Puncak Becici, Spot Keren Untuk Melihat Sunset di Bantul

0 Comments A+ a-

Kecamatan Dlingo merupakan daerah yang terlatak di dataran tinggi, tak heran jika tempat wisata disini didominasi oleh tempat wisata perbukitan. Di Dlingo sendiri terdapat banyak sekali objek wisata menarik yang bisa kita kunjungi.

puncak becici jogja di malam hari
pemandangan malam hari di puncak becici. foto : @zakkiahmada

Mulai dari Hutan Pinus, Kebun Buah Mangunan hingga Bukit Panguk. Mungkin kamu sudah tidak asing dengan wisata alam Kalibiru di Kulon Progo, nah, di Dlingo terdapat tempat wisata serupa yang juga menawarkan pemandangan alam sangat indah, yaitu Puncak Becici.



Apa yang Menarik di Puncak Becici ?

Puncak Becici memiliki karakteristik yang memadukan dua tempat wisata populer, yaitu antara Hutan Pinus Mangunan dan Kalibiru.

puncak becici dlingo
cocok buat camping seru bareng temen. foto : @gumbikid

Puncak Becici terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona dengan beberapa gunung yang menjadi backgroundnya, seperti Gunung Merapi dan Merbabu.

Bahkan jika cuaca cerah, di Puncak Becici kita bisa melihat laut selatan juga lho. Tak heran jika tempat wisata Jogja satu ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk berburu foto kece.

Puncak Becici terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang sangat cantik, disini kita bisa melihat matahari tenggelam perlahan-lahan dibalik bukit.

Puncak Becici semakin memanjakan wisatawan dengan terdapatnya gardu pandang di puncaknya yang bisa kita gunakan untuk menikmati panorama alam sekitar.

Puas melihat pemandangan dari puncak, sekarang saatnya kamu hunting foto kece di hutan pinus Puncak Becici, ketika kita berjalan menuju puncak kita juga akan melewati hutan pinus, nah disinilah lokasi favorit untuk hunting foto.

Formasi pepohonan pinus yang terlihat fotogenik akan membuat siapapun ingin segera mengabadikannya kedalam kamera, atau bagi kamu yang tidak ingin berburu foto, kamu juga bisa sekedar bersantai menggunakan hammock kok.

hutan pinus puncak becici
hutan pinus di kawasan puncak becici. foto : @asyafriezal

Untuk bisa sampai di Puncak Becici-pun kita tidak perlu susah-susah trekking layaknya mendaki gunung, karena jalur menuju puncak tebrilang cukup ringan bagi siapapun, hanya berjalan kaki beberapa menit saja kita sudah bisa sampai di puncak.

Puncak Becici sendiri termasuk dalam kawasan Hutan Lindung, jadi fasilitas di tempat wisata ini masih dibatasi, walaupun begitu, Puncak Becici merupakan tempat wisata yang cukup direkomendasikan di Kabupaten Bantul lho.

Biasanya wisatawan datang ketika sore hari, ya karena sore hari memang waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak Becici, selain tidak terlalu panas, kita juga bisa melihat matahari terbenam.

Di kawasan Puncak Becici juga terdapat sebuah makam milik anak dari lurah cikal bakal Kelurahan Muntuk ini.

Karena terdapatnya sebuah makam, membuat beberapa wisatawan yang rencananya ingin berkemah di kawasan Puncak Becici mengurungkan diri setelah melihatnya. Padahal hal ini tidak menjadi masalah selama kita menjaga etika.

Camping di kawasan Puncak Becici cukup menyenangkan kok, tak jarang lokasi ini dijadikan sebagai tempat pramuka oleh sekolah-sekolah terdekat.

pemandangan di puncak becici
pemandangan di gardu pandang puncak becici. foto : @ari_41mf





Fasilitas :
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Camping Ground
  • Spot Foto
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Puncak Becici :
Hanya membayar parkir

Camping : Rp. 5.000/orang
Gardu Pandang : Rp. 2.000/orang

Jam Buka :
Setiap hari
24 jam (jika berkemah)

Kontak :
0896 7544 4972

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, kamu bisa berkemah di kawasan Puncak Becici karena sudah disediakan camping ground, tapi jika kamu tidak mau berkemah kamu bisa mencari hotel di sekitar Imogiri atau di pusat Kabupaten Bantul.



Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogja.
  • 22 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Imogiri Timur dan Jl. Pleret-Pathuk (51 menit)
  • 70 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Raya Solo (2 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Puncak Becici

Akses menuju Puncak Becici sangatlah mudah, ditambah lagi terdapat dua jalur yang bisa mengantarkan kita ke Puncak Becici, yaitu :

Pertama dari Pusat Kota Jogja kamu bisa melalui Jalan Imogiri Timur menuju Kebun Buah Mangunan, ikuti jalan tersebut hingga kamu menemukan petunjuk menuju Hutan Pinus Mangunan.

Jadi patokannya adalah Hutan Pinus Mangunan, setelah melewati Hutan Pinus kamu akan menemukan pertigaan pertama, ambil kiri dan ikuti petunjuk menuju Puncak Becici.

Jalur kedua adalah jika kamu dari Solo atau Jalan Jogja – Wonosari, ikuti saja rute Jogja – Piyungan – Bukit Bintang – Perempatan Patuk. Dari perempatan belok kanan menuju arah Dlingo dan ikuti jalan utama hingga kamu menemukan Hutan Pinus Sudimoro 1. Setelah melewati hutan pinus kamu akan menemukan petunjuk arah menuju Puncak Becici.





Tips Berlibur ke Puncak Becici :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak Becici adalah di hari biasa (senin-jumat) agar kamu lebih puas.
  • Untuk mendapatkan pemandangan yang indah, kamu bisa datang di saat fajar (setelah sholat Shubuh) atau sore hari (setelah sholat Ashar) untuk melihat sunset.
  • Sangat cocok sebagai lokasi hunting foto.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi.
  • Bisa dijadikan sebagai tempat camping dan acara pramuka.





Lihat peta cara menuju ke puncak becici





Wisata Terdekat Dari Puncak Becici (- 1 Jam):

Kebun Buah Mangunan (15 menit)
Tempat wisata yang sudah sangat populer di Dlingo, di Kebun Buah Mangunan kita bisa melihat pemandangan alam Kabupaten Bantul dari ketinggian, selain itu kita juga bisa mencicipi buah segar dari pohonnya langsung.

Hutan Pinus Mangunan (7 menit)
Lokasi yang sangat cocok untuk berkemah dan hunting foto, Hutan Pinus Mangunan sudah sangat populer dikalangan anak muda sebagai tempat wisata yang instagramable.

Air Terjun Banyu Nibo (6 menit)
Air Terjun Banyu Nibo merupakan salah satu air terjun yang cukup populer di kawasan Pathuk, aliran air di air terjun ini berasa dari Gunung Api Purba Nglanggeran, walaupun tidak terlalu tinggi, namun Air Terjun Banyu Tibo menawarkan pemandangan yang sangat indah karena terletak disekitar persawahan warga.

Hutan Pinus Pengger (8 menit)
Walaupun konsepnya berupa wisata alam hutan pinus, tapi ternyata Hutan Pinus Pengger lebih cocok dikunjungi ketika malam hari, selain itu ada banyak sekali spot foto keren disini.

Jurang Tembelan (14 menit)
Tak jauh berbeda dengan Kebun Buah Mangunan, hanya saja Jurang Tembelan lebih sederhana.




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments