Skip to main content

Daftar Gunung Terindah di Pulau Jawa, Mana Favoritmu?

gunung merbabu

Indonesia memang memiliki banyak sekali gunung dengan pemandangan yang indah, dan sebagian gunung dengan pemandangan indah tersebut berada di pulau Jawa, bagi kamu yang hobi naik gunung tentunya memiliki gunung favorit untuk didaki.

Nah, di bawah ini merupakan kumpulan gunung-gunung di pulau Jawa yang memiliki pemandangan paling indah, daftar ini dibuat dengan beberapa pertimbangan, mulai dari pemandangan sunrise-nya hingga padang savana rumput yang menjadi daya tarik bagi pendaki.






Gunung Semeru

foto danau ranu kumbolo gunung semeru
danau ranu kumbolo. foto : www.bersatulah.com

Gunung pertama di pulau Jawa yang memiliki pemandangan indah adalah gunung Semeru, ya, setiap pendaki pasti setuju jika gunung Semeru memiliki pemandangan yang sangat mempesona sehingga membuat banyak pendaki ingin kembali lagi.

Gunung yang memiliki tinggi 3.676 Mdpl ini merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa, tak heran jika Semeru menjadi tujuan utama para pendaki di pulau Jawa, salah satu pemandangan di gunung Semeru yang paling terkenal adalah danau Ranu Kumbolo.

Tak sedikit juga pendaki yang hanya naik sampai di Ranu Kumbolo saja, sebab di Ranu Kumbolo kita sudah bisa melihat sunrise, danau ini berada di ketinggian kurang lebih 2.400 Mdpl, danau Ranu Kumbolo juga menjadi sumber air bagi pendaki, jadi kita harus menjaganya dengan baik.






Gunung Bromo

foto lautan awan di gunung bromo
lautan awan bro! foto : @pui

Kedua, ada gunung Bromo, antara gunung Bromo dan gunung Semeru memang masih termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tak heran jika pemandangan di kedua gunung ini tidak berbeda terlalu jauh.

Bromo terkenal dengan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat indah, selain itu saat musim hujan di beberapa spot kawasan gunung Bromo akan ditumbuhi rerumputan yang menambah daya tarik dari gunung ini.

Gunung Bromo memang tidak terlalu tinggi, terlebih lagi untuk menuju puncak sudah terdapat tangga jadi kita tidak perlu mencari jalur sendiri, selain puncak kita juga bisa berkeliling di kawasan gunung Bromo dengan menunggangi kuda lho.








Gunung Merbabu

foto merapi dari gunung merbabu
view merapi dari pos 3 via Selo. foto : brobali.com

Semua pendaki yang sudah pernah mendaki di gunung Merbabu terutama melalui jalur Selo pasti setuju jika gunung Merbabu merupakan gunung terindah di Jawa Tengah.

Gunung yang memiliki tinggi 3.142 Mdp ini memang memiliki beraneka ragam pemandangan yang menarik untuk dikunjungi.

Mulai dari pemandangan hutan pinus, kebun bunga edelweis, padang savana rumput hingga gunung Merapi yang terletak di sebelahnya, selain itu dari puncak kita juga bisa melihat gunung-gunung lainnya, dari gunung Andong, Telomoyo, Sumbing Sindoro hingga gunung Lawu.

Bagi kamu yang ingin melihat kawah, bisa mendaki melalui jalur Chuntel, Thekelan dan Wekas, lalu bagi kamu yang ingin melihat indahnya padang savana rumput bisa mendaki melalui jalur Selo dan Suwanting.

Gunung Merbabu sendiri mempunyai tiga puncak, yaitu puncak Syarif (3.119 Mdpl) puncak Kenteng Songo dan puncak Triangulasi (3.142 Mdpl).

Baca Juga :
tips lengkap mendaki gunung merbabu









Gunung Papandayan

foto hutan mati di gunung papandayan
hutan mati di papandayan. foto : @nopandini

Gunung Papandayan terletak di Garut, Jawa Barat, gunung yang memiliki tinggi 2.665 Mdpl ini memiliki pemandangan yang cukup indah, bahkan banyak orang mengatakan jika Papandayang merupakan gunung terindah di Jawa Barat.

Salah satu pemandangan yang sangat populer di gunung ini adalah hutan matinya, lokasi ini juga sering digunakan untuk foto prewedding lho, selain hutan mati terdapat juga kawah dan kebun bunga edelweis di Tegal Alun.







Gunung Sindoro

foto sunrise di puncak gunung sindoro
sunrise dari gunung Sindoro. foto : @pray_ardiyan

Gunung Sindoro memiliki tinggi 3.150 Mdpl, gunung ini bersebelahan dengan gunung Sumbing dan Prau, gunung Sindoro menjadi gunung favorit bagi pendaki dari Jogja dan sekitarnya, biasanya pendaki naik melalui jalur Kledung yang terletak di Temanggung.

Pemandangan di Gunung Sindoro yang paling terkenal adalah sunrise dan kawahnya, selain itu juga terdapat padang savana rumput dan kebun bunga edelweis yang sangat indah, namun jangan memetik bunga edelweisnya ya.

Baca Juga :
inilah daftar gunung ramah bagi pendaki pemula





Gunung Sumbing

foto sunrise di gunung sumbing
ini padahal baru di pos 4 lho. foto : @arie.sm

Menurut cerita banyak orang, pendaki yang sudah pernah naik di gunung Sumbing dan Sindoro pasti ingin kembali lagi, bahkan tidak mau mendaki di gunung lainnya karena sudah terpesona dengan keindahan kedua gunung ini.

Bersama gunung Sindoro dan Slamet, ketiga gunung ini memiliki julukan “Triple S” oleh para pendaki, gunung Sumbing memiliki tinggi 3.371 Mdpl merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah dan ketiga di pulau Jawa.

Baca Juga :
tips lengkap mendaki gunung Sumbing







Gunung Prau

foto bukit teletubis gunung prau
bukit teletubbies di gunung prau. foto : @ichannisa_rahmayani 

Ini dia gunung favorit bagi pendaki pemula, gunung Prau memiliki tinggi 2.565 Mdpl yang terletak di Kabupaten Wonosobo, walaupun tidak terlalu tinggi namun jalur pendakiannya cukup menguras tenaga lho, terutama jalur Patak Banteng yang merupakan jalur favorit pendaki.

Ddari puncak kita bisa melihat pemandangan gunung kembar Sumbing Sindoro, pemandangan inilah yang menjadi logo air minum Aqua, selain itu gunung Prau juga terkenal dengan golden sunrise nya dan bukit teletubbies di belakang puncak.

Baca Juga:
Tips Mendaki Gunung Sendirian (Solo Hiking)

Nah, itulah beberapa gunung di pulau jawa yang memiliki pemandangan terindah, kedepannya akan kami update drngan informasi terbaru, jadi jangan lupa bookmark Brobali.com agar tidak ketinggalan info terbarunya ya.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar