Pantai Batu Bengkung, Pantai Indah Untuk Melihat Sunset di Malang


Malang memang memiliki banyak pantai dengan pemandangan indah, mulai dari pantai populer seperti Pantai Tiga Warna dan Pantai Balekambang hingga deretan pantai yang belum banyak diketahui orang.

pantai batu bengkung
keren ya. foto : yeyense

Berbicara mengenai pantai kurang populer di Malang, terdapat sebuah pantai yang cukup memikat hati wisatawan bernama Pantai Batu Bengkung. Masih asing dengan namanya kan?



Apa yang Menarik di Pantai Batu Bengkung Malang ?

Dinamakan Pantai Batu Bengkung karena bentuk dari pantai ini melengkung dengan diapit oleh dua tebing besar disebelahnya. Objek wisata Malang satu ini terkenal memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona, terutama di saat senja.

foto romantis di pantai batu bengkung malang
pemandangan saat surut. foto : iisrasyidi

Karakteristik Pantai Batu Bengkung Malang adalah bentuknya yang melengkung dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang, Pantai Batu Bengkung langsung mengarah ke Samudera Hindia yang terkenal memiliki ombak cukup besar, oleh sebab itu tidak direkomendasikan untuk berenang disini.

Ombak yang datang akan langsung dipecah oleh deretan bebatuan karang di bibir pantai, jadi sebenarnya kita masih bisa berenang di Pantai Batu Bengkung saat air laut sedang pasang. Uniknya, bebatuan karang di bibir pantai kerap membentuk sebuah kolam alami layaknya di Pantai Wediombo, Jogja.

Lokasinya yang tepat mengarah ke barat membuat Pantai Batu Bengkung menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset di Malang, ketika senja tiba, terutama saat cuaca cerah kita dapat melihat indahnya matahari terbenam dari pinggir pantai.

Tidak sampai disitu saja, cobalah naik di bukit sebelah pantai, dari atas bukit kita bisa melihat pemandangan sekitar Pantai Batu Bekung yang terlihat sangat mempesona, namun untuk dapat sampai di puncak bukit kita harus rela bersusah-susah melewati trek yang cukup menguras tenaga, jadi siapkan fisikmu terlebih dahulu ya.

Selain itu Pantai Batu Bengkung juga bisa menjadi salah satu tempat wisata alternatif untuk camping di pantai lho, tak jarang wisatawan datang ketika sore atau malam hari yang memang mereka bertujuan untuk camping disini.

baca juga : daftar air terjun terindah di Malang, mana favoritmu?


sunset di pantai batu bengkung malang
sunset di pantai batu bengkung. foto : http://anomharya.com/




Fasilitas :
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Dan masih banyak lainnya.



Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bengkung :
Rp. 5.000/orang

Menginap :
Rp. 10.000

Jam Buka : 
24 jam

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di sekitar tempat wisata Pantai Batu Bengkung, sebagai alternatifnya kamu bisa berkemah di pantai, selain lebih murah juga lebih menyenangkan karena kita dapat lebih dekat dengan alam.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • 64 Km dari pusat Kota Malang melalui Jl. Kolonel Sugiono (2 jam 8 menit)
  • 46 Km dari Stasiun Kanjuruan Malang melalui Jl. Nasional III (1 jam 28 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Batu Bengkung Malang

Bisa dibilang akses menuju Pantai Batu Bengkung ini cukup mudah, dari pusat Kota Malang kamu tinggal menuju kearah Pantai Sendang Biru saja dengan melalui Jalur Lintas Pantai Selatan. Dari Pantai Sendang Biru dilanjutkan menuju kearah Pantai Goa Cina.

Dari Pantai Goa Cina kita harus menuju kearah barat dengan mengambil arah ke Bajulmati. Sekitar 2 km dari Pantai Goa Cina kita akan melihat petunjuk Pantai Batu Bengkung, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut.

pantai batu bengkung malang
pemandangan menuju puncak bukit. foto : prasetyazf



Tips Berlibur ke Pantai Batu Bengkung Malang :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Pantai Batu Bengkung adalah di hari biasa, tepatnya ketika sore, saat itu kita bisa melihat indahnya sunset di tempat wisata Malang ini.
  • Sudah terdapat banyak petunjuk jalan menuju ke lokasi wisata, tapi jika kamu kurang yakin bisa bertanya ke masyarakat sekitar.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor, terutama jika kamu ingin mendaki di bukit sebelah pantai.
  • Tempat wisata ini juga bisa menjadi alternatif camping seru di Malang.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kelestarian alam di pantai ini.




Lihat peta cara menuju ke pantai batu bekung



Wisata Terdekat Dari Pantai Batu Bengkung :

Pantai Goa Cina (14 menit)
Pantai Goa Cina merupakan sebuah pantai indah di Malang yang terkenal memiliki pemandangan sunrise mempesona, selain itu Pantai Goa Cina juga mempunyai pasir putih yang nampak cantik.

Pantai Watu Lepek (2 menit)
Pantai Watu Lepek terletak tepat di sebelah Pantai Batu Bengkung, jadi kedua pantai ini memiliki karakteristik yang hampir sama, hanya saja Pantai Watu Lepek lebih sepi dibandingkan dengan Pantai Batu Bengkung.

Pantai Wedi Klopo (2 menit)
Pantai Wedi Koplo memang masih kurang populer dikalangan wisatawan, jadi bagi kamu yang ingin mencari pantai sepi di Malang, Pantai Wedi Koplo bisa menjadi pilihan alternatifmu.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »