Peraturan Tak Tertulis yang Harus Ditaati Semua Pendaki Gunung


Mendaki gunung memang kini sudah menjadi gaya hidup bagi kalangan anak muda, tak heran jika sekarang gunung-gunung di Indonesia sangat ramai oleh pendaki, terutama gunung dengan pemandangan indah seperti Merbabu, Rinjani dan Prau, tak terlepas juga gunung dengan jalur berat seperti Raung.


foto oro oro ombo gunung semeru
oro oro ombo gunung semeru. foto : pendakiindonesia



Namun, karena saking banyaknya orang yang ingin mendaki gunung, mereka terkadang lupa akan peraturan-peraturan yang berlaku ketika mendaki gunung, nah, bagi kamu yang lupa, dibawah ini adalah peraturan-peraturan tak tertulis yang seharusnya ditaati oleh setiap pendaki.


Membawa Turun Sampah

Peraturan pertama dan paling penting adalah membawa turun kembali sampah kita, ribuan pendaki setiap bulannya memadati gunung-gunung di Indonesia, bayangkan jika satu saja pendaki meninggalkan sampah bawaanya di gunung, setiap bulannya akan ada jutaan sampah yang terbengkalai di gunung, jika nantinya gunung penuh dengan sampah, tentunya kita juga yang akan rugi karena tidak bisa melihat keindahan dari gunung tersebut lagi.

Untuk itu, kita sebagai pendaki gunung harusnya menaati aturan ini, terutama bagi para pendaki pemula yang baru mengenal dunia pendakian, selalu membawa plastik sampah ketika mendaki agar nantinya tak perlu repot dalam membuang sampah, cukup masukkan ke plastik sampah lalu kita bawa turun dan buang di tempat sampah.


Etika Buang Air Besar

Bagi yang rutin membuang air besar setiap harinya, tentu akan sedikit repot ketika mendaki karena harus BAB setiap pagi, nah, tips dan peratuan tak tertulis untuk BAB di alam bebas adalah dengan mencari spot/lokasi tak terlihat (biasanya dibalik semak-semak) dan jauh dari jalur pendakian.

Sebelum memulai BAB, terlebih dahulu kita harus menggali lubang, jadi jangan asal jongkok dan BAB begitu saja, kamu bisa mengikuti gaya kucing ketika BAB, yaitu menggali lubang-BAB-tutup lubang, nah untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan air, tisu, batu atau daun.

baca juga : daftar gunung terindah di pulau Jawa


Jangan Memetik Bunga Edelweis

Inilah peraturan yang sering dilanggar oleh para pendaki, terutama pendaki pemula, bunga Edelweis atau biasa dikenal juga dengan sebutan Bunga Abadi merupakan bunga indah dan hanya tumbuh didataran tinggi lebih dari 2000Mdpl.

Bunga Edelweis sangat memikat hati para pendaki karena keindahannya dan juga bisa tahan bertahun tahun walaupun sudah dipetik dan tanpa diletakkan di air sekalipun, namun ternyata Bunga Edelweis merupakan salah satu bunga yang dilindungi, jadi kamu jangan pernah memetiknya ya.


Selalu Gunakan Peralatan Safety

Saking populernya pendakian gunung, sering kita temui pendaki yang mendaki gunung hanya dengan peralatan dan pakaian seadanya, bahkan tak jarang pula ada yang hanya menggunakan sandal jepit.

Padahal, untuk beraktivitas di alam tentunya kita perlu menjaga diri sebab tidak ada yang tidak mungkin di alam, misal dengan menggunakan sepatu/sandal gunung, jaket dan celana cepat kering, membawa peralatan P3K, kecerobohan para pendaki inilah yang terkadang menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri, jadi keep safety ya guys.


Vandalisme

Vandalisme atau mencoret-coret setiap benda yang ditemui merupakan sebuah kegiatan norak, vandalisme merupakan perilaku yang sangat mudah kita temui di setiap gunung, biasanya para pendaki norak tersebut mencoret-coret papan petunjuk, batu hingga pohon dengan apapun yang bisa digunakan untuk mencoret-coret mulai dari pensil, spidol hingga tipex.

Padahal kegiatan tersebut tidak keren sama sekali, malah akan membuat mereka terlihat seperti anak kecil yang baru belajar menulis, anak kecil akan kegirangan ketika melihat sebuah benda bersih dan langsung ingin mencoret-coretnya, bukankah begitu?

baca juga : daftar gunung ramah pendaki untuk pendaki pemula



Nah, itulah beberapa peratuan tak tertulis yang seharusnya diataati oleh para pendaki gunung, jika kamu memiliki info mengenai peraturan tak tertulis lainnya, yuk share di kolom komentar.

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »