Stone Garden, Taman Batu Unik nan Fotogenik di Bandung


Bandung memang tak pernah ada habisnya memanjakan kita dengan tempat – tempat wisatanya yang sangat keren, mulai dari wisata kuliner, belanja hingga wisata alam, nah salah satu wisata alam keren yang ada di Bandung adalah Stone Garden.

Apa yang pertama kali kamu pikirkan jika mendengar kata "Taman" ? pasti sebuah kawasan yang dipenuhi oleh bunga-bunga indah dengan suasana romantis dan nyaman, contonhnya saja di Taman Selecta dan Kampung Tulip yang memiliki suasana romantis, tapi jika kamu mendengar kata "Taman Batu" apa yang terbesit dipikiranmu?

foto selamat datang stone garden geopark bandung 
welcome to stone garden geopark. foto : moreunie

Nah, Stone Gareden merupakan sebuah kawasan perbukitan taman batu, disebut taman batu karena di kawasan ini terhampar luas bebatuan yang memiliki berbagai bentuk unik dan fotogenik, menurut cerita, bebatuan yang menjulang disini adalah bekas danau zaman purbakala lho.

Stone Garden memang masih kalah populer dengan objek wisata lainnya seperti bukit Moko dan tebing keraton, jadi tidak banyak wisatawan yang datang kesini, padahal pemandangan di kawasan Stone Garden ini sangat indah.

Keunikan dari formasi bebatuan di Stone Garden ini membuat pemandangan layaknya sedang tidak berada di Bandung, bahkan banyak yang menyebut jika pemandangan objek wisata Bandung ini mirip dengan pemandangan wisata luar negeri lho, tepatnya di Christmas Island, yang terletak di Australia.


foto pemandangan stone garden padalarang 
pemandangan kawasan taman batu. foto : dyahpamelablog.wordpress.com


Stone Garden merupakan sebuah situs Geopark di Bandung, untuk sampai di puncak bukit Stone Garden kita harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, rasa lelah akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang sangat keren.

Tak hanya itu, di dekat kawasan Stone Garden juga terdapat sebuah objek wisata yang tak kalah menarik, tepatnya bagian bawah Stone Garden terdapat sebuah goa bernama Goa Pawon, jadi kita bisa berkunjung ke dua wisata sekaligus dalam satu tempat.

Pemandangan unik di Stone Garden inilah yang menarik banyak wisatawan untuk datang, terutama para pecinta fotografi yang ingin mengabadikan formasi bebatuan di kawasan Geopark, jadi apabila kamu mencari lokasi hunting foto keren di Bandung, cobalah datang ke Stone Garden, maka kamu akan terkagum-kagum dengan keunikannya.

Selain itu, kawasan Stone Garden Padalarang ini juga sangat cocok untuk foto prewedding dan memburu keindahan sunrise Bandung lho, jadi kamu para pecinta fotografi landscape, wajib hukumnya untuk datang kesini ya.

foto stone garden geopark padalarang bandung 
gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman ya. foto : wisatadibandung.net




Stone Garden berada diketinggian sekitar 700 Mdpl dengan didominasi oleh bebatuan, bukan pepohonan, jadi ketika kamu berkunjung kesini saat siang hari, jangan heran jika terasa cukup panas, untuk itu sudah disedikan beberapa gazebo yang bisa kita gunakan untuk berteduh.

Tak jarang kita bisa menemukan kawanan monyet yang berkeliaran dikawasan Stone Garden, jadi kamu harus hati hati terhadap barang bawaanmu ya. Untuk bisa sampai di puncak Stone Garden kita harus mendaki terlebih dahulu, tapi tenang karena jalur menuju puncak terbilang cukup ringan untuk semua kalangan, baik anak-anak hingga orang tua. Bisa dibilang objek wisata Stone Garden merupakan salah satu spot instagramable di Bandung yang sangat sayang untuk dilewatkan, terutama bagi kamu pecinta selfie.

Untuk menuju Stone Garden, terdapat dua jalur yang bisa kita lewati, yaitu melalui Goa Pawon dan langsung menuju ke Stone Garden, dari kedua jalur tersebut, jalur langsung menuju Stone Garden merupakan jalur termudah, apalagi jika kamu membawa anak-anak, sangat disarankan untuk melalui jalur ini.

Jika kita ingin melewati jalur langsung menuju Stone Garden, patokannya adalah masjid Al Ikhlas di kanan jalan sekitar 15-20 menit dari tol Padalarang. Masjid Al Ikhlas ini cukup besar dengan terdapatnya papan petunjuk jalan menuju Stone Garden si sampinya.

Sedangkan jalur kedua, yaitu melalui Goa Pawon, jalur lebih menanjak dengan kemiringan sekitar 45 derajat, jalur ini tidak disarankan bagi wisatawan yang membawa anak dan manula, tapi jika kamu memang ingin merasakan sensasi berbeda, kamu bisa melalui jalur tersebut.

Jalur dari Goa Pawon ini ditandai dengan adanya gapura hitam besar di sisi kanan jalan bertuliskan Situs Goa Pawon. Jika kita melewati jalur ini kita bisa langsung mengunjungi dua wisata sekaligus, yaitu Goa Pawon dan Stone Garden dengan syarat harus mendaki ke puncaknya terlebih dahulu.
Foto kiriman Bandung Tropic (@bandungtropic) pada




Rute Menuju Stone Garden dan Goa Pawon Bandung

Akses menuju lokasi Stone Garden Bandung sangatlah mudah, dari pusat kota Bandung kamu bisa melewati jalan tol Purbaleunyi dan keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur, kamu bisa menjadikan kawasan Tagog Apu sebagai patokan setelah keluar tol, gapura bertulisakan Goa Pawon dan Stone Garden berada di kanan jalan.

Apabila kamu menggunakan motor, dari pusat Kota Bandung atau Kota lainnya, kita harus menuju ke arah Kota Baru Parahyangan, setelah itu lurus menuju arah Cianjur sampai melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil, dari Roti Unyil kita harus menuju ke Jalan Raya Cipatat (kawasan yang berkelok-kelok dan terdapat oleh-oleh pinggir jalan). Di Jalan Raya Cipatat ini pelankan kendaraanmu karena gerbang Goa Pawon & Stone Garden berada di sebelah kanan.


Fasilitas :

  • WC
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Gazebo
  • Penyewaan payung
  • Warung makan
  • Pusat oleh-oleh
  • Dan masih banyak lagi

Harga Tiket Masuk Stone Garden :
Rp. 10.000/orang

Jam Buka :
06:00 - 17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, kamu bisa mencari hotel dikawasan Padalarang dan Kota Baru Parahyangan, disana terdapat banyak sekali hotel dengan berbagai macam harga.


Tips Saat Berlibur Ke Stone Garden :

  • walaupun terdapat transportasi umum, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • waktu terbaik untuk berkunjung ke Stone Garden adalah saat pagi atau sore hari karena saat itu matahari tidak terlalu terik.
  • apabila kamu terpaksa datang di siang hari, pastikan kamu membawa topi, jika tidak membawa, dikawasan Stone Garden sudah terdapat tempat penyewaan payung kok.
  • gunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking dan kegiatan outdoor.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret coret batu di kawasan wisata.

Lokasi :

  • Alamat ; Cipatat, Padalarang, Bandung, Jawa Barat
  • 28 km dari pusat kota Bandung melalui Jl. Nasional III (1 jam 5 menit)
  • 30 km dari Lembang melalui Jl. Kolonel Masturi ( 1 jam 18 menit)
  • 6 km dari Padalarang melalui Jl. Nasional III (20 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Wisata Terdekat Dari Stone Garden Geopark :

Goa Pawon (20 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »