Top 13 Air Terjun Indah di Malang, Mana Favoritmu?


Malang memang kota yang sangat cocok bagi para traveler, di kota Apel ini terdapat banyak sekali tempat wisata keren terutama wisata alam, salah satu wisata alam yang banyak ditemui di Malang adalah air terjun.

Secara geografis Malang memang berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh gunung-gunung besar, jadi tidak heran jika terdapat banyak air terjun di Kabupaten ini. Nah, dibawah ini merupakan daftar air terjun yang memiliki pemandangan indah di Kabupaten Malang, mulai dari Sumber Pitu hingga Coban Rondo yang terkenal dengan mitos dan legendanya.



Coban Sewu

foto selfie coban sewu indah malang
keren banget! foto : faisal_bonek




Inilah air terjun paling populer di Jawa Timur terutama di Kabupaten Malang dan Lumajang karena memang air terjun ini berada di dua Kabupaten, wisata air terjun ini sendiri memiliki dua nama berbeda, yaitu Coban Sewu untuk pintu masuk yang berada di Malang dan Tumpak Sewu untuk pintu masuk di Lumajang.

Untuk bisa menikmati keindahan Coban Sewu kita butuh tenaga ekstra karena jalur yang harus dilalui tidaklah jalanan mulus, melainkan jalan terjal terlebih lagi jalur menuju kebawah air terjun, jadi kamu harus tetap berhati-hati ya guys, sesampainya dibawah air terjun kamu akan melihat pemandangan yang sangat mempesona dari Coban Sewu ini.

Lokasi : Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur

baca juga : Coban Sewu a.k.a Tumpak Sewu, serpihan surga Jawa Timur



Coban Talun


foto cantik coban talun malang
cantik bro! foto : veliaberliana




Coban Talun terletak di Wisata Bumi Perkemahan Malang tepatnya di lereng gunung Arjuno-Welirang, Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan debit air yang cukup deras, selain melihat keindahan air terjun, di kawasan ini kita juga bisa berkemah, jadi jangan heran jika kamu melihat banyak tenda.

Jika kita lihat dari kejauhan, Coban Talun ini memiliki pemandangan serupa dengan Gerojogan Sewu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tebing-tebing besar dan bebatuan cadas dibawahnya menjadi keindahan tersendiri terutama bagi pecinta fotografi.

Lokasi : Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur



Coban Rondo


foro cantik coban rondo pujon malang
yuk kesini. foto : zulindariz



Inilah air terjun yang sangat populer di Malang karena mitos dan cerita legendanya, wisata air terjun Coban Rondo terletak di kaki gunung Kawi, wisata alam satu ini selalu ramai oleh pengunjung karena aksesnya yang cukup mudah dan fasilitasnya juga terbilang lengkap.

Karena saking populernya, jadi bagi kamu yang ingin datang ke Coban Rondo disarankan untuk memilih waktu yang tepat, yaitu pada hari biasa (senin-jumat) karena apabila kamu datang di hari libur dan akhir pekan maka sudah bisa dipastikan akan penuh oleh pengunjung.

Lokasi : Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur

baca juga : Coban Rondo, air terjun populer di Pujon

Coban Pelangi


foto coban pelangi malang
lihat pelangi? foto : wilda_uliarosa



Kamu ingin melihat pelangi di air terjun ? Coban Pelangi bisa menjadi pilihanmu, sesuai namanya, jika kamu datang disaat yang tepat maka kamu bisa melihat pelangi yang melintang akibat pembiasan cahaya matahari dan air.

Coban Pelangi terletak di kaki gunung Semeru, tepatnya di ketinggian sekitar 1.299 Mdpl, menjadikan udara di kawasan wisata ini cukup sejuk dan segar, Coban Pelangi sendiri memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air cukup deras.

Lokasi : Gubuk Klakah Poncokusumo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Malang, Jawa Timur



Banyu Anjlok


foto pantai banyu anjlok malang
yuk main ke air terjun dan pantai sekaligus. foto : azam_zarkasih



Kamu sudah tahu tentang pantai Banyu Tibo di Pacitan dimana terdapat sebuah air terjun mini yang mengarah langsung ke pantai? Nah, siapa sangka di Malang juga terdapat tempat wisata serupa, namanya Banyu Anjlok yang dalam bahasa Indonesia berarti Air jatuh/air terjun.

Karena lokasinya yang berada di pinggir pantai, jadi bisa dibilang wisata satu ini juga merupakan wisata pantai, di Banyu Anjlok kita bisa bermain di air terjun maupun pantai sekaligus, bosan dengan air asin pantai? Langsung saja menuju ke air tawar dari Banyu Anjlok ini, jadi tak perlu pergi ke kamar mandi dulu kan untuk mandi air tawar di pinggir pantai?

Lokasi : Daerah Dampit, Desa Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur



Sumber Pitu


foto air terjun sumber pitu malang
fotogenik banget nih. foto : imroatulistiana



Ini dia air terjun yang hampir mirip dengan Coban Sewu, Sumber Pitu atau biasa disebut juga dengan nama Coban Pitu ini memiliki pemandangan mempesona, dinamakan Coban Pitu karena air terjun tersebut memiliki 7 buah sumber aliran air.

Di Malang sendiri sebenarnya terdapat dua air terjun dengan nama Sumber Pitu, yaitu di Kecamatan Tumpang dan Kecamatan Pujon, dari kedua wisata tersebut di Kecamatan Pujon adalah yang paling populer.

Selain itu lokasi dari kedua air terjun tersebut juga sangat jauh, satunya di ujung timur, dan satunya lagi berada di ujung barat Kabupaten Malang, Sumber Pitu bisa dibilang air terjun yang masih alami walaupun cukup populer namun tak seramai seperti di Coban Rondo.

Lokasi : Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur



Coban Jahe


foto romantis air terjun coban jahe malang
wisata romantis nih kayaknya. foto : kandret9



Untuk wisata air terjun, nama Coban Jahe memang terdengar cukup unik, walaupun dinamakan Coban Jahe tapi nyatanya tidak ada tanaman jahe satupun di kawasan air terjun ini, pemberian nama Coban Jahe berawal dari adanya anggota TNI yang meninggal di sekitar air terjun saat melakukan perlawanan terhadap tentara kolonial Belanda. Dari sana kemudian air terjun ini dinamakan Coban Jahe, yang berasal dari kata “pejahe” jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti “meninggal.”

Coban Jahe memiliki pemandangan yang cukup indah, walaupun tidak terlalu tinggi namun debit air di Coban Jahe cukup deras lho, apalagi jika kamu datang di musim hujan, jangan dekat-dekat ya jika tidak ingin basah.

Lokasi : Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur


Coban Trisula


foto coban trisula malang
pecinta fotografi wajib kesini. foto : atmajanata



Coban Trisula masih termasuk dalam TNBTS, dinamakan Coban Trisula karen aliran air terjun ini memiliki tiga cabang, Air terjun pertama memiliki tinggi sekitar 35 meter. Air terjun yang kedua tidak terlalu tingi yakni sekitar 2,5 meter saja. Air yang jatuh dari air terjun kedua ini kemudian mengalir ke sebuah sungai dan jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter untuk membentuk air terjun ketiga.

Coban Trisula berada di ketinggian sekitar 1.400 Mdpl menjadikan udara di kawasan ini cukup sejuk, walaupun cukup jauh tapi lokasi air terjun ini mudah ditemukan kok.

Lokasi : Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur


Gerojogan Sewu


foto gerojogan sewu malang
gerojogan sewu versi malang. foto : www.mytripmyadventure.ga



Siapa bilang Gerojogan Sewu hanya ada di Karanganyar saja, di Malang juga ada lho, dengan nama serupa air terjun ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan Gerojogan Sewu di Karanganyar, dengan debit air yang cukup deras menjadikan Gerojogan Sewu ini terlihat megah.

Untuk menuju ke spot utama air terjun sendiri kita harus berjalan kaki dengan melintasi jembatan yang membentang diatas sungai Konto, sesampainya di lokasi rasa lelahmu akan terbayar dengan segarnya air di Gerojogan Sewu Pujon ini.

Lokasi : Desa Bendoasri, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur



Coban Glotak


foto coban glotak malang
kelihatan masih alami ya. foto : tya_pradipta 



Jika kamu mencari air terjun yang masih cukup alami dan tersembunyi, Coban Glotak harus masuk kedalam daftar tujuanmu, air terjun yang berada di lereng gunung Kawi ini ternyata memiliki pemandangan yang cukup indah lho.

Dinamakan Coban Glotak karena warga setempat sering mendengar bebatuan yang jatuh bersama air dan mengeluarkan suara klotak-klotak, maka dari itu air terjun ini dinamakan Coban Glotak, Coban Glotak sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang lumayan deras.

Lokasi : Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur



Coban Parang Tejo



foto coban parang tejo malang
cocok untuk nyepi dari keramaian kota. foto : alfians28_



Air terjun satu ini terletak di lereng Gunung Butak dimana aliran air dari Coban Parang Tejo membentuk perbatasan antara Kota Batu dan Kabupaten Blitar, walaupun kurang populer, namun air terjun ini layak kamu kunjungi terutama bagi kamu yang menyukai suasana tenang bersama alam.

Lokasi : Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur


Coban Tengah


foto coban dudo atau coban tengah malang
masih sepi nih, yuk kesana. foto : adityaprada8990



Coban Tengah memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air cukup deras, air terjun satu ini terletak tak jauh dari Coban Rondo, jadi jika kamu jenuh dengan keramaian di Coban Rondo maka sempatkanlah berkunjung ke Coban Tengah.

Selain dinamakan Coban Tengah, air terjun satu ini juga sering dikenal dengan sebutan Coban Dudo karena lokasinya yang berada diatas Coban Rondo, ditambah lagi diatasnya masih terdapat air terjun lagi bernama Coban Manten.

Lokasi : Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur


Coban Rais


foto coban rais malang
cakep!! foto : kikypramesti



Bagi kamu yang berjiwa petualang, Coban Rais siap menantimu untuk diexplore, untuk sampai di lokasi air terjun sendiri kita butuh waktu sekitar 1 jam berjalan kaki dengan melintasi hutan layaknya di Curug Lawe, Semarang.

Tapi kamu tidak perlu kawatir tersesat karena jalurnya yang terlihat jelas dan terdapat banyak papan penunjuk jalan, sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan aliran sungai, bahkan ada satu spot dimana jalannya dipenuhi oleh kupu-kupu yang cantik lho.

Lokasi : Kucur, Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur

baca juga : daftar tempat wisata keren di Malang yang wajib kamu kunjungi

Nah, itulah daftar air terjun keren yang ada di Malang, sebenarnya masih terdapat banyak sekali air terjun keren di Kabupaten Malang, namun untuk sementara itu dulu ya guys, dari air terjun diatas mana favoritmu?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »