Skip to main content

Kebun Teh Medini | HTM, Lokasi, Rute dan Foto Terbaru

kebun teh medini

Biasanya di daerah pegunungan terdapat kebun teh yang identik dengan suasana sejuknya. Tak berbeda dengan daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Di Ungaran juga terdapat Kebun Teh yang memiliki udara cukup sejuk loh. Namanya Kebun Teh Medini yang berada di lereng Gunung Ungaran, yaitu gunung tertinggi di Kabupaten Semarang.

Kebun Teh Medini memang tidak terlalu populer dikalangan traveler luar daerah, tapi bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya, Kebun Teh Medini sudah tidak asing ditelinga mereka.

kebun teh medini kendal
medini, gonoharjo kendal. foto https://www.instagram.com/idzomqdjab/

Kebun Teh Medini ini berada di ketinggian kurang lebih 1500 Mdpl. Foto diatas merupakan pemandangan yang termasuk bagian Kabupaten Kendal karena memang kebun teh tersebut terbagi menjadi dua bagian daerah, yaitu Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal.

kebun teh medini promasan ungaran
pemandangan di kebun teh medini/promasan. foto : @aldocahyov

Kebun Teh Medini juga dikenal dengan nama Kebun Teh Promasan sebab berada di Desa Promasan.
Kebun Teh Medini terkenal dengan pemandangannya yang cukup indah seperti yang Kamu lihat pada foto di atas, terlebih ketika pagi, disini Kita bisa melihat puncak Gunung Ungaran yang terlihat jelas berada di belakang.

Dulunya, Kebun Teh Medini menjadi jalur pendakian di Gunung Ungaran, tapi pada tahun 2017, jalur pendakian dialihkan. Dan kini untuk masuk ke kawasan Kebun Teh Medini, Kita harus membayar retribusi sebesar kurang lebih Rp. 2.500/orang.

Walaupun begitu, keindahan Kebun Teh Medini masih tetap terjaga kok, malah kini masyarakat Desa Promasan semakin mengembangkan kawasan ini agar menjadi salah satu tempat wisata yang diunggulkan.


kebun teh promasan ungaran
pemandangan yang menyegarkan mata. foto : @daniyolanda17


Fasilitas :
Baik kedua jalur sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, diantaranya seperti;
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Spot Foto
  • Kolam Renang
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Kebun Teh Medini (HTM):

Jalur Semarang :
Rp. 5.000/motor (Gerbang Umbul Sidomukti)
Rp. 2.000/motor (Gerbang Pondok Kopi) jika ada yang jaga, kalau tidak ada yang jaga bisa gratis
Rp. 4.000/orang (Basecamp Mawar)
Rp. 2.500/orang (Kebun Teh Medini)
Total : Rp. 13.500

Jalur Desa Promasan :
Rp. 2.500/orang


Jam Buka :
Setiap Hari 24 jam


Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, baik jalur Semarang maupun Kendal, alternatifnya adalah camping di Kebun Teh atau di Basecamp Mawar dan Desa Promasan.



Lokasi Kebun Teh Medini :

Secara administratif Kebun Teh Medini terletak di Desa Promasan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
  • 32 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Semarang-Surakarta (1 jam 11 menit)
  • 28 Km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Nasional 16 (57 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Kebun Teh Medini

#Dari Pusat Kota Semarang
Dari pusat Kota Semarang, Kamu bisa menuju kearah Candi Gedong Songo atau Umbul Sidomukti. Yaitu ambil arah menuju Ungaran/Salatiga.

Ikuti jalan hingga Kamu sampai di Pom Bensin Lemah Abang di kiri jalan. Beberapa meter kedepan dari Pom Bensin, Kamu akan melihat pertigaan di kanan jalan dengan petunjuk arah Bandungan, silahkan putar balik ke jalan tersebut.

Ikuti saja jalan itu hingga Kamu sampai di Pasar Jimbaran, tepat di depan Pasar Jimbaran terdapat petunjuk jalan dan gapura bertuliskan Umbul Sidomukti, silahkan belok kanan dan ikuti jalan hingga Kamu sampai di Basecamp Mawar.

Dari Basecamp Mawar Kamu harus berjalan kaki menuju Kebun Teh dengan jalur tanah dan naik turun (jalur pendakian Gunung Ungaran), kira kira menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit, tergantung kecepatan berjalanmu.

#Dari Salatiga Kota dan Sekitarnya
Dari Kota Salatiga, Kamu tinggal menuju ke arah Ungaran/Semarang Kota.Tetap ikuti jalan hingga Kamu menemukan plang petunjuk jalan bertuliskan Bandungan.

Tepat di depannya terdapat pertigaan. Dari sini silahkan belok kiri dan ikuti seperti petunjuk di atas tadi.

#Dari Arah Purwodadi dan Sekitarnya
Dari arah Purwodadi Grobogan, Kamu bisa mengambil jalur Purwodadi-Godong-Gubug-Kedung Jati-Tuntang-Bawen-Ungaran.

Tetap ikuti jalan hingga Kamu menemukan plang petunjuk jalan bertuliskan Bandungan, tepat di depannya terdapat pertigaan. Dari sini silahkan belok kiri dan ikuti seperti petunjuk diatas tadi.

Atau Kamu bisa melihat di Google Maps.



Tips Berlibur ke Kebun Teh Medini :

  • Datanglah saat pagi hari agar Kamu bisa merasakan sejuknya udara di kawasan Kebun Teh Medini.
  • Sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Sebelum berangkat periksalah kendaraanmu terlebih dahulu, pastikan dalam keadaan prima karena jalur menuju lokasi bisa dibilang cukup susah.
  • Jika Kamu datang saat musim hujan, pastikan kamu membawa jaket tebal dan jas hujan, karena suhu bisa terasa sangat dingin.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.





Wisata Tedekat dari Kebun Teh Medini (-1 Jam):

Umbul Sidomukti (40 menit)
Umbul Sidomukti merupakan ikon wisata di Kabupaten Semarang, selain fasilitasnya yang terbilang lengkap, pemandangan disini juga sangat indah.

Basecamp Mawar (20 menit)
Basecamp Mawar tidak hanya untuk orang-orang yang ingin mendaki di Gunung Ungaran saja, melainkan juga untuk orang-orang yang ingin ngecamp tapi malas naik gunung. Disini pemandangannya tak kalah indah loh.

Candi Gedong Songo (50 menit)
Selain Umbul Sidomukti, di Kabupaten Semarang juga ada wisata ikonik bernama Candi Gedong Songo. Wisata sejarah dan alam ini menjadi pilihan favorit masyarakat yang ingin berlibur di Kabupaten Semarang.

Setiya Aji Flower Farms (45 menit)
Bosan dengan wisata alam pemandangan? Coba deh kamu ke Setiya Aji Flower Farm, disini Kita bisa melihat bunga-bunga krisan yang sangat indah dan warna-warni.

Taman Bunga Celosia (55 menit)
Ini nih wisata hits di Kabupaten Semarang yang langsung menarik hati banyak orang, lokasinya yang berada di bawah Gedong Songo menjadikan Taman Celosia cepat populer.

Candi Promasan (15 menit)
Candi Promasan terletak di Desa Promasan sebelum Kamu menuju ke Kebun Teh Medini dari arah Kendal.

Ampel Gading Homeland (50 menit)
Ampel Gading menawarkan wisata alam dengan pemandangan Kabupaten Semarang dari ketinggian.

Ngasem Park (50 menit)
Ngasem Park bisa menjadi alternatif ketika Setiya Aji Flower Farm sudah ramai oleh pengunjung, karena memang dua wisata ini hampir sama.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar