Info Dan Tips Lengkap Mendaki Gunung Merapi


Mari Menjelajah Salah Satu Gunung Paling Aktif Di Indonesia




Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif di indonesia, sebelumnya terdapat 3 jalur pendakian, yaitu melalui babadan, kineharjo dan new selo, namun sejak erupsi merapi tahun 2010 jalur via babadan dan kineharjo sudah tidak digunakan lagi.




foto sunrise indah di puncak gunung merapi 
sunrise dari puncak gunung merapi. foto : officialbayu




Kini hanya terdapat satu jalur pendakian saja, yaitu melalui kecamatan selo, boyolali, jawa tengah, selo merupakan sebuah desa di boyolali, untuk menuju kesana bisa dibilang cukup mudah dan bisa dijangkau dari mana saja.

Jika kita dari ampel, boyolali kita juga akan melewati jalur pendakian menuju gunung merbabu sebelum sampai di basecamp merapi, basecamp merapi bernama barameru yang berada di ketinggian sekitar 1600 mdpl.

Sesampainya di basecamp, istirahatlah dahulu, sambil melakukan registrasi, biaya registrasi sekitar Rp. 16.000/orang dengan meninggalkan kartu identitas, di basecamp terdapat warung, kita bisa makan siang dulu disini sebelum melakukan pendakian.


foto view gunung merbabu dari gunung merapi 
view merbabu dari merapi. foto : detahibatulwafi




Biasanya para pendaki mulai naik saat malam, ya, karena pendakian merapi bisa dibilang cukup singkat seperti di gunung prau wonosobo, untuk sampai ke pasar bubrah dari basecamp kira-kira memakan waktu sekitar 4 jam, tergantung kecepatan kita saat mendaki.


Mulai dari basecamp, kita masih melewati jalan beraspal hingga ke New Selo, yaitu sebuah gardu pandang dimana kita bisa melihat pemandangan alam dengan gunung merbabu yang kokoh berdiri didepan mata.

Untuk sampai di New Selo, dari basecamp memakan waktu sekitar 15 menit, jika kamu tidak mau susah, kamu juga bisa menyewa ojek untuk mengantarkan langsung ke New Selo, tempat ini mudah dikenali karena terdapat tulisan New Selo yang sangat besar seperti di Hollywood.

Nah, dari New Selo pendakian sebenarnya akan dimulai, jalur pertama yang akan kita lewati adalah perkebunan warga dengan trek menanjak namun sudah di paving, setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, kita akan menemukan shelter (tempat istirahat) di samping gerbang taman nasional gunung merapi.

Beristirahatlah dahulu disini, karena trek yang akan kita lalui adalah jalur menanjak dan terjal hingga pasar bubrah, nah, untuk sampai di pos 1 memakan waktu sekitar 1 jam dari shelter tadi, jalur tersebut masih berupa tanah yang licin, jadi kamu harus berhati hati.


Setelah sampai di pos 1 untuk menuju ke pos 2 kita akan melewati jalur terjal menanjak yang didominasi oleh bebatuan besar, banyak pendaki yang mengaku jika jalur inilah yang paling berat, sesampainya di pos 2 kita bisa mendirikan tenda, lokasi inilah yang paling aman untuk mendirikan tenda karena masih terdapat banyak pepohonan, namun untuk sampai ke puncak masih cukup jauh.

Setelah beberapa menit melewati pos 2 kita akan sampai di batas vegetasi, dimana sudah tidak terdapat lagi pepohonan, hanya ada bebatuan besar dan pasir, menandakan jika pasar bubrah sudah dekat, namun kamu harus berhati hati karena kabut sering turun disini yang menyebabkan jarak pandang sangat pendek.

Untuk sampai ke pasar bubrah memakan waktu sekitar 1 jam, jalur yang harus kita lewati adalah bebatuan dan kerikil yang sering membuat terpeleset, sesamapinya di pasar bubrah kita akan melihat hamparan luas seperti lapangan yang hanya terdapat bebatuan kecil dan beberapa batu besar.




foto pasar bubrah gunung merapi 
pasar bubrah dengan background puncak merapi. foto : maswahyutomo




Biasanya para pendaki mendirikan tenda di pasar bubrah, namun kita harus hati hati karena tidak ada penghalang angin seperti pepohonan, jadi cukup berbahaya jika terjadi badai, disini kita bisa melihat puncak merapi yang menjulang tinggi.

Batas aman mendaki adalah hanya sampai di pasar bubrah, jika pendaki ngeyel ingin menuju ke puncak, pihak pengelola tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu, sudah terdapat banyak papan peringatan yang terpampang di sekitar pasar bubrah.


Pendakian menuju puncak dari pasar bubrah memakan waktu kurang lebih 1 jam, biasanya pendaki mulai naik pukul 4 pagi untuk melihat sunrise dari puncak, jalur yang harus kita lalui tidaklah mudah, yaitu berupa pasir dan bebatuan yang sering jatuh, jadi kamu harus ekstra hati hati saat mendaki ke puncak.

Sesampainya di puncak kita akan disambut oleh kawah merapi yang masih mengeluarkan gas belerang, puncak garuda yang terkenal dulu, kini sudah tidak ada akibat erupsi merapi tahun 2010, kini ketinggian gunung merapi hanya 2913 mdpl saja.



foto pemandangan di gunung merapi 
gaya dikit cekrek. foto : banggdul



Itinerary :


  • Basecamp – New Selo (15 menit)
  • New Selo – Gerbang TNGM (1 jam)
  • Gerbang TNGM – Pos 1 (1 jam)
  • Pos 1 – Pos 2 (1 jam)
  • Pos 2 – Pasar Bubrah (1 jam)
  • Pasar Bubrah – Puncak Merapi (1 jam)
  • Total : 5 jam 15 menit (tergantung kecepatan kita saat mendaki)





Tips Saat Mendaki Gunung Merapi :

  • bawalah persediaan air minum yang cukup, karena tidak terdapat sumber air.
  • jalurnya berupa bebatuan besar dan terus menanjak hingga puncak, hanya ada sedikit bonus.
  • biasanya para pendaki mulai mendaki saat malam.
  • udara disini cukup dingin, jangan lupa membawa jaket tebal.
  • cuaca tidak bisa diperkirakan, jangan lupa membawa jas hujan.
  • dari gunung merapi kita bisa melihat gunung andong dan merbabu.
  • jika takut sendiri, kamu bisa menyewa porter.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »