Pantai Lampon, Pantai Kecil nan Romantis di Kebumen


Kebumen memang memiliki deretan pantai indah dan populer, tapi pantai-pantai tersebut tentunya cukup ramai oleh wisatawan. Nah, bagi kamu yang sedang mencari alternatif wisata pantai cantik di Kebumen, ada satu pantai yang cukup menarik untuk kita kunjungi.

foto pasangan romantis di pantai
panggok mesra, ajak pasanganmu kesini! foto : mifda_10


Namanya Pantai Lampon, pantai ini cukup tersembunyi karena berada diantara tebing-tebing besar, walaupun begitu, pantai yang terletak di Kecamatan Ayah ini memiliki pemandangan yang cukup indah lho.


Apa yang Menarik di Pantai Lampon Kebumen ?

Pantai Lampon memiliki karakteristik pantai kecil seperti teluk yang dikelilingi perbukitan karst, garis pantai disini memang tidak terlalu panjang, namun justru hal inilah yang menjadi daya tarik dari objek wisata Pantai Lampon.

foto pantai lampon dari atas bukit
perbukitan di sekitar pantai lampon. foto : yuta_nugroho

Pantai Lampon memiliki pasir coklat kehitaman mirip dengan Pantai Menganti, dengan air laut berwarna biru kehijauan, pantai yang memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 100 meter ini menawarkan pemandangan dan suasana yang masih alami lho guys.

Di kawasan Pantai Lampon kita bisa menemukan banyak sekali pohon kelapa dan pepohonan lain yang tersusun rapi dari bawah bukit hingga puncaknya, menjadikan pemandangan di pantai ini kian cantik. Ombak di Pantai Lampon juga terbilang tidak terlalu besar karena sudah terpecah oleh karang-karang di tengah pantai, jadi sangat cocok untuk berenang.

Pantai Lampon ibarat “surga baru” di Kebumen yang mendadak populer setelah munculnya foto-foto keren dari objek wisata ini di sosial media. Selain itu lokasinya yang berada di sebelah Pantai Pasir juga menjadikannya cepat populer.

Nah, ketika kamu berkunjung ke tempat wisata Kebumen satu ini, setelah puas atau sebelum bermain air di pinggir pantai, cobalah naik diatas perbukitan sebelah pantai, dari puncak bukit tersebut kita bisa melihat indahnya alam sekitar Pantai Lampon dari ketinggian.

Selain itu, bagi kamu yang sedang mencari wisata romantis di Kebumen, Pantai Lampon bisa menjadi salah satu tempat tujuanmu. Namun, sebelum bisa sampai di bibir pantai, kita harus mendaki dan menuruni bukit terlebih dahulu dengan waktu kurang lebih 15 menit.

Sebenarnya terdapat dua pilihan jalur, pertama dengan menuruni tebing secara langsung (jalur utama), sedangkan jalur kedua dengan memutari tebing terlebih dahulu, jika kita memilih jalur kedua maka akan cukup lama daripada jalur pertama, tapi di jalur kedua ini kita juga bisa melihat pemandangan Pantai Pasir dari atas tebing.

foto sunrise di pantai lampon
sunrise di pantai lampon. foto : robbyywardana

Karena semakin populernya tempat wisata Pantai Lampon, kini sudah dibangun beberapa fasilitas penunjang sebagai spot berfoto bagi wisatawan, beberapa spot foto tersebut memiliki nama yang cukup unik, seperti :

  1. Selayang Pandang
  2. Gembok Cinta
  3. Panggok Mesra
  4. Dan jembatan berbentuk LOVE.

Biasanya wisatawan datang ketika sore hari, sebab selain sinar matahari yang sudah tidak terlalu terik, pemandangan senja di Pantai Lampon juga cukup indah, saat itu kita bisa melihat matahari tenggelam dibalik perbukitan karst sekitar pantai.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Pantai Lampon ?

foto jembatan cinta pantai lampon
jembatan cinta. foto : herbanuu

Fasilitas :
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Spot Foto
  • Area Camp


Harga Tiket Masuk Pantai Lampon :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
24 Jam

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di kawasan wisata ini, sebagai gantinya kamu bisa berkemah disekitar pantai.

Lokasi : 

  • Alamat ; Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
  • 36 Km dari pusat Kabupaten Kebumen melalui Jl. Puring-Pertanahan (1 jam 9 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)

foto pantai lampon
pemandangan dari atas tebing. foto : rahmanrst


Rute Menuju Pantai Lampon

Akses menuju Pantai Lampon bisa dibilang susah-susah gampang, dari pusat Kota Kebumen kita tinggal mengikuti rute menuju Pantai Karangbolong dan Pantai Ayah saja (Jalan Pantai Suwuk-Menganti), setelah melewati Pantai Karangbolong kita akan menemukan pertigaan yang terdapat Masjid di pinggir jalannya.

Di pertigaan tersebut terdapat papan petunjuk jalan menuju ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Pantai Pasir, ikutilah petunjuk tersebut hingga kamu sampai di TPI Pantai Pasir. Kamu bisa menitipkan kendaraan di area TPI dan melanjutkan perjalanan menuju Pantai Lampon dengan berjalan kaki.


Tips Berlibur ke Pantai Lampon Kebumen :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Lampon adalah di hari biasa (senin-jumat), karena walaupun masih kurang populer, tapi ketika weekend tempat wisata ini cukup ramai oleh pengunjung.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Sangat cocok sebagai tempat wisata alternatif di Kebumen.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman ya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lokasi ini juga sangat cocok untuk menghabiskan senja dan menanti terbitnya matahari.



Lihat peta cara menuju pantai lampon



Wisata Terdekat Dari Pantai Lampon :

Pantai Pasir (2 menit)
pantai yang cukup populer di Kebumen, selain itu lokasi ini juga menjadi TPI, sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ikan segar.

Tanjung Karang Penganten (3 menit)
sebuah tebing dengan pemandangan lautan luas, sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta petualangan.

Pantai Watu Bale (6 menit)
pantai unik di Kebumen dengan berbagai fasilitas spot foto keren mirip dengan Pantai Lampon, salah satunya adalah Tebing Titanic.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »