Top 11 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang Memiliki Mitos Tentang Cinta


Di Indonesia, tepatnya di pulau Jawa memang terdapat banyak sekali tempat wisata yang memiliki pemandangan indah, namun dibalik pemandangannya yang mempesona setiap wisatawan, tempat-tempat tersebut ternyata menyimpan mitos yang cukup unik, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di pulau Jawa yang memiliki mitos tentang cinta, yuk kita simak.



Tanjakan Cinta Gunung Semeru, Malang, Jawa Timur




foto jembatan cinta gunung semeru
jangan noleh mbak! foto : andriolmaknyuss






Siapa sih yang tidak tahu tentang gunung satu ini, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, setiap pendaki pasti ingin mencapai puncaknya, Gunung Semeru sendiri memiliki pemandangan yang sangat indah, mulai dari danau hingga padang rumput ada disini.

Namun dibalik keindahan Mahameru, ternyata gunung tersebut menyimpan sebuah mitos yang sudah cukup populer di kalangan pendaki, yaitu terletak di Tanjakan Cinta, sebuah jalur yang menghubungkan Ranu Kumbolo dan Oro-Oro Ombo ini memiliki mitos apabila kita berjalan melewati jalur tersebut tanpa menoleh kebelakang dipercaya harapan kita akan terkabul, namun apabila kita menoleh kebelakang maka hubungan asmara kita akan kandas.

baca juga : daftar gunung terindah di pulau Jawa





Coban Rondo, Malang, Jawa Timur





foto cewek di coban rondo malang
kalo jomblo gakpapa. foto : rinawaty_purba







Coban Rondo merupakan sebuah air terjun yang sudah sangat populer di Malang, air terjun ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan asri, Coban Rondo memiliki cerita legenda tentang seorang putri bernama Dewi Anjarwati yang merenungi nasibnya karena ditinggal mati oleh Raden Baron Kusumo, suami yang sangat dicintainya. Muncullah sebuah mitos apabila sepasang kekasih yang belum menikah datang kesini, maka dipercaya hubungannya akan rusak.

baca juga : Coban Rondo, salah satu air terjun keren di Malang





Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur




foto mirip tanah lot di pantai balekambang malang
mirip di tanah lot ya. foto : samuel_linggawan







Pantai Balekambang terkenal dengan pemandangan pasir putih dan pura di pulau karangnnya, pemandangan tersebut sangat mirip dengan Tanah Lot di Bali sehingga membuat banyak wisatawan tertarik, namun dibalik keunikannya ternyata Pantai Balekambang menyimpan mitos jika sepasang kekasih yang sedang dimabuk cinta datang kesini maka hubungannya akan kandas.

baca juga : Pantai Balekambang, pantai indah mirip Tanah Lot di Malang




Grajagan Nglirip, Tuban, Jawa Timur





foto indah grajagan nglirip tuban
padahal indah banget lho. foto : teguhkusaini






Grajagan Nglirip merupakan air terjun yang terletak di Kabupaten Tuban, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan debit air yang cukup deras, sama halnya dengan kebanyakan mitos tentang tempat wisata, Grajagan Nglirip juga memiliki mitos apabila sepasang kekasih datang kesini maka hubungannya tidak akan bertahan lama, uniknya banyak wisatawan (sepasang kekasih) yang ingin mengakhiri hubungannya mereka akan datang ke tempat wisata ini.





Taman Wisata Alam Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah





foto keren taman wisata baturaden banyumas
indah banget, sayang kalau gak dikunjungi bareng pasangan. foto : fahryzalprasetyo






Beralih ke Jawa Tengah tepatnya di Banyumas terdapat sebuah tempat wisata yang sudah sangat populer, yaitu Taman Wisata Alam Baturaden, sebuah tempat wisata yang terletak di lereng gunung Slamet ini memiliki suasana yang sangat asri dan menyenangkan.

Baturaden juga memiliki mitos apabila sepasang sejoli datang kesini maka hubungan cintanya akan putus, mitos putus cinta ini berasal dari zaman dahulu, dimana anak seorang Bupati yang jatuh cinta pada anak seorang pelayan, namun sayang hubungan mereka ditentang oleh kedua orang tuanya, mereka berdua pun memutuskan jalinan di sebuah hutan yang kemudian dinamakan Baturaden ini.

baca juga : Baturaden, wisata alam populer di Banyumas





Candi Gedong Songo, Semarang, Jawa Tengah





foto candi 5 di candi gedong songo
ini dia candi V foto : robbieteguhbuwono







Candi Gedong Songo terletak di Kabupaten Semarang, tepatnya di lereng gunung Ungaran yang merupakan gunung tertinggi di Semarang, Candi Gedong Songo menjadi tempat wisata alam dan sejarah yang sudah sangat populer di Semarang dan sekitarnya.

Percaya atau tidak, ternyata Gedong Songo juga memiliki mitos serupa, apabila sepasang kekasih datang kesini dan menggoda pasangannya dengan rayuan gombal maka hubungannya tidak akan bertahan lama, namun nyatanya kawasan wisata Candi Gedong Songo sebenarnya adalah tempat wisata yang cukup romantis lho untuk kamu datangi bersama pasangan.

baca juga : Candi Gedong Songo, wisata alam asyik di Kab. Semarang





Bukit Cinta, Salatiga, Jawa Tengah





foto bukit cinta rawa pening salatiga
lumayan buat ngisi akhir pekan nih. foto : www.jatengkeren.id







Bukit Cinta di Salatiga ini memiliki mitos yang cukup unik, dimana apabila terdapat sepasang kekasih yang belum menikah datang kesini maka dipercaya hubungan mereka akan berakhir, tapi uniknya ada juga yang pasangan yang memberanikan datang kesini hubungan mereka malah berakhir di pelaminan, nah mana mitos yang benar?





Candi Prambanan, Yogyakarta




foto keren candi prambanan dengan lampu warna warni
keren banget!! foto : novemlawalata






Siapa yang tidak tahu tentang komplek Candi Hindu terbesar di Indonesia ini, Candi Prambanan terletak diperbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Sleman, Jogja dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Candi Prambanan memiliki cerita legenda tentang Bandung Bondowoso yang cukup menarik, namun dibalik menariknya cerita tersebut ternyata Candi Prambanan memiliki mitos dimana jika sepasang kekasih datang dan memasuki kawasan Candi maka hubungan mereka akan berakhir.

baca juga : Candi Prambanan, komplek candi Hindu terbesar di Indonesia






Jembatan Merah Kebun Raya, Bogor, Jawa Barat




foto stefan william dan natasha wilona romantis
artis aja kesini bro. foto : natashawilona12





Sekarang kita beralih ke Jawa Barat, tepatnya di Kebun Raya Bogor, sebuah tempat wisata yang sangat cocok kamu kunjungi bersama keluarga maupun teman untuk sekedar bersantai, di Kebun Raya Bogor terdapat spot menarik yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Jembatan Merah.

Namun dibalik kecenya tempat tersebut, ternyata Jembatan Merah menyimpan mitos jika sepasang kekasih melewati jembatan tersebut maka hubungan mereka akan berakhir beberapa hari setelahnya, berani coba?





Kolam Cinta Gunung Puntang, Bandung, Jawa Barat





foto kolam cinta gunung puntang bandung
udah gak ada airnya :( foto : exploresouthbandung








Di lereng gunung Puntang terdapat sebuah kolam tua yang memiliki bentuk cukup unik, kolam ini berbentuk seperti hati, kolam cinta ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang masih ada walaupun sudah cukup usang.

Mitosnya apabila sepasang kekasih datang kesini dan membasuh muka bersama dengan air kolam maka dipercaya hubungan mereka akan langgeng, namun sayangnya air di kolam cinta tersebut hampir tidak ada karena kurangnya perawatan.

baca juga : Gunung Puntang, bumi perkemagan favorit di bandung






Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta





foto cewek lompat di jembatan cinta pulau tidung
ayo lompat. foto : latri.alfiah







Jika kebanyakan mitos menyebabkan hubungan cinta akan berakhir, berbeda dengan mitos di Jembatan Cinta Pulau Tidung, Pulau Tidung merupakan sebuah pulau yang masih termasuk di Kepulauan Seribu, pulau ini menjadi destinasi favorit wisatawan karena keindahannya.

Nah, di Pulau Tidung terdapat sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta, mitosnya apabila sepasang kekasih melewati atau lompat dari jembatan tersebut bersama-sama maka dipercaya hubungannya akan langgeng.

baca juga : daftar pulau indah di Kepulauan Seribu




Nah, itulah daftar tempat wisata di Pulau Jawa yang memiliki mitos tentang cinta, semua kembali kepada diri sendiri, apakah kamu percaya atau tidak itu terserah pada kita, mitos ini muncul sebagai bumbu pelengkap sebuah tempat wisata agar kian menarik, jadi tetap positif thinking aja ya guys.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »