Skip to main content

Pantai Wediombo, Salah Satu Pantai Terlengkap dan Indah di Jogja

Menurut kamu dimana lokasi terbaik untuk surfing di pulau Jawa? Bagi para pecinta surfing pasti akan menjawab Pantai G-Land di Banyuwangi.

Ya pantai tersebut memang memiliki ombak terbaik di pulau Jawa, tapi tentunya bagi masyarakat Jawa Tengah dan Jogja lokasi Pantai G-Land terlalu jauh untuk dijangkau.

foto laguna di pantai wediombo jogja
laguna di pantai wediombo. foto : @hakim_abdur

Nah, tenang, terdapat pantai alternatif di Jogja yang juga memiliki ombak tak kalah kerennya dari Pantai G-Land lho, yaitu Pantai Wediombo di Gunung Kidul, berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul, karakteristik dari Pantai Wediombo lebih mirip dengan pantai di Bali.



Apa yang Menarik di Pantai Wediombo?

Banyak yang mengatakan jika ombak di Pantai Wediombo merupakan ombak terbaik di Jogja, di Gunung Kidul sendiri terdapat beberapa pantai keren yang bisa kita gunakan untuk surfing, selain Pantai Wediombo masih terdapat Pantai Krakal yang juga tak kalah menarik untuk kita coba.

pantai wediombo jogja
pemandangan di pinggir pantai wediombo. foto : @inifahmee

Bisa dibilang Pantai Wediombo merupakan pantai yang cukup lengkap di Gunung Kidul, karakateristik Pantai Wediombo sedikit berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul.

Dimana biasanya pantai dihiasi oleh hamparan pasir putih yang luas, Pantai Wediombo malah dihiasi oleh bebatuan di pinggir pantainya.

Bentuk dari Pantai Wediombo layaknya sebuah teluk yang menjadikan ombak disini cukup stabil, Pantai Wediombo juga dikelilingi oleh bukit bukit karst yang menjadi ciri khas pantai selatan.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan disini, mulai dari surfing, snorkeling, memancing hingga hunting foto keren.

Nah, bagi kamu yang tidak bisa surfing, bisa mencoba untuk snorkeling, dikawasan Pantai Wediombo terdapat dua spot snorkeling populer, yang pertama terletak didekat pantai dan bisa kita tempuh dengan berjalan kaki.

Sedangkan yang kedua terletak dibelakang ombak atau tak jauh dari tengah laut, untuk menuju ke spot kedua kita harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Tak hanya itu saja, selain surfing dan snorkeling ada kegiatan keren lainnya yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pantai Wediombo, yaitu melihat sunset.

sunset di pantai wediombo
sunset di pantai wediombo. foto : @arisandy24

Berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunung Kidul yang menghadap ke selatan, Pantai Wediombo sedikit condong ke barat.

Pada bulan tertentu kita bisa melihat matahari tenggelam tepat di garis horizon laut yang menjadikan pemandangan sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, sambil menunggu momen sunset kamu bisa menghabiskan waktu dengan memancing.

Pantai Wediombo tak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, melainkan juga menjadi habitat ikan yang sangat cocok bagi kamu pecinta mancing.

Ombak di Pantai Wediombo terbilang cukup besar, jadi sangat berbahaya untuk anak-anak, sebagai alternatifnya terdapat kolam-kolam alami di pinggir pantai yang terbentuk dari bebatuan, kolam alami ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Wediombo.

Selain itu kolam alami tersebut juga dijadikan lokasi berenang favorit oleh wisatawan yang takut untuk berenang ketengah.

Setiap tahunnya lokasi wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul juga dijadikan sebagai tempat Upacara Ngalagi, yaitu upacara adat masyarakat setempat sebagai tanda syukur atas hasil panen ikan yang melimpah.

Selain melarung sesaji ke laut, dalam ritual Ngalangi ini juga ada aktivitas menangkap ikan menggunakan gawar (jaring dari pohon wawar). Ikan-ikan tersebut kemudian akan dimasak dan dimakan bersama pada acara kenduri besar.



foto sunset di pantai wediombo gunung kidul jogja
sunset di pantai wediombo. foto : @wahyu_sbp


Fasilitas :

  • Toilet
  • Gazebo
  • Warung 
  • Sewa Motor Trail
  • Sewa Tenda
  • Sewa Peralatan Snorkeling
  • Parkir
  • Dan masih banyak lagi.




Harga Tiket Masuk :
  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Parkir motor Rp 2.000: menginap Rp 4.000
  • Parkir mobil Rp 5.000: menginap Rp 10.000
  • Surfing: Rp 100.000 (surf board, pemandu, foto)
  • Snorkeling: Rp 30.000 (lokasi di area pantai), Rp 80.000 (lokasi ke tengah laut dan harus naik kapal. Minimal 6 orang).
  • Sewa motor trail: Rp 100.000
  • Sewa surfboard: Rp 50.000
  • Sewa body boot: Rp 20.000
  • Sewa payung: Rp 15.000
  • Sewa tenda kapasitar 4 orang: Rp 35.000


Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, disekitar kawasan wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul belum terdapat hotel, sebagai gantinya kamu bisa menginap dikawasan Pantai Indrayanti, atau bisa juga mendirkan tenda di pinggi pantai.





Lokasi :

  • Alamat ; Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 73 Km dari pusat Kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 6 menit)
  • 35 Km dari pusat kota Wonosari melalui Jl. Nasional III (1 jam 1 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Wediombo Gunung Kidul

Nah, akses menuju Pantai Wediombo Gunung Kidul ini terbilang cukup mudah, dari pusat kota Jogja kamu tinggal menuju kearah Wonosari (pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya) saja.

Dari kota Wonosari perjalanan di lanjutkan ke arah timur melewati Pasar Wonosari lalu terdapat Pertigaan setelah pasar ambil kanan menuju jalur Pantai Baron.

Setelah 10 km dari pertigaan tadi akan terdapat pertigaan lagi yang menunjukkan arah Pantai Wediombo dan Pantai Indrayanti.

Nah, ikuti saja petunjuk tersebut hingga sampai di Pasar Jepitu, sesampainya di Pasar Jepitu terdapat pertigaan lagi, silahkan ambil arah kekanan hingga kamu sampai di lokasi parkir Pantai Wediombo.





Tips Berlibur ke Pantai Wediombo Gunung Kidul

  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor karena jalan menuju ke lokasi wisata terbilang cukup sempit.
  • Untuk kamu yang ingin melihat indahnya Sunset di Pantai Wediombo, datanglah pada bulan November-Mei, karena saat itu matahari lebih condong ke selatan, jadi kita bisa melihat matahari tenggelam dilaut.
  • Bagi yang ingin surfing atau snorkeling namun tidak mempunyai peralatannya, tenang, di Pantai Wediombo sudah terdapat banyak tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun surfing.
  • Jika kamu tidak ingin menginap, disarankan untuk pulang tidak terlalu malam, karena jalan menuju Pantai Wediombo cukup sepi.





Lihat peta cara menuju ke pantai wediombo gunung kidul




Wisata Terdekat Dari Pantai Wediombo Gunung Kidul (-1 Jam):

Pantai Siung (13 menit)
Pantai Siung merupakan salah satu dari deretan pantai di Gunung Kidul, Pantai Siung memang masih kalah populer dengan pantai-pantai lainnya, padahal pemandangan di Pantai Siung tak kalah indah lho.

Pantai Nglambor (13 menit)
Pantai Nglambor adalah pantai paling terkenal untuk snorkeling di Jogja, bagi kamu pecinta snorkeling, maka kamu harus berkunjung ke Pantai Nglambor.

Pantai Watu Lumbung (7 menit)
Pantai Watu Lumbung tidaklah sepopuler pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, karena aksesnya yang cukup sulit, Pantai Watu Lumbung cocok dikunjungi bagi pecinta wisata petualangan.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar