Tips dan Info Lengkap Berlibur Ke Pantai Tiga Warna Malang


Malang, salah satu kota populer di jawa timur ini menyimpan sebuah objek wisata yang sangat indah, kita tahu di "kota apel" ini terdapat banyak sekali tempat wisata menarik, contohnya saja deretan pantai yang ada di Kabupaten tersebut, siapa sih yang tidak tahu tentang keindahan Pantai Balekambang ?

Tapi lupakan sejenak mengenai keindahan yang dimiliki Pantai Balekambang, kali ini kita akan membahas salah satu pantai indah di Malang lainnya yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

foto indahnya pemandangan pantai tiga warna malang 
vitaminsea di pantai tiga warna. foto : lailmaghfiroh

Namanya Pantai Tiga Warna, ya, dinamakan Pantai 3 Warna karena di tempat wisata Malang ini kita bisa melihat tiga warna air berbeda dalam satu tempat.

Seringnya sih cuma terlihat dua warna saja, namun jika kita beruntung, kita dapat melihat pemandangan pantai ini dengan 3 warnanya, yaitu merah, hijau dan biru.


Faktor Penyebab Berbedanya Warna di Pantai 3 Warna Malang

Warna merah di Pantai 3 Warna disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari, dimana kita tahu jika cahaya matahari terdiri dari 7 warna berbeda, nah, masing masing warna memiliki panjang gelombang berbeda beda juga.

Semakin panjang gelombang maka akan semakin kecil kekuatan warna untuk menembus air, begitupun sebaliknya, karena itu warna merah pada air pantai ini hanya berada pada kedalaman tidak lebih dari 20 meter.

Untuk warna hijau, ada beberapa penyebab, antara lain akibat pengendapan lumpur di dasar laut dan adanya plankton-plankton dengan jumlah besar. Sedangkan untuk warna biru sendiri, kita tahu jika warna itu memang menjadi warna air laut pada umumnya.

foto pemandangan pantai tiga warna dari atas tebing 
pemandangan pantai tiga warna dari atas tebing. foto : muhikfa

Tempat wisata Pantai Tiga Warna Malang sendiri terletak di area konservasi mangrove, selain itu di kawasan ini juga terdapat 8 pantai lain, tapi hanya 5 pantai yang bisa kita kunjungi dengan berjalan kaki, yaitu Pantai Gatra, Clungup, Mini, Watu Pecah dan Pantai 3 Warna ini sendiri.


Satu hal yang wajib kita tahu jika ingin berlibur ke Pantai Tiga Warna Malang, untuk mengunjungi kawasan wisata ini kita diharuskan untuk melakukan reservasi (booking) terlebih dahulu, karena kuota pengunjung perhari dibatasi dengan jumlah sekitar 100 orang saja, jadi kita harus memesan tempat minimal 2 minggu sebelumnya.

Hal ini dilakukan oleh pengelola karena Pantai Tiga Warna merupakan tempat konservasi yang memang sangat dijaga kelestariannya, terlebih lagi masalah kebersihan, saat kamu akan masuk ke kawasan, tepatnya di pos 1 akan dilakukan pemeriksaan barang bawaan.

Barang apa saja yang kita bawa, berapa banyak jumlahnya, termasuk makanan, minuman botol, tisu, hingga kertas, semua akan dicatat, nah, saat pulang nanti akan dilakukan pemeriksaan lagi, dimana barang bawaan kita harus sama seperti saat masuk, tidak boleh kurang!.

foto indahnya taman bawah laut pantai tiga warna 
pemandangan bawah laut pantai tiga warna. foto : ukmdolantourtravel

Jadi jika kemarin kamu membawa tisu, kamu tidak boleh membuangnya, harus disimpan di tas ya, karena saat kamu pulang akan diperiksa lagi, hal ini bukan cuma gertakan untuk menakut-nakuti, tapi ini memang benar-benar dilakukan, dan jika barang bawaan kita kurang maka kita diharuskan untuk mencari sampah tersebut atau akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000/sampah.

Karena itu kamu jangan heran jika di kawasan Pantai Tiga Warna ini sangat bersih bebas dari sampah, jika tidak diberlakukan aturan tersebut, maka dipastikan tempat wisata ini akan dipenuhi sampah pengunjung.


Lalu sebenarnya apa sih daya tarik utama dari Pantai Tiga Warna ?

Salah satu kegiatan paling favorit yang bisa kita lakukan di Pantai 3 Warna Malang adalah snorkeling, pemandangan bawah laut di pantai ini tak kalah indah dengan spot-spot snorkeling lainnya di Indonesia lho, tak heran jika kini Pantai 3 Warna menjadi tempat snorkeling paling favorit di Malang.

Selain itu, kita juga bisa menyewa guide untuk mengantar ke spot-spot wisata lainnya, dan bagi yang ingin berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di Pantai Gatra, untuk peralatan kemah kamu bisa membawanya sendiri dari rumah, sedangkan untuk peralatan snorkeling, jika kamu tidak membawanya, di kawasan Pantai Tiga Warna sudah terdapat tempat penyewaan peralatan snorkeling.

foto indahnya milky way di pantai tiga warna 
jika beruntung, kamu bisa melihat milky way di pantai tiga warna. foto : hakimsukmaaji

Lalu bagaimana cara booking tempatnya ? nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke Pantai Tiga Warna, dibawah ini adalah cara bagaimana reservasi (booking) di Pantai Tiga Warna :

Booking (reservasi) hanya untuk menuju Pantai Tiga Warna, untuk Pantai Gatra, Pantai Clungup dan pantai lainnya tidak perlu booking.

  • maksimal booking adalah 10 orang/rombongan (tidak boleh sendiri).
  • waktu untuk booking adalah pada jam 08:00-16:00 WIB
  • tidak bisa negosiasi jika kuota sudah penuh.

Fotmat booking :
nama_tanggal datang_no hp_jam datang_jumlah orang
Sms 082132677713
Call 081233339889

Kawasan konservasi mangrove ini tutup setiap hari kamis (libur mingguan).
Setiap kunjungan ke Pantai Tiga Warna dibatasi 2 jam/kunjungan.

Nah, bagaimana, apa kamu tertarik untuk berlibur ke Pantai 3 Warna Malang ?



Fasilitas :
  • Camp Ground
  • Guide
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Pos
  • Penyewaan Peralatan Snorkeling

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna :
Rp. 6.000/orang
Rp. 300.000/rombongan (sudah termasuk guide, lokasi camping dan tiket untuk 10 orang)

Rincian
Sewa peralatan snorkeling :
Rp. 15.000 (lengkap)

Camping :
Rp. 25.000/orang

Sewa Tenda :
Rp. 50.000

Guide :
Rp. 100.000/rombongan
(setiap rombongan diwajibkan menggunakan guide)

Denda buang sampah sembarangan :
Rp. 100.000/sampah

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, sudah terdapat camping ground yang bisa kita gunakan dengan membayar tiket tambahan. Namun jika kamu tidak mau berkemah, kamu bisa mencari hotel di pusat Kota Malang.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • 72 km dari pusat kota Malang (2 jam 13 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Pantai Tiga Warna Malang

Akses menuju Pantai 3 Warna sangatlah mudah, dari pusat Kota Malang kamu tinggal mengikuti rute Kecamatan Bululawang – Kecamatan Turen – Kecamatan Sumber Manjing Wetan – Pantai Sendang Biru.

Setelah berjalan selama kurang lebih 2 jam kamu akan menemukan persimpangan menuju Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru. Silahkan pilih jalan menuju Pantai Goa Cina dan lurus saja sekitar 2 km hingga kamu menemukan persimpangan jalan lagi.

Dari persimpangan tersebut ambil arah kiri menuju ke TPI (tempat pelelangan ikan). Ikuti jalan hingga kamu menemukan petunjuk arah menuju Clungup Mangrove Conservation (sebelum Bank BRI), ikuti saja petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi.



Tips Saat Berlibur ke Pantai 3 Warna :

  • bisa membawa peralatan snorkeling dan tenda sendiri atau bisa juga menyewa.
  • jangan buang sampah sembarangan atau kamu kena akibatnya.
  • bookinglah 2 minggu atau sebulan sebelum berangkat.
  • ikut paket travel (open trip) bisa menjadi pilihan alternatif.
  • dari pos retribusi kita masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak, jadi gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor ya.
  • agar lebih puas, datanglah di pagi hari, karena untuk menuju ke lokasi Pantai 3 Warna kita masih harus berjalan kaki kurang lebih 1 jam.
  • jika kamu berkunjung hanya beberapa orang saja, kamu bisa bergabung dengan rombongan lain yang kurang dari 10 orang.






Wisata Terdekat Dari Pantai Tiga Warna :

Pantai Clungup
Pantai Gatra
Pantai Savana
Pantai Watu Pecah
Pantai Mini
(semua wisata masih satu kawasan)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »