Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, MURAH loh!, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Umbul Sidomukti Semarang | Rute, Lokasi, HTM, Jam Buka Terbaru 2020

foto pemandangan keren umbul sidomukti

Jika di pusat kota Semarang lebih banyak wisata sejarahnya, di Kabupaten Semarang tepatnya di kawasan Ungaran malah lebih didominasi dengan wisata alam.

Nah, kali ini Brobali.com akan mereview salah satu wisata unggulan di Ungaran yang bernama Umbul Sidomukti, yaitu sebuah wisata alam yang terletak di lereng Gunung Ungaran, gunung tertinggi di Kabupaten Semarang yang juga terkenal sebagai gunung ramah pendaki, bagi pendaki pemula.


Apa yang Menarik di Umbul Sidomukti ?

Jika kita mendengar kata “Umbul” pasti terbesit di benak kita tentang wisata Umbul Ponggok di Klaten. Lalu apakah Umbul Sidomukti Bandungan ini sama dengan Umbul Ponggok Klaten?

Bisa dibilang kedua tempat wisata tersebut hampir mirip, namun jika kita perhatikan, ternyata Umbul Sidomukti lebih lengkap.

Umbul Sidomukti menawarkan banyak wahana seru, salah satu kegiatan favorit yang bisa dilakukan di wisata Bandungan satu ini adalah berenang.

Di Umbul Sidomukti terdapat sebuah kolam renang alami seperti di Umbul Ponggok, hanya saja kolam tersebut tidak dihuni oleh ikan, selain itu ukurannya juga lebih kecil.

Kolam renang di Umbul Sidomukti ada 3, dengan formasi bertingkat dari atas. Urutannya adalah yang paling dalam yaitu sekitar 1,5 meter, dan yang paling bawah adalah kolam paling dangkal, sangat cocok untuk anak-anak.

Berada di ketinggian sekitar 1.200 Mdpl menjadikan air di kolam renang Umbul Sidomukti sangat dingin, bahkan lebih dingin dari Umbul Ponggok.

sunrise umbul sidomukti
sunrise di umbul sidomukti. foto IG https://www.instagram.com/almasfjrn/

Sambil berenang kita akan disuguhkan pemandangan alam dari Kabupaten Semarang yang terlihat sangat indah dengan perbukitan hijau menghiasinya.

Wisata Umbul Sidomukti Bandungan tak hanya menawarkan kolam renang saja, melainkan terdapat banyak wahana seru lain yang bisa kita coba, seperti :
  • Berkeliling menunggangi kuda
  • Camping
  • Cafe
  • Penginapan
  • Kawasan Outbond
  • Dan masih banyak lagi
Jika kamu menyukai kegiatan memacu adrenalin, kamu bisa mencoba wahana outbond di kawasan wisata Umbul Sidomukti ini. Berbeda dengan wahana outbond pada umumnya, wahana outbond di Umbul Sidomukti dibangun di atas ketinggian sekitar 70 meter loh dengan panjang lintasan sekitar 110 meter, berani mencoba?

Apabila kamu takut, kamu dapat mencari alterntaif lainnya, misalkan beroff-road mengelilingi lokasi Desa Wisata Sidomukti dan melintasi berbagai macam perkebunan yang ada di sekitarnya menggunakan ATV.

Umbul Sidomukti juga menawarkan paket wisata atau paket outbond loh, diantaranya seperti:
  • Paket Halfday Rp. 250.000
  • Paket Camp Fire Rp. 130.000
  • Paket River Up Trekking Rp. 130.000
  • Paket Adrenalin Game Rp. 150.000
  • Paket Team Work Game Rp. 130.000
  • Paket Full Day Rp. 295.000
  • Paket 2 Hari 1 Malam Rp. 470.000

Puas bermain kini saatnya kamu bersantai sambil menyantap makanan, di tempat wisata Semarang satu ini sudah dilengkapi dengan cafe yang menawarkan pemandangan alam sangat mempesona.

Di kawasan Umbul Sidomukti sendiri terdapat beberapa cafe, salah satunya yang paling terkenal adalah Pondok Kopi, untuk menuju ke Pondok Kopi dari area kolam renang kita hanya perlu naik ke atas lagi, tepatnya di dekat penginapan.


pondok kopi umbul sidomukti
pondok kopi. foto IG https://www.instagram.com/fahmifahimm/

Di Pondok Kopi tersebut kita dapat melihat pemandangan alam Kabupaten Semarang dari ketinggian dengan samar-samar gunung Merbabu, Telomoyo dan Andong yang nampak gagah berdiri.

Oh iya, di area Pondok Kopi ini juga ada beberapa spot keren loh guys. Kamu bisa melihat indahnya bunga yang bermekaran di bagian bawah resto Pondok Kopi. Disitu juga ada spot foto yang dapat kamu manfaatkan untuk mengabadikan keindahan alam Umbul Sidomukti.

Selain itu ada juga objek wisata bernama Goa Tirta Mulya yang berada di sebelah resto. Ujung dari Goa Tirta Mulya ini adalah jurang yang berada di lereng Gunung Ungaran.

foto goa tirta mulya umbul sidomukti ungaran
ini goa tirta mulya di atas umbul sidomukti. foto : @andyiindris

Banyak banget kan yang bisa kita lakukan di Umbul Sidomukti?

Baca Juga : 
daftar tempat romantis di Semarang





Fasilitas yang Ada
FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Spot Foto
Restoran
Kolam Renang
Outbond
Penginapan
Camp Ground
Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti (HTM) :
Untuk memasuki kawasan Umbul Sidomukti, kita akan dikenakan biaya Rp.5.000/orang, dan untuk area kolam renang, outbond, ataupun Pondok Kopi memiliki tiket masuk sendiri.

Masuk Kolam Renang
Rp.15.000/orang

Flying Fox :
Rp.30.000

Sewa Kuda :
Rp.50.000/30 menit
Rp.100.000/1 jam

Sewa Tenda Dome :
Rp.45.000/tenda
Rp.5.000/matras
Rp.8.000/sleeping bag

Kawasan Pondok Kopi:
Rp.5.000/orang

Jam Buka :
Objek wisata Semarang ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 - 24:00 WIB

Kontak :
+6282892031261-62
+62298 7137009-10

Email : umbulsidomukti@gmail.com


Akomodasi (Penginapan)
Wisata Umbul Sidomukti sudah dilengkapi dengan penginapan, terdapat dua pilihan untuk menginap di kawasan wisata ini.

Yaitu dengan mendirikan tenda atau menginap di Villa, kelebihan menginap di objek wisata tersebut adalah pemandangan yang ditawarkan sangat indah dengan gemerlap lampu kota Semarang yang terlihat seperti bintang di bumi.

Harga resort atau villa di sekitar Umbul Sidomukti juga beragam dan terbilang masih terjangkau.





Lokasi Umbul Sidomukti:

Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • 50 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Tol Ungaran-Bawen (1 jam 15 menit)
  • 21 Km dari Tuntang melalui Jl. Raya Semarang-Solo (46 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Wisata Umbul Sidomukti Ungaran

Jalan menuju Umbul Sidomukti Bandungan ini terbilang sangat mudah, kamu bisa mengikuti rute di bawah ini.

#Dari Arah Kota Semarang
Dari pusat Kota Semarang kamu tinggal menuju ke arah Ungaran hingga kamu menemukan Pom Bensin Lemah Abang di kiri jalan, lalu beberapa meter setelah Pom Bensin terdapat gapura di kanan jalan bertuliskan Kawasan Wisata Gedong Songo.

Nah, beloklah menuju ke gapura tersebut, ikuti saja jalan itu hingga kamu sampai di Pasar Jimbaran, tepat di depan pasar Jimbaran terdapat sebuah gang (gang ini satu jalur dengan Basecamp Pendakian Gunung Ungaran) bertuliskan Wisata Umbul Sidomukti.

Silahkan masuk ke gang tersebut lalu ikuti saja jalan itu hingga kamu sampai di lokasi parkir, tenang, setelah masuk gang sudah terdapat banyak papan petunjuk arah jadi kamu tidak perlu kawatir tersesat.


#Dari Arah Salatiga. Magelang, Solo dan Sekitarnya
Jika kamu dari arah Salatiga dan sekitarnya, kamu bisa melewati Jalan Semarang-Surakarta, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu memasuki Kabupaten Semarang, tetap ikuti jalan hingga kamu menemukan RS Ken Saras di kiri jalan.

Dari sini pelankan kendaraanmu dan tetap awasi sebelah kiri, nanti kamu akan menemukan gapura bertuliskan Wisata Candi Gedong Songo, ditandai dengan adanya kerangka motor rusak tepat di sebelah gapura, lalu ikuti petunjuk seperti di atas tadi.

#Dari Arah Jogja
Jika kamu dari arah Jogja, kamu bisa melalui Jl. Jogja-Ambarawa, ikuti saja jalan raya tersebut yang mengarah ke Kota Semarang, ikuti papan petunjuk arah menuju Bandungan (akan terlihat setelah kamu menemukan papan petunjuk arah Jimbaran).

Maka kamu akan menemukan gapura dengan kerangka motor rusak di sebelahnya, silahkan masuk gapura tersebut dan ikuti petunjuk seperti di atas tadi (#Dari Arah Kota Semarang).

#Dari Arah Purwodadi Grobogan dan Sekitarnya
Sedangkan apabila kamu dari arah Purwodadi, kamu bisa mengikuti rute Purwodadi-Godong-Gubug-Kedungjati-Tuntang-Bergas-Bandungan.

Dari pertigaan Pos Polisi Tuntang, kamu bisa belok kanan menuju Kota Semarang (melewati jembatan besi), setelah itu silahkan ikuti petunjuk seperti di atas tadi.

Atau kamu bisa melihat di Google Maps.

foto sunrise di umbul sidomukti
sunrise di pondok kopi sidomukti. foto : @umbul sidomukti



Tips Berlibur ke Umbul Sidomukti :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Ungaran satu ini adalah saat hari biasa, sebab ketika kamu berkunjung di hari libur atau weekend, maka siap-siaplah bertemu dengan banyak sekali pengunjung yang memenuhi objek wisata tersebut.
  • Setiap wahana di kawasan wisata Umbul Sidomukti memiliki tiket sendiri-sendiri, termasuk area kolam renang, namun harga tiketnya cukup terjangkau kok.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor, sebab jalan menuju tempat wisata cukup kecil, dan sangat tidak disarankan untuk menggunakan bus wisata.
  • Bagi kamu yang tidak tahan dingin, sangat tidak disarankan untuk mandi di kolam renang ini.







Wisata Terdekat Dari Umbul Sidomukti (- 1 Jam):

Basecamp Mawar Gunung Ungaran (10 menit)
Jika kamu mencari spot hunting foto keren di Ungaran, salah satu pilihannya adalah Basecamp Mawar, untuk masuk ke Basecamp Mawar sendiri kita tidak perlu bertujuan mendaki, hanya berkunjung kesanapun kita juga bisa masuk.

Candi Gedong Songo (37 menit)
Bersama Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo menjadi tempat wisata paling populer di lereng Gunung Ungaran.

Setiya Aji Flower Farm (20 menit)
Apabila kamu mencari wisata romantis di Bandungan, maka Setiya Aji Flower Farm menjadi pilihan paling atas untukmu, disini kita bisa menemukan banyak sekali warna-warni bunga krisan yang terlihat sangat cantik.

Ngasem Park (20 menit)
Kebun bunga alternatif selain Setiya Aji Flower Farm yang tak kalah indah.

Goa Tirta Mulya (5 menit)
Goa Tirta Mulya merupakan salah satu spot wisata di Pondok Kopi Umbul Sidomukti, di ujung gua ini kamu bisa melihat jurang dari lereng gunung Ungaran.



sumber foto header : akun IG @mazayagalva
Ingin bertanya atau sekedar menyapa? Temukan kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar