Top 7 Gunung Dengan Jalur Terberat di Indonesia


Indonesia dengan banyaknya gunung yang tersebar di pulau-pulaunya tentu menjadi daya tarik tersendiri, gunung-gunung tersebut memiliki pemandangan dengan ciri khasnya masing-masing, mulai dari yang penuh pasir seperti gunung Merapi dan Semeru hingga padang savana rumput seperti Gunung Merbabu.

Namun, terlepas dari keindahan pemandangan diatas gunung, ternyata di Indonesia juga terdapat beberapa gunung yang terkenal dengan jalur pendakiannya yang sangat berat, bahkan beberapa gunung tersebut memiliki tinggi tak lebih dari 3000Mdpl lho, lalu gunung apa sajakah yang memiliki jalur ekstrim di Indonesia? Yuk kita simak.


Cartenz Pyramid



foto jalur puncak jaya wijaya papua
jalur terberat di Cartenz. foto : jonkkers


Nah, semua orang pasti tahu dengan gunung ini, Cartenz Pyramid atau Jaya Wijaya yang terletak di Papua merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian lebih dari 4000Mdpl, gunung Jaya Wijaya juga menjadi satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi di puncaknya.

Namun, untuk melihat keindahan salju di puncak Cartenz Pyramid tidaklah mudah, gunung ini memiliki jalur paling ekstrim di Indonesia sebab ketinggian dan faktor cuaca yang kerap menjadi kendala para pendaki, untuk mendaki di Cartenz Pyramid-pun tidak bisa sembarangan, butuh latihan khusus, biaya mahal dan pengalaman yang memadai untuk bisa mendaki di Puncak tertinggi Indonesia tersebut.


Bukit Raya



foto jalur pendakian gunung bukit raya
hutan lebat penuh lumut. foto : elvynababan 


Inilah gunung di Indonesia yang memiliki ketinggian 2278 Mdpl namun memilki jalur yang terbilang sangat berat, gunung Bukit Raya merupakan puncak tertinggi di pulau Kalimantan dan termasuk dalam Seven Summits Of Indonesia.

Gunung Bukit Raya memiliki karakteristik jalur pendakian hutan hujan tropis dengan rimbunnya pepohonan, semak-semak dan lumut yang kerap mempersulit para pendaki, selain itu terdapat juga aliran-aliran sungai kecil, dengan udara yang lembab tersebut menjadikan Gunung Bukit Raya sebagai lokasi favorit bagi pacet.


Binaiya



foto jalur pendakian gunung binaiya
menjelajah hutan gunung binaiya. foto : bhoomiindonesia


Gunung Binaiya merupakan puncak tertinggi di Maluku, gunung ini memiliki karakteristik hampir sama dengan gunung Bukit Raya, walaupun tak sepopuler gunung lainnya seperti Semeru dan Gunung Rinjani, tapi jangan salah, Gunung Binaiya menjadi tujuan para pendaki yang ingin menjajal semua trek di Seven Summit Of Indonesia.

Jalur pendakian Gunung Binaiya didominasi oleh pepohonan besar dengan lumut, selain itu kita akan dipaksa menyusuri sungai dan desa untuk sampai di puncaknya, bukan hanya itu saja, biaya untuk mendaki di Gunung Binaiya juga terbilang cukup mahal, jadi siapkan tabunganmu sebelum ingin mendaki di gunung tertinggi di Maluku tersebut.


Latimojong



foto gunung latimojong
tapi pemandangannya keren lho. foto : mikhwann


Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.450 Mdpl, puncak gunung Latimojong bernama Rante Mario, jalur di Gunung Latimojong ini terbilang cukup sulit karena kita akan melewati bebatuan besar dengan sudut kemiringan hampir 70 derajat.


Leuser



foto jalur pendakian gunung leuser aceh
hati hati sama lintah ya. foto : www.mongabay.co.id


Gunung Leuser terletak di Aceh, karakteristik dari jalur pendakian Gunung Leuser hampir sama dengan Gunung Binaiya dan Gunung Bukit Raya, namun bukan tentang jalur pendakiannya yang ditakuti, melainkan hewan-hewan buas yang masih cukup banyak ditemui.


Raung



foto jalur pendakian gunung raung
saat hidup bergantung pada seutas tali. foto : iqbalte


Gunung Raung terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, walaupun tidak terlalu tinggi bahkan masih kalah tinggi dengan Gunung Sumbing di Jawa Tengah, namun Gunung Raung menawarkan jalur pendakian yang sangat ekstrim lho.

Untuk sampai di Puncak Sejati, yaitu puncak tertinggi di Gunung Raung kita akan bergantung pada sutas tali karena untuk melewati jalur tersebut kita membutuhkan peralatan panjat tebing dengan jurang dalam disamping jalurnya, berani mencoba?


Arjuno



foto alas lali jiwo gunung arjuno jawa timur
alas lali jiwo gunung arjuno. foto : mahardika


Gunung Arjuno terletak di Jawa Timur, gunung ini juga terbilang tidak terlalu tinggi, tapi kita tidak boleh meremehkan jalur pendakian di Gunung Arjuno ini, tepatnya via Lawang, terdapat sebuah hutan yang dijuluki Alas Lali Jiwo atau dalam bahasa Indonesia berarti Hutan Lupa Jiwa.

Kerap kejadian janggal menimpa pendaki yang memiliki sifat atau tujuan buruk, biasanya pendaki tersebut akan kebingungan ketika sudah memasuki kawasan Alas Lali Jiwo tersebut, maka dari itu jika kamu ingin mendaki di Gunung Arjuno, pastikan tujuanmu baik ya.



Nah, itulah daftar gunung-gunung di Indonesia yang memiliki jalur pendakian terberat, dari daftar diatas mana menurutmu yang paling berat dan berkesan bagimu?

Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »