Tebing Breksi, Spot Keren Untuk Berburu Foto di Sekitar Prambanan


Kecamatan Prambanan memang lebih terkenal dengan wisata candinya, terutama Candi Prambanan yang sudah terkenal hingga dunia. Namun, selain wisata candi, di Prambanan juga terdapat jenis wisata lainnya yang tak kalah keren.

tlatar seneng di tebing breksi
tlatar seneng di tebing breksi. foto : teditriady

Salah satunya adalah Tebing Breksi, mungkin bagi sebagian orang Tebing Breksi masih asing ditelinga mereka, tapi bagi masyarakat sekitar Prambanan dan Jogja sendiri, Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata yang manarik untuk di kunjungi di Prambanan.


Apa yang Menarik di Tebing Breksi ?

Tebing Breksi atau juga dikenal dengan nama Taman Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata di Kecamatan Prambanan, Jogja. Tebing Breksi menawarkan wisata alam dan keluarga yang cukup menarik.

tebing breksi
salah satu spot foto favorit. foto : triady

Sajian utama yang bisa kita dapatkan di tempat wisata Jogja ini adalah formasi-formasi dari tebing batu kapur yang terlihat artistik dan indah, karena keunikannya inilah yang membuat Tebing Breksi menjadi salah satu spot hunting foto favorit disekitar Prambanan.

Tepat dibawah tebing terdapat sebuah tlatar yang bernama “Tlatar Seneng” di tlatar ini biasanya diadakan acara pertunjukan seni, mulai dari musik, tarian hingga jenis seni lainnya. Di sekitar tlatar juga sudah disediakan tempat duduk, jadi kita tidak perlu berdiri untuk menontonnya.


Sejarah Taman Tebing Breksi Jogja

tebing breksi jogja
ada ukirannya juga. foto : bamzyudhi

Awalnya area Tebing Breksi hanyalah sebuah perbukitan kapur saja yang menjadi lokasi penambangan warga sekitar, lalu dilakukan sejumlah penelitian mengenai batu kapur tersebut. Dan ternyata menurut penelitian, bebatuan kapur di Tebing Breksi merupakan hasil dari abu vulkanik Gunung Api Purba pada zaman dahulu.

Hingga akhirnya Pemerintah Jogja melarang warga sekitar untuk melakukan penambangan di kawasan Tebing Breksi lagi, dan menjadikan Tebing Breksi sebagai Cagar Alam yang harus kita lestarikan.

Karena banyaknya pengunjung yang datang kesini, akhirnya Tebing Breksi diresmikan menjadi tempat wisata. Setiap harinya Tebing Breksi selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan, tak jarang juga ada yang melakukan off road di kawasan Tebing Breksi.

Taman Tebing Breksi menambah daftar tempat wisata pilihan di Kabupaten Sleman yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ditambah dengan aksesnya yang sangat mudah, jadi tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak berkunjung kesini.

Karakteristik dari Tebing Breksi memang hampir mirip dengan Brown Canyon di Semarang, hanya saja tebing di area ini berwarna putih, bukan coklat. Cobalah naik keatas tebing, dari puncak tebing tersebut kita bisa melihat megahnya Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

Tebing Breksi sangat cocok sebagai lokasi nongkrong bersama teman teman di sore hari, ngobrol sambil melihat matahari terbenam menjadi sajian utama yang akan menemani kita menghabiskan hari.

baca juga : daftar tempat keren untuk melihat sunrise dan sunset di Jogja
tebing breksi prambanan
pemandangan dari atas tebing. foto : tika_lentik


Fasilitas :
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Tlatar Pertunjukan
  • Lokasi off road
  • (fasilitas masih sederhana)


Harga Tiket Masuk Tebing Breksi :
Hanya membayar parkir

Jam Buka : 
Setiap hari 24 jam

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, kamu bisa mencari hotel di dekat tempat wisata Candi Prambanan.


Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogja.
  • 17 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Raya Solo (40 menit)
  • 9 Km dari Bandara Adi Sucipto (19 menit)
  • 29 Km dari pusat Kota Klaten melalui Jl. Raya Solo (55 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Taman Tebing Breksi Jogja

Akses menuju Tebing Breksi sangatlah mudah, patokannya adalah darimanapun kamu berasal, mulai dari Jogja, Solo, atau Semarang, kamu harus menuju ke Candi Prambanan terlebih dahulu. Dari pasar Prambanan (pertigaan) belok ke selatan (kanan) menuju Piyungan.

Lalu sekitar beberapa kilometer kamu akan menemukan papan petunjuk jalan menuju Candi Ijo, ikuti petunjuk menuju Candi Ijo tersebut. Setelah beberapa kilometer akan terdapat pertigaan sebelum SDN Sambirejo. Di pertigaan tersebut silahkan belok kiri dan ikuti jalan hingga kamu sampai di lokasi. Jika kamu sampai di SDN Sambirejo berarti kamu terlewat beberapa meter dari pertigaan tadi.


Tips Berlibur ke Tebing Breksi Jogja :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Tebing Breksi adalah di hari biasa (senin-jumat)
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Jalan menuju ke lokasi Tebing Breksi cukup menanjak, jadi pastikan kendaraanmu dalam keadaan fit.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, jangan mencoret coret dan selalu taati aturan.
  • Sangat cocok sebagai lokasi hunting foto.
  • Datanglah di malam atau sore hari, sebab ketika siang akan terasa cukup panas karena tidak ada tempat berteduh.


Lihat peta cara menuju ke Tebing Breksi


Wisata Terdekat Dari Tebing Breksi :

Candi Ijo (4 menit)
Kompleks Candi Ijo merupakan kompleks candi dengan karakteristik yang hampir sama dengan Candi Cheto, yaitu berteras-teras yang semakin meninggi ke belakang.

Candi Prambanan (19 menit)
Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia, semua orang pasti sudah tahu mengenai tempat wisata ini.

Candi Ratu Boko (10 menit)
Candi Ratu Boko merupakan komplek candi yang sangat terkenal di Jogja sebagai lokasi untuk melihat sunset, keindahan matahari tebenam di tempat wisata ini akan terbingkai dalam bangunan candi yang terlihat sangat mempesona.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »