  11. Penginapan Audi, Telp 0858 1460 6857
  12. Penginapan RHS, Telp 0815 1127 1540, 0857 8021 2680
  13. Penginapan Natasya, Telp 0858 8015 942



foto banana boat di pulau tidung
main banana boat seru nih. foto : fentr1




Apakah Bisa Mendirikan Tenda di Pulau Tidung?

Bisa, kamu bisa camping di Pulau Tidung Kecil, namun kenyamanannya tidak terjamin karena Pulau Tidung Kecil termasuk pulau yang tidak cukup luas, selain itu pulau tersebut juga tidak berpenghuni hanya terdapat perkebunan warga saja, jadi lebih disarankan untuk menginap di homestay.


Lebih Baik Menggunakan Paket Wisata Atau Berlibur Sendiri?

Baik menggunakan paket wisata atau berlibur sendiri bukan menjadi masalah, pilihan tersebut sesuai keinginan dan selera masing-masing wisatawan saja, apabila kamu tidak ingin repot lebih baik menggunakan paket wisata, kini sudah terdapat banyak sekali paket wisata menuju Pulau Tidung dengan beragam harga.


Dimana Tempat Makan di Pulau Tidung?

Tenang, di Pulau Tidung terdapat banyak sekali warung-warung yang sudah buka sejak pagi, terutama disepanjang jalan Pulau Tidung Besar menuju Jembatan Cinta, jadi selain berwisata bahari kamu juga bisa berwisata kuliner di Pulau Tidung.


foto pemandangan pulau tidung jakarta
cocok buat nyantai. foto : spnv_anwar


Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Tempat Wisata Pulau Tidung?

Bulan April sampai Oktober merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Tidung, sebab kala itu cuaca cenderung cerah, selain bulan tersebut selalu persiapkan peralatanmu dengan baik untuk berjaga-jaga jika cuaca tidak bersahabat, Pulau Tidung juga sangat cocok untuk liburan tahun baru lho, jadi kamu tidak perlu jauh-jauh keluar kota untuk libur tahun baru, cukup ke Pulau Tidung saja.



Tips Tambahan Berlibur ke Pulau Tidung :


  • Di Pulau Tidung tidak terdapat nama jalan, bentuk dari perumahan di pulau ini cenderung kotak-kotak layaknya labirin, nah agar kamu tidak tersesat saat akan kembali ke penginapan, hapalkan saja nomor RT dan rumahnya, atau jika perlu difoto setiap jalan yang sudah kamu lewati.

  • Di Pulau Tidung tidak terdapat ATM, jadi bawalah uang tunai lebih agar tidak kehabisan uang saat sedang berlibur di pulau ini.

  • Cara seru untuk berkeliling di Pulau Tidung adalah menggunakan sepeda, kamu bisa dengan menemukan tempat penyewaan sepeda di Pulau Tidung, setiap akhir pekan akan banyak wisatawan yang memilih berkeliling Pulau Tidung menggunakan sepeda atau berjalan kaki.


baca juga : daftar pulau keren di Kepulauan Seribu yang harus kamu kunjungi

Nah, itulah informasi mengenai Pulau Tidung yang harus kamu tahu sebelum kamu memutuskan untuk berlibur di Pulau keren ini, jadi kapan kamu akan berkunjung ke Pulau Tidung?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »