Skip to main content

Info & Tips Lengkap Mendaki Gunung Merapi [Semua Jalur]

Merapi, salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia ini sebelumnya terdapat 3 jalur pendakian, yaitu melalui Babadan, Kineharjo dan Selo, namun sejak erupsi Merapi tahun 2010 jalur via Babadan dan Kineharjo sudah tidak digunakan lagi.

foto sunrise indah di puncak gunung merapi 

Kini di Gunung Merapi hanya terdapat dua jalur pendakian saja, yaitu melalui kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah, dan jalur Sapuangin yang terletak di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten.

Nah, untuk kamu yang ingin mendaki di gunung Merapi, di bawah ini merupakan tips seputar jalur pendakian gunung Merapi yang insyaaAllah bermanfaat.



Rute Menuju Basecamp Selo

Akses menuju Basecamp Gunung Merapi via Selo bisa dibilang susah susah gampang, untungya masih satu jalur dengan Basecamp Gunung Merbabu via Selo, Omah Bambu Merapi dan wisata Bukit Gancik.

Jadi patokannya adalah ketiga tempat tersebut, Basecamp Gunung Merapi via Selo bernama Barameru yang berada di ketinggian sekitar 1600 mdpl dibawah wisata Omah Bambu Merapi.

Sesampainya di basecamp, istirahatlah dahulu, sambil melakukan registrasi. Biaya registrasi sekitar Rp. 16.000/orang dengan meninggalkan kartu identitas. Di basecamp terdapat warung, kita bisa makan siang dulu disini sebelum melakukan pendakian.

foto view gunung merbabu dari gunung merapi 
view merbabu dari gunung merapi. foto ig : @detahibatulwafi

Biasanya para pendaki mulai naik saat malam, karena pendakian Gunung Merapi via Selo bisa dibilang cukup singkat seperti di gunung Prau Wonosobo, untuk sampai ke Pasar Bubrah dari basecamp kira-kira memakan waktu sekitar 4 jam, tergantung kecepatan kita saat mendaki.




Estimasi Pendakian Gunung Merapi via Selo

Mulai dari basecamp, kita masih melewati jalan beraspal hingga ke New Selo (wisata Omah Bambu Merapi), yaitu sebuah gardu pandang dimana kita bisa melihat pemandangan alam dengan gunung Merbabu yang kokoh berdiri di depan mata.

Untuk sampai di New Selo, dari basecamp memakan waktu sekitar 15 menit, jika kamu tidak mau capek, kamu juga bisa menyewa ojek untuk mengantarkan langsung ke New Selo, tempat ini mudah dikenali karena terdapat tulisan New Selo yang sangat besar seperti di Hollywood.

Nah, dari New Selo pendakian sebenarnya akan dimulai, jalur pertama yang akan kita lewati adalah perkebunan warga dengan trek menanjak namun sudah di paving.

Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan, kita akan menemukan shelter (tempat istirahat) di samping gerbang Taman Nasional Gunung Merapi.

Beristirahatlah dahulu disini, karena trek yang akan kita lalui adalah jalur menanjak dan terjal hingga Pasar Bubrah, untuk sampai di pos 1 memakan waktu sekitar 1 jam dari shelter tadi, jalur tersebut masih berupa tanah yang licin, jadi kamu harus berhati hati.

Setelah sampai di pos 1 untuk menuju ke pos 2 kita akan melewati jalur terjal menanjak yang didominasi oleh bebatuan besar, banyak pendaki yang mengaku jika jalur inilah yang paling berat.

Sesampainya di pos 2 kita bisa mendirikan tenda, lokasi inilah yang paling aman untuk mendirikan tenda karena masih terdapat banyak pepohonan, namun untuk sampai ke puncak masih cukup jauh.

Setelah beberapa menit melewati pos 2 kita akan sampai di batas vegetasi, dimana sudah tidak terdapat lagi pepohonan, hanya ada bebatuan besar dan pasir, menandakan jika Pasar Bubrah sudah dekat, namun kamu harus berhati hati karena kabut sering turun disini yang menyebabkan jarak pandang sangat pendek.

Untuk sampai ke Pasar Bubrah memakan waktu sekitar 1 jam, jalur yang harus kita lewati adalah bebatuan dan kerikil yang sering membuat terpeleset, sesampainya di Pasar Bubrah kita akan melihat hamparan luas seperti lapangan yang hanya terdapat bebatuan kecil dan beberapa batu besar.

foto pasar bubrah gunung merapi 
pasar bubrah dengan background puncak merapi. foto ig : @maswahyutomo

Biasanya para pendaki mendirikan tenda di Pasar Bubrah, namun kita harus hati hati karena tidak ada penghalang angin seperti pepohonan, jadi cukup berbahaya jika terjadi badai, disini kita bisa melihat puncak Merapi yang menjulang tinggi.

Batas aman pendakian Gunung Merapi hanya sampai di Pasar Bubrah, jika pendaki ngeyel ingin menuju ke puncak, pihak Barameru tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu, sudah terdapat banyak papan peringatan yang terpampang di sekitar Pasar Bubrah.



Sekedar info jika kita melanjutkan sampai puncak

Pendakian menuju puncak dari Pasar Bubrah memakan waktu kurang lebih 1 jam, biasanya pendaki mulai naik pukul 4 pagi untuk melihat sunrise di puncak, jalur yang harus kita lalui tidaklah mudah, yaitu berupa pasir dan bebatuan yang sering jatuh, jadi kamu harus ekstra hati hati saat mendaki ke puncak.

Sesampainya di puncak kita akan disambut oleh kawah Merapi yang masih mengeluarkan gas belerang, puncak Garuda yang terkenal dulu, kini sudah tidak ada akibat erupsi Merapi tahun 2010, kini ketinggian Gunung Merapi hanya 2913 mdpl saja.

foto pemandangan di gunung merapi 
gaya dikit cekrek. foto ig : @banggdul



Estimasi waktu pendakian :
  • Basecamp – New Selo (15 menit)
  • New Selo – Gerbang TNGM (1 jam)
  • Gerbang TNGM – Pos 1 (1 jam)
  • Pos 1 – Pos 2 (1 jam)
  • Pos 2 – Pasar Bubrah (1 jam)
  • Pasar Bubrah – Puncak Merapi (1 jam)
  • Total : 5 jam 15 menit (tergantung kecepatan kita saat mendaki)



Pendakian Gunung Merapi via Sapuangin Klaten

Jalur pendakian Gunung Merapi via Sapuangin merpuakan jalur baru, banyak pendaki tidak merekomendasikan jalur Sapuangin karena berbagai alasan.

Ada yang bilang jalur ini cukup ekstrim, biaya retribusi yang mahal, lamanya waktu yang harus ditempuh dan berbagai alasan lainnya. Dikalangan pendaki, jalur Sapuangin terkenal dengan julukan jalur komersil karena biayanya yang cukup mahal yaitu sekitar Rp. 41.000.



Rute Menuju Basecamp Gunung Merapi via Sapuangin

Akses menuju Basecamp Sapuangin juga bisa dibilang susah susah gampang, untuk menuju kesini kamu harus menggunakan GPS karena tidak ada petunjuk arah dan banyak warga sekitar yang juga tidak tahu mengenai Basecamp Merapi via Sapuangin tersebut.

Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena tidak ada transportasi umum menuju Basecamp Sapuangin

Estimasi waktu pendakian :
Basecamp – Pos 1 (2 jam)
Pos 1 – Pos 2 (2 jam)
Pos 2 – camp yoyok – Pos 3 (2 jam)
Pos 3 – Pos 4 (2 jam)
Pos 4 – Pasar Bubrah (45 menit)
Pasar Bubrah – Puncak (1 jam)
Total : 9 Jam 45 menit (tergantung kecepatan kita saat mendaki)





Tips Saat Mendaki Gunung Merapi :

  • bawalah persediaan air minum yang cukup, karena tidak terdapat sumber air.
  • jalurnya berupa bebatuan besar dan terus menanjak hingga puncak, hanya ada sedikit bonus.
  • biasanya para pendaki mulai mendaki saat malam.
  • udara disini cukup dingin, jangan lupa membawa jaket tebal.
  • cuaca tidak bisa diperkirakan, jangan lupa membawa jas hujan.
  • dari gunung merapi kita bisa melihat gunung andong dan merbabu.
  • jika takut sendiri, kamu bisa menyewa porter.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar