Air Terjun Kembang Soka, Salah Satu Air Terjun Terindah di Kulon Progo, Jogja


Mungkin kamu sudah tidak asing dengan Kalibiru, sebuah ikon wisata Kabupaten Kulon Progo, Jogja yang sudah sangat populer dikalangan para traveler. Namun, Kulon Progo tak hanya memiliki Kalibiru saja.

air terjun kembang soka
keren banget ini. foto : rizkigaluhway

Di Kabupaten ini masih terdapat banyak sekali tempat wisata alam keren yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Air Terjun Kembang Soka.


Apa yang Menarik di Air Terjun Kembang Soka ?

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun terindah di Kulon Progo, banyak wisatawan yang mengatakan jika Air Terjun Kembang Soka juga menjadi salah satu air terjun unik di Jogja karena memiliki dua warna air.

air terjun kembang soka kulon progo
aliran airnya deres banget. foto : angkybinar

Sebenarnya Air Terjun Kembang Soka hanya memiliki satu warna air saja, yaitu putih jernih, namun jika kita lihat sekilas aliran air di objek wisata ini terlihat berwarna hijau tosca, karena itu tak jarang wisatawan menyebutnya dengan nama Air Terjun Dua Warna.

Karakteristik Air Terjun Kembang Soka adalah aliran airnya yang cukup jernih yang mengalir di bebatuan berwarna kuning, kealamian dari objek wisata Jogja satu ini bisa dibilang sangat terjaga, hal ini terbukti dengan masih banyaknya pepohonan disekitar kawasan air terjun yang membuat suasana kian asri.

Bentuk dari Air Terjun Kembang Soka hampir mirip dengan Air Terjun Kedung Kandang, yaitu bertingkat-tingkat dengan sebuah kolam berukuran sedang disetiap tingkatnya.

Di kawasan Air Terjun Kembang Soka sendiri sebenarnya terdapat tiga sumber mata air, yakni mata air Kembang Soka atau Toyotombo, mata air Tuk Jaran atau sumber rezeki, dan mata air Kalimiri. Ketiga mata air ini menjadi air terjun kecil sebelum akhirnya bertemu di sumber utama. 

Masing-masing air terjun memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter, 15 meter, dan 30 meter. Sementara air terjun utama dari pertemuan tiga mata air tersebut mencapai sekitar 40 meter.

Dinamakan Air Terjun Kembang Soka karena di kawasan wisata ini terdapat banyak tumbuhan Kembang Soka, jadi agar lebih mudah diingat, masyarakat setempat menyebutnya Air Terjun Kembang Soka.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang terlihat masih sangat alami, kita juga akan melewati beberapa jembatan bambu yang mengubungkan setiap bagian di kawasan Air Terjun Kembang Soka.

Sesampainya di lokasi kita akan melihat sebuah kolam yang cukup besar, kolam ini biasa digunakan wisatawan untuk mandi, ketika musim kemarau air kolam akan sangat jernih, dan ketika musim hujan akan sedikit keruh tapi masih dalam batas wajar.

Jadi, jika kamu mencari sebuah tempat wisata di Kulon Progo yang masih “terasa” sangat alami, Air Terjun Kembang Soka bisa menjadi salah satu pilihanmu. Setiap harinya tak sedikit wisatawan yang datang kesini untuk berlibur bersama teman ataupun keluarga, wisatawan yang datangpun didominasi oleh kalangan anak muda.

baca juga : Hutan Mangrove Api-Api, Spot kece untuk selfie di Kulon Progo

air terjun kembang soka jogja
kolam di area air terjun. foto : wahyu_sbp


Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Homestay
  • Tempat Parkir
  • Kamar Ganti/Toilet
  • Dan masih banyak lainnya.


Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
Setiap Hari, mulai pagi hingga petang.

Akomodasi (Penginapan)
Untuk penginapan, sudah terdapat beberapa homestay disekitar tempat wisata Air Terjun Kembang Soka dengan harga yang relatif terjangkau.



Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Gunung Kelir, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jogja.
  • 33 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Nanggulan - Giri Mulyo (1 jam 12 menit)
  • 45 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Godean (1 jam 22 menit)
  • 37 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Godean dan Jl. Nanggulan - Giri Mulyo (1 jam 18 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Akses menuju Air Terjun Kembang Soka bisa dibilang susah-susah gampang, kamu bisa mengikuti rute dari Tugu Jogja ke arah barat - Jl. Kyai Mojo - perempatan Demak Ijo Ring Road Barat - Jl. Godean - Pasar Godean - perempatan Nanggulan - Pasar Kenteng - Kecamatan Girimulyo - Pasar Jonggrangan - pertigaan Goa Kiskendo ambil kiri - Dusun Banyunganti - Dusun Gunung Kelir - Air Terjun Kembang Soka.

pemandangan indah di air terjun kembang soka
cantik ya. foto : shagyto



Tips Berlibur ke Air Terjun Kembang Soka Jogja :

  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka adalah di hari biasa (senin-jumat) pada saat pagi hari.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor dan jangan lupa bawa baju ganti untuk berjaga jaga.
  • Datanglah di musim kemarau, karena saat musim hujan jalan menuju lokasi biasanya cukup becek.



Lihat peta cara menuju ke air terjun kembang soka



Wisata Terdekat Dari Air Terjun Kembang Soka :

Air Terjun Kedung Pedut (5 menit)
Air terjun Kedung Pedut terletak tak jauh dari lokasi Air Terjun Kembang Soka, selain itu kedua tempat wisata ini juga berada di satu aliran sungai yang sama, jadi tak heran jika Air Terjun Kedung Pedut memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda dengan Air Terjun Kembang Soka, hanya saja Air Terjun Kedung Pedut lebih populer daripada Air Terjun Kembang Soka.

Taman Sungai Mudal (3 menit)
Sama halnya dengan Air Terjun Kedung Pedut, Taman Sungai Mudal masih satu aliran sungai dengan kedua tempat wisata tadi, Taman Sungai Mudal berada di bagian paling atas dari Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut, pemandangan yang ditawarkan oleh Taman Sungai Mudal juga tak kalah dari kedua tempat wisat tersebut.

Goa Kiskendo (9 menit)
Goa Kiskendo merupakan salah satu goa paling populer di Kulon Progo, didalam goa ini kita dapat melihat relief cerita perwayangan, ketika menyusuri Goa Kiskendo, kita akan disuguhkan dengan cantiknya bebatuan stalagnit dan stalagmit didalam goa.

Curug Grojogan Sewu (9 menit)
Air terjun atau curug Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun di Kulon Progo yang sangat cepat menarik hati wisatawan, walaupun tidak terlalu tinggi dan terbilang kecil, namun pemandangan yang ditawarkan memang cukup indah.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »