Bukit Panguk, Spot Kece Untuk Selfie Alternatif Kebun Buah Mangunan


Tempat wisata populer di kawasan Mangunan, Dlingo mungkin masih dipegang oleh Kebun Buah Mangunan, tapi walaupun begitu ternyata di Mangunan masih terdapat banyak sekali tempat wisata yang tak kalah keren lho.

sunrise di bukit panguk
sunrise di bukit panguk jogja. foto : sekedarmampir

Salah satu objek wisata di Mangunan yang sangat cepat dalam memikat hati wisatawan adalah Bukit Panguk. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam sangat indah dengan landscape pegunungan Sewu.


Apa yang Menarik di Bukit Panguk Kediwung ?

Bukit Panguk Kediwung memiliki pemandangan yang hampir sama dengan Kebun Buah Mangunan karena memang kedua tempat wisata Jogja ini terletak berdekatan. Bukit Panguk Kediwung diresmikan pada Mei 2016.

foto bukit panguk jogja siang hari
suasana di siang hari. foto : dhyahajeng

Bukit Panguk Kediwung terletak di puncak tebing Batu Lawang, sama halnya dengan kebanyakan objek wisata perbukitan, Bukit Panguk ini juga menawarkan pemandangan perbukitan yang sangat mempesona.

Di puncak Bukit Panguk Kediwung terdapat gardu pandang yang terbuat dari bambu yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan sekitar, gardu pandang ini juga menjadi spot foto paling favorit bagi wisawatan.

Kegiatan favorit yang biasa dilakukan di Bukit Panguk Kediwung adalah berburu sunrise, ya, pemandangan sunrise merupakan sajian utama di tempat wisata Bantul ini.

Sinar matahari yang pelan-pelan muncul dari balik perbukitan dengan hamparan kabut yang menyelimuti sungai Oyo menjadikan pemandangan terlihat sangat mempesona. Tak heran jika Bukit Panguk menjadi salah satu tempat favorit untuk hunting foto.

Bukit Panguk Kediwung semakin populer setelah banyak wisatawan mengunggah foto-foto keren dari tempat wisata ini ke media sosial, dalam sekejab Bukit Panguk menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bantul, terutama bagi kalangan anak muda.

baca juga : daftar spot keren untuk melihat sunrise dan sunset di Jogja

lautan awan di bukit panguk jogja
lautan awan di bukit panguk. foto : ahkaspp



Fasilitas :
  • Gardu Pandang
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Mushola


Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung :
Hanya membayar parkir

Jam Buka :
Fajar-sore hari

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di kawasan Bukit Panguk, sebagai gantinya kamu bisa mencari di daerah Imogiri atau pusat Kabupaten Bantul.


Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja.
  • 24 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Imogiri Barat (52 menit)
  • 30 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Imogiri Timur (1 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Akses menuju Bukit Panguk sangatlah mudah, terutama jika kamu sudah pernah berkunjung ke Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan. Dari pusat Kota Jogja kamu tinggal menuju ke arah Kebun Buah Mangunan saja.

Yaitu dengan mengambil arah ke Terminal Giwangan, setelah itu dilanjutkan menuju ke arah Imogiri (ke selatan dari Terminal Giwangan), sebelum sampai di Makam Imogiri ambil kanan menuju Kebun Buah Mangunan (sudah terdapat petunjuk jalan).

Setelah sampai di Kebun Buah Mangunan, terdapat petunjuk menuju Bukit Panguk Kediwung, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut, lokasi Bukit Panguk sekitar 2 km dari Kebun Buah Mangunan.

bukit panguk kediwung jogja
dolan dewe pendekar. foto : twynuv_thryya

Tips Berlibur ke Bukit Panguk :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Panguk adalah saat fajar (sunrise), atau jika kamu tidak bisa berkunjung ketika fajar, kamu bisa datang di sore hari, sebab di siang hari cuaca cukup panas.
  • Agar lebih puas, datanglah di hari biasa (senin-jumat), jika kamu datang saat weekend atau hari libur, siap-siap bertemu dengan puluhan pengujung lainnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Jika ingin berfoto di gardu pandang, tolong antre dengan pengunjung lainnya ya.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.



Lihat peta cara menuju ke bukit panguk kediwung


Wisata Terdekat Dari Bukit Panguk Kediwung :

Kebun Buah Mangunan (12 menit)
Objek wisata paling populer di Dlingo, disini kita bisa melakukan banyak kegiatan seru, mulai dari berburu buah-buahan, bermain outbond hingga melihat keindahan sunrise di puncaknya.

Hutan Pinus Dlingo (12 menit)
Kamu pecinta fotografi ? maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke Hutan Pinus ini, di tempat wisata tersebut kita bisa melihat kerennya formasi dari pepohonan pinus yang nampak fotogenik.

Puncak Becici (20 menit)
Berbeda dengan Bukit Panguk, tempat wisata Puncak Becici lebih cocok dikunjungi ketika sore hari untuk melihat sunset, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Bukit Panguk menjadikan kita bisa berkunjung ke kedua tempat wisata ini dalam satu hari.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »