Shanghyang Heuleut, Danau Purba Cantik di Bandung Barat

0 Comments A+ a-

Kita tahu jika peran sosial media sangat mempengaruhi perkembangan sebuah tempat wisata, berkat sosial media kita tahu bila di Indonesia terdapat sebuah tempat wisata baru yang cukup keren untuk dikunjungi.

shanghyang heuleut bandung
ini pemandangan ketika air jernih. foto : firmansulistyo

Nah, berbicara mengenai dampak sosial media terhadap sebuah tempat wisata, ada salah satu tempat di Bandung bagian barat yang sekejap menjadi hits karena foto-foto dari tempat keren ini muncul di sosial media, namanya adalah Shanghyang Heuleut.



Apa yang Menarik di Shanghyang Heuleut ?

Mungkin nama tersebut masih terdengar asing dikalangan traveler, jika kita lihat dari namanya memang lebih mirip nama tempat di luar negeri, tapi ternyata tempat ini malah berada di Bandung.

foto shanghyang heuleut
sungai di kawasan shanghyang heuleut, seger ya. foto : septingrm

Shanghyang Heuleut adalah sebuah danau yang memiliki pemandangan alam cukup indah, danau Shanghyang Heuleut tidaklah terlalu besar, namun yang membuat tempat wisata Bandung ini cukup menarik adalah bebatuan yang mengelilinginya.

Bebatuan di sekitar danau Shanghyang heuleut memiliki bentuk yang sangat artistik, bentuk bebatuan tersebut hampir sama dengan bebatuan di Pantai Tanjung Tinggi yang terletak di Bangka Belitung.

Shanghyang Heuleut terletak di kawasan PLTA Saguling, bisa dibilang Shanghyang Heuleut adalah salah satu “surga tersembunyi” di Bandung. Air dari danau ini sendiri berasal dari sungai Citarum Purba, air di Shanghyang Heuleut terbilang cukup jernih di musim kemarau dan sedikit keruh di musim hujan.

Menurut informasi, danau Shanghyang Heuleut adalah salah satu danau purba, hal ini terlihat dari bebatuan yang mengelilinginya dan nama dari tempat itu sendiri. Shanghyang yang berarti “tempat suci” dan Heuleut yang berarti “jarak atau selang antara dua waktu”.

foto danau shanghyang heuleut
nyantai dulu guys. foto : sulistyo

Selain Shanghyang Heuleut, di kawasan ini masih terdapat beberapa spot keren lainnya lho, seperti :
Shanghyang Tikoro
Shanghyang Tikoro adalah sebuah goa yang berada di dekat Shanghyang Heuleut, goa ini tidak banyak yang tahu lokasinya karena cukup tersembunyi.

Shanghyang Poek
Sama halnya dengan Shanghyang Tikoro, Shanghyang Poek juga merupakan sebuah goa kecil yang dialiri oleh sungai, lokasi ini cukup menarik untuk dijadikan tempat hunting foto lho.

Untuk sampai di lokasi, kita masih harus berjalan kaki dari tempat parkir di sekitar PLTA menuju Shanghyang Heuleut dengan jalur yang cukup mudah, estimasi waktu untuk sampai di lokasi Shanghyang Heuleut dari tempat parkir kira-kira 1 jam.

Nah, selain berwisata alam, kita juga bisa berwisata sejarah sekaligus, selain itu Shanghyang Heuleut juga dapat menjadi tempat hunting foto alternatif di Bandung barat.

baca juga : daftar taman keren di Bandung yang cocok untuk nongkrong

selfie di danau shanghyang heuleut bandung
yakin gak mau kesini? foto : niahudaya



Fasilitas :
Karena bukan tempat wisata resmi, jadi fasilitas di Shanghyang Heuleut masih seadanya.

Harga Tiket Masuk Shanghyang Heuleut :
Hanya membayar parkir saja.

Jam Buka :
Pagi-sore hari

Akomodasi (Penginapan) 
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar tempat wisata Shanghyang Heuleut ini, sebagai gantinya kamu bisa mencari hotel di pusat kota bandung.



Lokasi :

  • Alamat ; Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
  • 48 Km dari pusat Kota Bandung melalui Jl. Nasional III (1 jam 22 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Shanghyang Heuleut Bandung

Dari Kota Bandung, kamu tinggal mengikuti rute menuju Kota Cimahi – Padalarang (melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil) – Jalan Raya Padalarang (kawasan yang berkelok & banyak pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir jalan) – Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling.



Tips Berlibur ke Shanghyang Heuleut :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Shanghyang Seuleut adalah di pagi dan siang hari.
  • Silahkan berkunjung di hari apapun.
  • Saat akan memasuki kawasan PLTA Saguling kita akan melewati pos satpam yang akan membuka portal, tinggal bilang saja mau ke Sanghyang Heuleut.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jika ingin mandi jangan lupa membawa baju ganti.
  • Gunakanlah alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi.




Lihat peta cara menuju ke shanghyang heuleut



Wisata Terdekat Dari Shanghyang Heuleut :

Stone Garden (51 menit)
Stone Garden adalah sebuah geopark berupa taman batu, dinamakan taman batu karena di kawasan ini terdapat banyak sekali bebatuan dengan bentuk yang cukup unik, Stone Garden tak hanya menjadi tempat tujuan wisata saja, melainkan juga menjadi lokasi hunting foto landscape dan foto prewedding.


loading...