Candi Prambanan - Wisata Sejarah Ke Candi Hindu Terbesar Di Asia Tenggara


Menonton Pertunjukan Tari Ramayana Dengan Background Megahnya Candi 

 


Candi prambanan, merupakan sebuah komplek candi agama hindu terbesar di Asia tenggara, Indonesia memang memiliki banyak objek wisata unik yang paling populer di Asia tenggara, contohnya saja patung budha tidur di Bali dan mojokerto yang merupakan terbesar se Asia tenggara, ditambah lagi borobudur, gumuk pasir parangkusumo dan masih banyak lainnya.



foto keren pemandangan candi prambanan




Sejarah Candi Prambanan

Sejak tahun 1991 candi prambanan ditetapkan sebagai situs warisan budaya oleh UNESCO, disebut juga dengan nama Candi Roro Jonggrang karena sebuah legenda jaman dulu yang menceritakan Bandung Bondowoso seorang pangeran yang jatuh cinta dengan seorang putri bernama Roro Jonggrang.

Karena sang putri tak kuasa menolaknya, maka Roro Jonggrang memberikan syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membangun candi yang memiliki 1000 arca dengan waktu satu malam, lalu permintaan sang putri disanggupi oleh Bandung Bondowoso.

Hingga akhirnya Bandung Bondowoso sudah membuat 999 arca dan hampir menyelesaikan 1000 arca, setelah mengetahui hal tersebut Roro Jonggrang meminta kepada warga desa untuk menumbuk padi untuk memicu ayam berkokok yang menandakan bahwa hari sudah pagi, namun Bandung Bondowoso mengetahui jika ia telah dicurangi Roro Jonggrang dan akhirnya dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000.


foto batu batu di candi prambanan 
foto : yunita_sutomo


Apa Yang Menarik Di Candi Prambanan ?

Candi prambanan memiliki keinggian sekitar 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Borobudur), di kawasan ini terdapat 3 candi utama, yaitu candi Siwa, Brahma dan Wisnu, ketiga candi tersebut melambangkan Trimurti yang dianut oleh umat hindu, dan setiap candi utama masing-masing memiliki satu candi pendamping.

foto taman di candi prambanan 




Di kawasan candi prambanan terdapat relier yang menceritakan kisah ramayana, jika kamu penasaran dengan alur ceritanya namun tidak bisa membaca relief, tenang saja, kamu bisa menyewa pemandu yang dapat menceritakan alur kisah ramayana tersebut sambil berkeliling area candi.


Jika kamu mencari suasana berbeda, datanglah saat bulan purnama, maka kamu bisa menonton pertunjukan sendratari ramayana yang dilaksanakan sekitar jam 20:00-22:00 WIB dengan latar belakang ketiga candi utama yang disoroti lampu, pertunjukan ini akan diadakan di luar ruangan jika musim kemarau, saat musim hujan pertunjukan dipindah didalam ruangan.

Kawasan wisata candi prambanan juga sering digunakan untuk foto prewedding, dan hunting foto oleh fotografer lokal maupun mancanegara, karena lokasinya yang strategis jadi cukup mudah untuk menjangkaunya, apalagi jika kamu dari solo.

Fasilitas disini bisa dibilang cukup memadai, seperti terdapatnya tempat parkir luas, taman, toko souvenir, toilet warung makan dan fasilitas lainnya, bagi kamu yang ingin menginap, sudah banyak hotel dengan harga terjangkau yang bisa kamu sewa.



Tips Saat Berlibur Ke Candi Prambanan :


  • jika kamu datang siang hari, jangan lupa untuk menggunakan topi karena kadang terik matahari bisa sangat panas.
  • waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi dan sore hari.

foto pemandangan candi prambanan 
foto : didiffaca




Lokasi :

Secara Administratif

  • Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
  • Desa Tlogo, Prambanan, Klaten (pintu masuk)
  • 16 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Laksda Adisucipto dan Jl. Raya Solo-Jogja (32 menit)
  • 15 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Laksda Adisucipto dan Jl. Raya Solo-Jogja (31 menit)
  • 7 Km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Raya Solo-Jogja (13 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Foto Galeri :

foto :tkmi0414
foto sendratari ramayana di candi prambanan


foto pertunjukan sendratari ramayana di candi prambanan
 foto : putriagithasari




Tiket Masuk Dan Jam Buka :
Rp. 30.000/orang (dewasa)
Rp. 12.500/orang (pelajar dan anak-anak)
06:00-17:00 (khusus pertunjukan sendratari ramayanan bisa masuk malam)


Wisata Terdekat Dari Candi Prambanan :

Keraton Yogyakarta (38 menit)
Malioboro (36 menit)
Candi Boko (10 menit)
Candi Plaosan (6 menit)
Kalasan Temple (6 menit)
Monumen Yogya Kembali (30 menit)
Museum Affandi (21 menit)
Goa Jepang (43 menit)





Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »