Daftar Wisata di Dieng yang Harus Kamu Kunjungi



Dieng merupakan sebuah kawasan dataran tinggi yang terletak diantara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, dan masih termasuk dalam Kabupaten Wonosobo, bagi traveler, Dataran Tinggi Dieng sudah sangat populer sebagai tempat wisata wajib dikunjungi di Jawa Tengah, sebab di Dieng terdapat banyak sekali wisata keren yang sangat sayang jika kita lewatkan.


foto pemandangan sunrise gunung prau keren

Selain terkenal dengan wisatanya yang menarik, kawasan dataran tinggi dieng juga terkenal dengan hasil pertaniannya seperti kentang dan terong belanda yang sudah banyak dijual di berbagai kota di Indonesia, nah, bagi kamu yang berencana ingin berlibur ke Dieng, dibawah ini merupakan objek wisata Dieng yang bisa menjadi rekomendasimu, yuk kita simak.



Tempat Wisata Telaga Warna


foto pemandangan telaga warna

Wisata Dieng pertama adalah Telaga Warna, yaitu sebuah danau atau telaga yang terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl, sesuai namanya, Telaga Warna memiliki warna air berbeda dengan danau lain, jika danau pada umumnya berwarna jernih, Telaga Warna malah memiliki warna biru kehijauan, bahkan, kadang berwarna hijau, biru, dan merah, fenomena yang terjadi pada objek wisata ini disebabkan karena air dari Telaga Warna mengandung sulfur, dimana saat sulfur terkena cahaya matahari maka akan terjadi pembiasan yang menyebabkan warna dari danau tersebut seperti berubah.



Tempat Wisata Telaga Pengilon Dan Batu Ratapan Angin


foto pemandangan dari batu ratapan angin


Wisata Dieng selanjutnya yang tak kalah kece adalah Telaga Pengilon dan Batu Ratapan Angin, kedua objek wisata ini masih menjadi satu kawasan dengan Telaga Warna, berbeda dengan Telaga Warna yang memiliki warna air berubah-ubah, Telaga Pengilon hanyalah sebuah telaga biasa dengan air jernih karena airnya yang tidak mengandung sulfur, telaga Pengilon terletak tepat disebelah Telaga Warna.

Nah, untuk melihat keindahan kedua telaga tersebut, kamu bisa mencoba naik ke kawasan Batu Ratapan Angin, yaitu sebuah perbukitan tepat disebelah Telaga Pengilon, dari Batu Ratapan Angin kita bisa melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.



Tempat Wisata Telaga Merdeda


foto telaga mardeda dieng


Di Dieng tak hanya memiliki Telaga Warna dan Telaga Pengilon saja, tapi masih terdapat beberapa telaga lainnya yang tak kalah keran, salah satunya adalah Telaga Mardeda yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, sama halnya dengan Telaga Pengilon, Telaga Mardeda juga tidak mengandung sulfur, yang membuat wisata Dieng satu ini wajib kamu kunjungi adalah karena Telaga Mardeda merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng.


Tempat Wisata Telaga Cebong


foto telaga cebong dari bukit sikunir

Nah, ini dia telaga lain dengan pemandangan cukup kece, yaitu Telaga Cebong yang terletak di Desa Sembungan, sebuah desa di dataran tinggi Dieng dan juga menjadi desa tertinggi di Indonesia, Telaga Cebong ini terletak tepat dibawah Bukit Sikunir, bahkan dari puncak Sikunir kita sudah bisa melihat keindahan Telaga Cebong tersebut


Tempat Wisata Bukit Sikunir

 

 

foto sunrise indah bukit sikunir

Inilah tempat wisata Dieng yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan, Bukit Sikunir atau juga biasa dipanggil Puncak Sikunir terletak di Desa Sembungan, merupakan sebuah bukit yang menjadi spot favorit bagi wisatawan yang ingin melihat golden sunrise, selain wisata telaga, Dieng juga terkenal dengan pemandangan Golden Sunrisenya, nah, Puncak Sikunir ini menjadi spot paling favorit di Dieng untuk melihat pemandangan tersebut.

Wisata Dieng satu ini memiliki ketinggian 2.200 mdpl, tak hanya menawarkan keindahan matahari terbit saja, namun juga pemandangan gunung-gunung lain seperti Gunung Sumbing, Sindoro, dan tentunya Gunung Prau.


Tempat Wisata Gunung Prau


foto pemandangan gunung prau


Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl, bagi para pendaki gunung, Gunung Prau sudah tak asing lagi, bahkan gunung ini sudah menjadi salah satu gunung favorit di Jawa Tengah karena memiliki pemandangan yang sangat indah, tentunya jika mendaki di saat cuaca cerah.

Nah, selain di Puncak Sikunir, kita juga bisa melihat golden sunrise di puncak Prau ini, untuk menuju puncak kita hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam saja, namun dengan jalur pendakian yang terus menanjak, selain pemandangan golden sunrise, dari puncak Prau kita juga bisa melihat deretan gunung-gunung tinggi lainnya seperti Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi hingga Lawu.


Tempat Wisata Kawah Sikidang


foto pemandangan kawah sikidang dieng 
kawah sikidang dari kejauhan. foto : rizkiabdulmalik_20


Selain wisata telaga dan gunung, Dieng juga memiliki jenis wisata lainnya, salah satunya adalah Kawah Sikidang, Wisata Dieng satu ini memiliki luas sekitar 200 m2, Kawah Sikidang menawarkan hamparan dataran luas dengan beberapa spot mengeluarkan asap belerang.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di tempat wisata Dieng ini, seperti berfoto dengan hewan, naik motorcross, melihat letupan kawah aktif, hingga merebus telur dan kentang, ya di area Kawah Sikidang sudah disediakan lokasi untuk merebus telur atau kentang dengan cara menceburkannya didalam kawah kecil, apabila kamu tidak membawa telur-pun tak masalah karena di kawasan Kawah Sikidang sudah terdapat penjual telur dan kentang yang memang dikhususkan untuk direbus.



Tempat Wisata Komplek Candi Arjuna


foto komplek candi arjuna dieng
salah satu candi di komplek arjuna. foto : sandiputtra
 

Apa kamu sudah pernah menonton Dieng Culture Festival? tentunya sudah tidak asing dengan objek wisata Dieng satu ini, Komplek Candi Arjuna merupakan sebuah kawasan wisata dimana dilokasi ini terdapat beberapa candi yang tersebar luas.

Tepat di tengah kawasan komplek terdapat tiga Candi utama, nah lokasi inilah yang digunakan untuk upacara pemotongan rambut gimbal pada acara Dieng Culture Festival setiap tahunnya, biasanya tiket masuk Candi Arjuna menjadi satu dengan Kawah Sikidang, jadi apabila kita sudah masuk di objek wisata Kawah Sikidang maka kita juga boleh masuk di objek wisata Candi Arjuna.

baca juga : daftar Candi megah di Jawa Tengah



Tempat Wisata Dieng Plateu Theater


foto dieng plateu theater

Bagi kamu yang ingin mengenal Dieng lebih dekat lagi, maka kamu wajib datang ke Dieng Plateu Theater, tempat wisata Dieng satu ini merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk menonton film dokumenter tentang Dieng Plateu, biasanya film di Dieng Plateu Theater berdurasi sekitar 20 menit, jadi selain wisata alam dan budaya kamu juga bisa melihat sejarah tentang Dieng juga.


Tempat Wisata Sumur Jalatunda


foto sumur jalatunda dieng


Salah satu tempat wisata Dieng yang cukup unik adalah Sumur Jalatunda, sumur ini memiliki kedalaman sekitar 90 meter, menurut cerita sumur Jalatunda terbentuk akibat letusan gunung berapi jutaan tahun lalu yang mengakibatkan terbentuknya lubang tersebut, untuk sampai ke lokasi sumur Jalatunda kamu harus menaiki 200 anak tangga terlebih dahulu, jadi siapkan staminamu ya.


Nah, itulah beberapa objek wisata menarik di dataran tinggi dieng yang bisa kamu kunjungi, dari daftar wisata di Dieng diatas, mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi dan menjadi favoritmu?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »