Curug Ciherang dan Rumah Pohonnya, Spot Keren Untuk Berfoto-ria di Bogor

0 Comments A+ a-

Bogor memang menjadi primadona baru di Jawa Barat. Kabupaten satu ini menawarkan banyak sekali wisata keren mulai dari wisata alam hingga wisata kota.

rumah pohon curug ciherang
rumah pohon di curug ciherang. foto : @lissnawati 

Nah, berbicara mengenai wisata alam di Bogor, tentu kamu sudah tak asing dengan Puncak kan? Tapi kita tidak akan membicarakan tentang Puncak. Kita akan membicarakan mengenai Curug Cihereng, sebuah air terjun keren di ujung perbatasan Kabupaten Bogor.




Apa yang Menarik di Curug Ciherang Bogor ?

Curug Ciherang terletak di Kecamatan Sukamakmur, yaitu sebuah Kecamatan di Bogor yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur.

curug ciherang bogor
curug ciherang dari dekat. foto : @asstry06_ 

Curug Ciherang diambil dari Bahasa Sunda yang berarti “Air Terjun Bening” karena memang aliran air di Curug Ciherang terlihat sangat jernih, walaupun di musim hujan.

Curug Ciherang Bogor ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Walaupun tidak terlalu tinggi namun pemandangan dan suasana yang ditawarkan wisata Bogor satu ini sangat menarik lho

Tepat di bawah Curug Ciherang terdapat kolam alami dari aliran air terjun tersebut, disini kita bisa mandi atau sekedar membasuh muka. Tak hanya itu saja, tak jauh dari Curug Ciherang juga terdapat Curug Ciguntur, jadi kamu bisa mengunjungi 2 air terjun sekaligus dalam satu tempat.

Debit air di Curug Ciherang terbilang cukup besar, jadi jika kamu tidak membawa baju ganti, jangan coba-coba mendekat ke bawah air terjun ya.

Curug Ciherang ini terletak di dataran tinggi, jadi kita bisa melihat pemandangan alam yang nampak hijau dan desa desa sekitar. Tapi, untuk bisa sampai di lokasi Curug Ciherang kita harus trekking terlebih dahulu.

pemandangan di curug ciherang
pemandangan dari kawasan wisata curug ciherang. foto : @allan_011011

Tenang, jalan menuju Curug Ciherang sudah ditata rapi kok, jadi kamu tidak perlu kawatir kotor karena jalannya berupa batu berundak seperti tangga.

Ada Rumah Pohonnya Juga
Ternyata Wisata Alam Curug Ciherang tak hanya menyajikan air terjun saja, melainkan terdapat rumah pohon juga. Rumah pohon Curug Ciherang ini dalam sekejab langsung hits dikalangan anak muda Bogor dan sekitarnya.

Bahkan Rumah Pohon tersebut yang membuat wisata Curug Ciherang semakin diminati wisatawan. Rumah Pohon Curug Ciherang ini memang memiliki arsitektur yang cukup unik, dimana terdapat sebuah jembatan yang terlihat sangat kece untuk dijadikan spot foto.

Untuk menuju ke Rumah Pohon Curug Ciherang sangatlah mudah, dari gerbang masuk kamu tinggal naik keatas saja, kamu bisa bertanya ke penjaga jika tidak tahu jalannya.

Tertarik ? jadi kapan kamu akan berkunjung ke Curug Ciherang Bogor ?

baca juga :
daftar wisata di Jawa Barat yang tak kalah keren dengan wisata luar negeri
daftar wisata di Pulau Jawa yang memiliki mitos tentang cinta


villa di curug ciherang
villa di curug ciherang. foto : @selaanjarwati





Fasilitas :
  • Outbond
  • Villa
  • Rumah Pohon
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk :
Rp. 35.000/motor untuk dua orang (sudah termasuk parkir)
Rp. 2.000/orang/15 menit (rumah pohon)

Rp. 20.000/mobil (parkir mobil)
Rp. 5.000/motor (parkir motor)

Jam Buka :
07:00 – 18:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat Villa di kawasan Wisata Curug Ciherang, Villa di Curug Ciherang ini memiliki desain yang cukup unik lho, jadi bisa juga dijadikan sebagai spot foto.

Atau jika kamu ingin mencari penginapan di luar wisata Curug Ciherang, ada satu Hotel terdekat bernama Bumi Ciherang Hotel dan Villa.

Nama : 
Bumi Ciherang Hotel dan Villa

Lokasi : 
Jl. Raya Cipanas KM 7, Ciherang . Hotline 087720198793, Cipanas, Puncak
(lihat peta cara menuju ke Hotel dari Curug Ciherang)

Jarak : 
25km dari Curug Ciherang (1 jam 23 menit)

Harga :
Mulai dari Rp. 300.000 - Rp. 500.000/malam

Cek dan Booking Sekarang






Lokasi :

  • Alamat ; Desa Warga Jaya, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • 43 Km dari pusat Kota Bogor melalui Jalan Tol Jagorawi atau Jalan Kb. Danas (1 jam 46 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Curug Ciherang dan Rumah Pohonnya

#Dari Arah Jakarta
Jika kamu berdomisili di Jakarta, kamu bisa melalui tol Citeureup dan keluar di pintu tol Jagorawi Citeureup, dari situ ambil arah kiri melewati Jalan Raya Mayor Oking Jaya Atmaja dilanjutkan menuju daerah Tarik Kolot atau Lebak Pasir yang akan melewati Kawasan Wisata Pasir Mukti.

Ikuti jalan hingga kamu menemukan pertigaan Hambalang dan Jonggol/Sukamakmur, ambil arah menuju Jonggol/Sukamakmur. Ikuti jalan hingga kamu menemukan petunjuk arah menuju Curug Ciherang.

Alternatif
Kamu bisa melalui jalur alternatif Jakarta – Cianjur via Jonggol, dari Alun Alun Jonggol ambil arah ke kanan menuju Sukamakmur.

#Dari Bekasi
Jika kamu dari Bekasi, kamu bisa mengikuti rute Bekasi – Bantar Gebang – Cilengsi – Jonggol - Sukamakmur




Tips Berlibur ke Curug Ciherang Bogor :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Curug Ciherang adalah di hari biasa (senin-kamis) saat pagi hari, karena jika kamu datang saat weekend atau hari libur, biasanya ramai wisatawan yang berdampak jalanan jadi macet.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan lupa membawa baju ganti untuk berjaga jaga.





Lihat peta cara menuju ke curug ciherang




Wisata Terdekat dari Rumah Pohon Curug Ciherang (- 1 Jam) :

Curug Cipamingkis (7 menit)
Curug Cipamingkis merupakan salah satu air terjun populer di Bogor, banyak wisatawan mengatakan jika Curug Cipamingkis sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang mencari wisata alam romantis di bogor.

Gunung Batu (29 menit)
Gunung Batu terletak di Jonggol, gunung yang tidak terlalu tinggi ini menawarkan pemandangan alam yang cukup indah lho, tapi jalur pendakian di Gunung Batu juga terbilang cukup melelahkan.




Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments