Skip to main content

Top 5 Desa Wisata Unik yang Ada di Bali, Ada yang Seram Juga!

Bali tidak hanya pantai dan pura saja, pulau satu ini menyimpan banyak sekali jenis wisata menarik lain yang harus kita kunjungi.

Pulau Dewata memang layaknya sebuah pulau yang dikhususkan untuk liburan, tempat wisata sudah menjadi budaya di masyarakat Bali.

Tak heran jika apapun yang ada di pulau Bali memiliki potensi menjadi tempat wisata keren, salah satunya adalah desa wisata.

Di Bali terdapat banyak sekali desa wisata yang memiliki ciri khas masing-masing, nah di bawah ini merupakan daftar desa wisata unik yang ada di Bali, yuk kita simak.





Desa Panglipuran

foto desa wisata panglipuran 
pemandangan di desa panglipuran. foto : @yandachrist

Setiap kita mendengar kalimat Desa Wisata di Bali pasti yang muncul di kepala pertama kali adalah desa Panglipuran.

Desa ini memiliki luas sekitar 112 hektar dan hanya sekitar 9 hektar saja yang digunakan sebagai pemukiman, selebihnya merupakan perkebunan.

Di kawasan desa Panglipuran motor tidak boleh masuk, jadi udara disini cukup sejuk dan segar, selain itu penataan rumah di desa ini juga sangat menarik, yaitu saling berhadapan satu sama lain.

Jalan utama di desa Panglipuran menuju ke Pura yang terdapat di tengah desa, uniknya desa Panglipura tidak pernah mengalami kekeringan walaupun sedang musim kemarau, desa Panglipuran juga pernah menjadi desa wisata terbersih nomor 3 di dunia.






Desa Trunyan

foto tengkorak di desa trunyan 
tengkorang dan tulang belulang di desa trunyan. foto : blog.vokamo.com

Sebagai pulau yang mayoritasnya memeluk agama Hindu, pasti tentunya saat ada orang meninggal akan diadakan upacara Ngaben (membakar jazad) walaupun sebagian daerah tidak melakukannya, seperti di desa Panglipuran, dimana jika ada orang meninggal maka akan dikuburkan.

Namun tidak dengan desa Trunyan, disini tidak ada yang namanya upacara Ngaben ataupun menguburkan jazad orang meninggal.

Di desa yang terkenal sebagai desa tertua di Bali ini, apabila ada orang meninggal, maka mayat akan diletakkan disebuah tempat yang dikelilingi anyaman bambu, tempat tersebut benama “Seme Wayah”.

Mayat tersebut hanya diletakkan begitu saja hingga membusuk, uniknya walaupun terdapat banyak mayat yang membusuk tapi bau busuk tidak terlalu tercium di desa ini loh.

Menurut cerita hal ini disebabkan karena terdapatnya sebuah pohon bernama “Taru Menyan” yang berada di tempat mayat-mayat tersebut berada.





Desa Ubud

foto sawah terasering di ubud bali 
sawah terasering di Ubud. foto : @cr8ivitytakesco

Ubud menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara maupun lokal yang ingin menikmati pemandangan alam indah, tak hanya itu.

Ubud juga terkenal sebagai pusat kesenian di Bali, khususnya seni lukis, seni ukir, seni patung, seni tari dan kesenian tradisional lainnya.

Selain itu, Ubud juga disebut sebagai desa bertaraf internasional karena pemandangan dan fasilitas disini sangat lengkap, ditambah lagi pemandangan sawah terasering yang sudah terkenal di seluruh dunia menjadikan Ubud sebagai destinasi utama liburan ke desa wisata di Bali.







Desa Tenganan

desa wisata tenganan
desa tenganan. foto https://www.instagram.com/p/BvmywxRA1lb/

Desa Tenganan merupakan salah satu dari tiga desa di pulau Bali yang masih termasuk dalam Bali Aga, apa itu Bali Aga ? Bali Aga merupakan sebuah desa yang masih memegang teguh pola hidup tradisional yang sudah ada sejak ribuan tahun.

Uniknya, desa Tenganan ini juga masih menerapkan sistem barter (bertukar barang), sebagian besar masyarakat di desa Tenganan bekerja sebagai petani, namun ada juga yang bekerja membuat kerajinan bambu, lukisan dan menenun kain gringsing.





Desa Batubulan

foto pertunjukan di desa batubulan bali 
pertunjukan di desa batubulan. foto : www.tourbalijava.com

Hampir sama dengan desa Ubud, desa Batubulan juga merupakan surganya kesenian, hampir disepanjang jalan kita bisa menemukan toko souvenir yang menawarkan kesenian khas desa Batubulan, seni yang populer di desa ini adalah seni patung dan ukiran.

Tak hanya itu, hampir setiap hari selalu diadakan sebuah pertunjukan seni tradisional khas Bali seperti tari barong, tari kecak, dan tari legong.

Pertunjukan ini berlangsung pada jam 09:30 – 19:00, untuk menonton pertunjukan ini kita harus membeli tiket masuk terlebih dahulu, tapi tenang, harganya cukup murah kok.

Nah, itu dia daftar desa wisata menarik yang ada di pulau Bali, sebenarnya masih terdapat banyak sekali desa wisata di pulau Dewata yang bisa kita kunjungi.

Namun daftar diatas hanya mencantumkan desa wisata yang terbilang unik, apabila kamu mempunyai info tentang desa wisata unik di Bali lainnya, yuk share di kolom komentar.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar