Pantai Pok Tunggal, Pantai Romantis di Gunung Kidul Jogja


Romantisme Sunset Di Pok Tunggal Beach



Pantai di jogja memang ada banyak sekali, salah satu pantai di Jogja yang cukup lengkap adalah Pantai Wediombo, tapi kita tidak akan membahasnya disini, dari sekian banyak pantai ada sebuah pantai yang mencuri perhatian, yaitu pantai pok tunggal di gunung kidul.


foto sunset romantis di pantai pok tunggal jogja 
love you. foto : halim_rohman


Masih satu garis dengan pantai terkenal lainnya seperti indrayanti dan baron, menjadikan objek wisata ini dilirik banyak pengunjung dan menyematkan kawasan gunung kidul sebagai tempat surganya pantai di Jogja.

Karakteristik pantai pok tunggal adalah memiliki pasir putih sedikit kecoklatan dengan diapit dua tebing, bukit panjong disebelah timur dan bukit pok tunggal asri disebelah barat, selain itu dari atas bukit kita bisa melihat keindahan yang ditawarkan oleh pantai kece satu ini lho.

Pesona sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing.

Ciri khas dari objek wisata pantai pok tunggal adalah terdapatnya sebuah pohon duras yang masih kokoh berdiri hingga sekarang, lalu pohon duras inilah yang menjadi ikon dari pantai pok tunggal hingga terkenal seindonesia.

Terletak di desa tepus, kecamatan tepus, gunung kidul, bagi kamu yang berlibur kesini bisa mengunjungi pantai lainnya juga seperti pantai indrayanti dan siung, karena lokasi pantai pok tunggal memang diapit oleh kedua pantai tersebut.


foto pemandangan pantai pok tunggal jogja 
senja di pok tunggal. foto : kririin


Hamparan pasir putih ditambah dengan pemandangan tebing-tebing dan air laut yang biru menjadi sihir tersendiri bagi wisatawan, lokasi ini mulai terkenal pada tahun 2012 dan menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berlibur ke Jogja.

baca juga : itinerary perjalanan ke Jogja 3 hari 2 malam

Selain terdapatnya sebuah pohon duras, dikawasan pantai pok tunggal juga terdapat sumber mata air tawar seperti di pantai baron yang berasal dari aliran sungai, air ini biasanya digunakan oleh warga setempat untuk kebutuhan sehari hari, pun begitu jika kamu berlibur kesini wajib hukumnya untuk mengunjungi mata air ini juga.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh pantai Pok Tunggal adalah pemandangan sunsetnya, pantai Pok Tunggal juga terkenal sebagai spot keren untuk menikmati sunset di pinggir pantai selain di pantai Parangtritis.

Mesikipun jauh dari pusat kota Jogja, namun fasilitas dan kebersihan disini sangat dijaga, jika kamu membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda Rp.10.000/sampah, jadi silahkan pikir dua kali untuk membuang sampah sembarangan.

Namun pihak pengelola sengaja tidak membangun penginapan disekitar pantai, bagi wisatawan yang ingin menginap bisa menyewa tenda atau membawanya dari rumah, hal ini dilakukan agar pengunjung bisa menyatu dengan alam, jika kamu bosan berkemah di gunung maka tidak ada salahnya mencoba untuk berkemah di pinggir pantai.

Untuk penyewaannya sendiri kamu harus membayar sekitar Rp.60.000/tenda dome, di sepanjang pantai sudah ada gazebo-gazebo yang bisa kamu sewa dengan harga mulai dari Rp. 20.000 dengan kapasitas 2-3 orang.


Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Akses dari Pusat Kota Jogja :
Yogyakarta – Piyungan – Patuk, Sambipitu –Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng –Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi– Jalan Lingkar Selatan – Jl. KRT Djojodiningrat – Jl. Girisubo – Wonosari – Jl. Saptosari – Tepus – Pok Tunggal.

Atau:
Yogyakarta – Imogiri, Panggang – Jl. Saptosari – Tepus Arah ke Pantai Baron. Di pertigaan sebelum Pantai Baron ambil kiri, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari pertigaan kawasan Pantai Indrayanti ambil kiri dan ikuti jalan aspal hingga tiba di Pos Retribusi. Beberapa meter dari pos tersebut akan nampak papan petunjuk arah ke Pantai Pok Tunggal. Kemudian tinggal ikuti saja petunjuknya hingga kamu sampai di Pantai Pok Tunggal.

Dari Kota Solo :
Dari Prambanan -> Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari -> Patuk -> Sambipitu -> Hutan Bunder -> Wanagama -> Gading -> Logandeng -> Siyono -> Bundaran Tugu BPD -> Jl. Kyai Legi -> Jalan Lingkar Selatan -> Jl. KRT Djojodiningrat -> Jalan Girisubo -> Wonosari -> Jalan Saptosari -> Tepus -> Pok Tunggal.

foto pemandangan sunset pantai pok tunggal jogja 
sunset di pantai pok tunggal. foto : dodiekriez



Tips Berlibur Ke Pantai Pok Tunggal

  • Datanglah saat sore hari untuk melihat indahnya sunset bersama pasangan, keluarga atau teman.
  • Disarankan untuk menginap dipantai dengan menyewa tenda atau membawanya sendiri dari rumah
  • Jika kamu berniat ingin pulang setelah melihat sunset, berhati hatilah, karena jalanan cukup sepi dan minim penerangan.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 65 Km dari Pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (1 jam 57 menit)
  • 66 Km dari Malioboro melalui Jl. Nasional III (2 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Wisata Terdekat Dari Pantai Pok Tunggal :

Indrayanti Beach (15 menit)
Drini Beach (26 menit)
Siung Beach  (32 menit)
Kukup Beach (32 menit)
Baron Beach (34 menit)
Sepanjang Beach (29 menit)
Krakal Beach (20 menit)

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »