Top 11 Tempat Wisata Keren di Kebumen


Kebumen, sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang sering luput dari bidikan para wisatawan, padahal Kabupaten satu ini memiliki banyak sekali tempat wisata keren mulai dari pantai, goa hingga benteng peninggalan Belanda.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata keren di Kebumen, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di Kebumen yang sangat sayang jika untuk dilewatkan ketika berkunjung ke Kebumen, yuk kita simak!


Wisata Kebumen, Pantai Ayah

foto pantai ayah kebumen
pemandangan di pantai logending. foto : najatulwan

Tempat wisata di Kebumen pertama adalah Pantai Ayah, Pantai Ayah atau juga dikenal dengan nama pantai Logending merupakan salah satu pantai populer di Kebumen, pantai Ayah memiliki pasir berwarna hitam dengan ombak yang cukup besar karena merupakan salah satu pantai di laut selatan.

Hampir sama dengan kebanyakan pantai selatan lainnya, pantai Ayah juga dikelilingi oleh tebing-tebing karst yang menjulang tinggi, bisa dibilang Pantai Ayah merupakan salah satu pantai terlengkap di Kebumen, karena kita bisa melakukan banyak sekali aktivitas seru di objek wisata ini.

Lokasi : Pantai Logending, Argopeni, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Wisata Kebumen, Pantai Lampon

pantai lampon desa pasir
pemandangan dari atas tebing.


Inilah salah satu pantai romantis di Kebumen, Pantai Lampon merupakan sebuah pantai kecil yang terletak bersebelahan dengan Pantai Pasir.

Pantai Lampon memiliki karakteristik hampir sama dengan Pantai Menganti, hanya saja lebih kecil. Kelebihan Pantai Lampon adalah terdapatnya banyak spot foto kece di kawasan pantai, mulai dari jembatan berbentuk LOVE, gembok cinta hingga Pangguk Asmara.

Lokasi : Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.



Wisata Kebumen, Pantai Karang Bolong


foto pantai karang bolong kebumen
pantai karang bolong dari atas tebing. foto : unicitraaa

Wisata di Kebumen selanjutnya adalah Pantai Karang Bolong, sesuai namanya, di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang berlubang (bolong), pantai Karang Bolong menjadi destinasi favorit wisatawan terutama yang menyukai fotografi alam, pemandangan di pantai Karang Bolong sangat indah dengan formasi bebatuan karang yang mengelilinginya.

Ombak di pantai ini cukup besar dan langsung menghantam batuan karang, jadi lebih baik kamu tidak mandi ya, pun jika kamu ingin bermain air kamu harus tetap hati-hati, pantai Karang Bolong sangat cocok digunakan untuk bersantai di siang hari dengan suasana yang nyaman dan angin sepoi-sepoi yang akan menemani kita.

Lokasi : Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kebumen, Jawa Tengah.


Wisata Kebumen, Pantai Karang Agung


foto sunset di pantai karang agung
senja di pantai karang agung. foto : adirahmat_


Ini dia salah satu pantai unik di Kebumen, berbeda dengan kebanyakan pantai di Kebumen, pantai Karang Agung menawarkan pemandangan bebatuan karang yang menjulang tinggi dimana ombak laut selatan langsung menghantam batuan karang tersebut.

Pantai yang dikeramatkan oleh warga setempat ini memang tersembunyi di balik deretan perbukitan karst Gombong Selatan, jadi tidak semua wisatawan tahu mengenai lokasi objek wisata Kebumen satu ini. Walaupun begitu, ternyata pemandangan di pantai Karang Agung cukup indah lho.

Lokasi : Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.



Wisata Kebumen, Pantai Menganti


foto pemandangan pantai menganti kebumen
pemandangan dari atas tebing. foto : oxthaa


Ini dia ikon wisata di Kebumen, Pantai Menganti merupakan pantai paling populer di Kebumen, jika membahas mengenai tempat wisata di Kebumen pasti tak akan lepas dengan pantai Menganti.

Pantai Menganti memiliki karakteristik pasir hitam dengan dikelilingi oleh perbukitan karst, cobalah naik ke atas bukit disebelah pantai, dari situ kamu bisa melihat indahnya Pantai Menganti dari ketinggian.

Lokasi : Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.




Wisata Kebumen, Goa Barat


foto pemandangan goa barat kebumen
ada air terjun kecilnya. foto : iansaputra857


Masih dengan wisata alam, Kebumen tak hanya memiliki wisata pantai saja, melainkan terdapat juga wisata goa, salah satunya adalah Goa Barat yang terletak di kawasan Karst Gombong Selatan. Goa Barat menawarkan wisata menuju perut bumi yang akan memacu adrenalinmu, uniknya didalam goa tersebut terdapat sebuah air terjun mini yang terlihat sangat mempesona.

Lokasi : Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.



Wisata Kebumen, Goa Jatijajar


foto pemandangan goa jatijajar kebumen
mirip di goa gong ya. foto : itawarianir


Goa Jatijajar merupakan salah satu goa paling terkenal di Kebumen, Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter. Di Goa Jatijajar kita akan di suguhi macam-macam diorama yang menceritakan sejarah awal mula nama goa ini.

Goa Jatijajar merupakan goa yang terbentuk dari bebatuan kapur, Goa Jatijajar juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, jadi sangat membantu wisatawan yang ingin berkunjung kesini, untuk memasukinya juga tidak perlu repot-repot seperti di Goa Barat.

Lokasi : Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah.

baca juga : Goa Gong, Goa terindah di Jawa Tengah




Wisata Kebumen, Curug Silancur


foto pemandangan curug silancur kebumen
yuk basah basahan. foto : ditarestuanggraeni


Setelah wisata goa, kita beralih ke wisata air terjun, di Kebumen terdapat sebuah air terjun keren bernama Curug Silancur, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup deras.

Aliran air di Curug Silanjur langsung jatuh ke bebatuan dibawahnya jadi tidak membentuk kolam seperti air terjun pada umumnya, namun pemandangan di Curug Silancur tak kalah indah kok, ditambah dengan suasananya yang masih cukup alami, sangat cocok sebagai tempat pelarian dari keramaian di kota.

Lokasi : Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah.


Wisata Kebumen, Benteng Van Der Wijck



foto suasana di benteng van der wijck kebumen

benteng van der wijck. foto : desiitiyo


Pernah nonton film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ? di Kebumen ternyata terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda bernama benteng Van Der Wijck lho, nama Van Der Wijck diambil dari nama komandan di benteng tersebut pada zaman dahulu.

Kini, sebagian komplek benteng dijadikan sebagai Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Sementara bagian lainnya dimanfaatkan sebagai obyek wisata, lengkap dengan taman bermain dan kereta mini.

Jika kamu pernah menonton film The Raid 2 : Berandal, pasti kamu tidak asing dengan benteng ini karena disinilah lokasi syuting tawuran dilakukan.

Lokasi : Kecamatan Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.






Wisata Kebumen, Jembangan


foto restoran apung jembangan kebumen
restoran apung jembangan. foto : c.h.j_


Mencari spot foto keren di Kebumen ? yuk ke Jembangan aja, Jembangan merupakan sebuah tempat wisata alam dan restoran terapung yang memiliki pemandangan alam tak kalah dengan luar negeri.

Selain memiliki pemandangan indah, Jembangan juga didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap, salah satunya kita bisa berkeliling danau menggunakan perahu.

Tak hanya itu saja, di Jembangan juga terdapat sebuah kebun binatang mini lho, jadi sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga di akhir pekan. Sekedar tips, datanglah di pagi hari agar kamu lebih puas berlama-lama disini.

Lokasi : Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kebumen, Jawa Tengah.



Wisata Kebumen, Bukit Pentulu Indah


foto bukit pentulu indah
indah ya. foto : andrapn


Tempat wisata di Kebumen lainnya yang tak kalah keren adalah Bukit PI, Bukit Pentulu Indah atau sering disingkat Bukit PI merupakan sebuah wisata alam yang menawarkan landscape alam Kebumen yang sangat indah, di puncak bukit juga terdapat sebuah gardu pandang seperti di Kalibiru, Yogyakarta yang bisa kita gunakan sebagai lokasi foto.

Bukit Pentulu Indah selalu menjadi destinasi favorit di akhir pekan terutama bagi kalangan muda, selain itu luasnya dataran di bukit menjadikan kita bisa mendirikan tenda di area tersebut, jadi jika kamu ingin berkemah tidak perlu kawatir mencari tempat lagi.

Lokai : Desa Hepii, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

baca juga : bukit Pentulu Indah, spot keren untuk melihat keindahan alam Kebumen



Nah, itulah daftar tempat wisata keren yang ada di Kebumen, dari daftar tempat wisata diatas, mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi ?


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »