Pantai Wohkudu, Pantai Mungil dan Tersembunyi di Gunung Kidul


Semakin populernya Kabupaten Gunung Kidul sebagai surga pantai di Jogja menjadikan setiap jengkal daerah yang memiliki pasir banyak diminati wisatawan, tak heran jika setiap tahunnya muncul pantai-pantai cantik di Gunung Kidul yang langsung menjadi primadona dikalangan wisatawan.

pantai wohkudu keren
keren ya. foto : dwi_riyanto17

Salah satu pantai yang kurang populer dan kini mulai banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Wohkudu.



Apa yang Menarik di Pantai Wohkudu ?

Pantai Wohkudu memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pantai Baron dan Pantai Greweng, yaitu diapit oleh dua buah bukit besar disebelahnya, namun dibandingkan dengan kedua pantai tersebut, Pantai Wohkudu lebih kecil dengan garis pantai hanya sekitar 20 meter saja.

pantai wohkudu gunung kidul
pemandangan dari kejauhan. foto : rainadv

Selain itu untuk bisa sampai di bibir pantai kita juga diharuskan untuk trekking melalui jalan setapak dengan melewati perkebunan warga dan menuruni bukit untuk dapat sampai di lokasi. Sepanjang perjalanan menuju tempat wisata Jogja satu ini kita akan disuguhi pemandangan hijaunya alam sekitar Pantai Wohkudu yang terlihat masih alami.

Walaupun lokasinya tersembunyi, tapi tak membuat keindahan Pantai Wohkudu hilang begitu saja, justru malah menarik minat wisatawan untuk datang mengunjunginya. Tak banyak orang yang tahu mengenai lokasi Pantai Wohkudu ini karena memang jarang ditemukan petunjuk jalan.

Pantai Wohkudu memiliki pasir putih dan terbilang cukup bersih karena belum terjamah oleh tangan-tangan jahil. Pantai Wohkudu merupakan salah satu dari sekian banyak pantai tersembunyi di Gunung Kidul yang layak untuk kita eksplore.

Karena cukup sepi, jadi suasana di Pantai Wohkudu serasa seperti pantai pribadi, bahkan pantai ini lebih sepi dari Pantai Greweng lho, padahal lokasinya tak jauh dari Pantai Kesirat yang sudah cukup populer di kalangan wisatawan.

Pantai Wohkudu juga sangat cocok dijadikan tempat camping bagi kamu yang tidak suka atau sudah bosan dengan Pantai Jungwok dan Greweng, hanya saja tempat camping di Pantai Wohkudu cukup terbatas karena areanya yang cukup sempit.

Pantai Wohkudu juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta petualangan yang sedang mencari tempat wisata baru dan belum banyak diketahui orang, namun tentunya kita juga harus menjaga kelestarian pantai dengan tidak merusak alam ya.


pantai wohkudu jogja
yuk melipir kesini. foto : maryamm



Fasilitas :
Belum terdapat fasilitas di Pantai Wohkudu

Harga Tiket Masuk Pantai Wohkudu :
Hanya membayar retribusi di gerbang Pantai Kesirat dan membayar parkir kendaraan saja.

Jam Buka :
24 jam

Akomodasi (Penginapan)
Tidak ada penginapan disekitar Pantai Wohkudu, sebagai gantinya kamu bisa berkemah di pinggir pantai.



Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.
  • 41 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Siluk Panggang (1 jam 18 mneit)
  • 42 Km dari Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Siluk Panggang (1 jam 22 menit)
  • 47 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Siluk Panggang (1 jam 29 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Wohkudu

Akses menuju Pantai Wohkudu bisa dibilang susah-susah gampang, simpelnya kamu bisa mengikuti rute dibawah ini :

Pertama : Yogyakarta - Ringroad Jl.Wonosari - Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang) belok kanan - pasar Playen - Paliyan - Girikarto - Pantai Wohkudu.

Kedua :  Yogyakarta - Banguntapan - Imogiri - Siluk - Panggang - Girikarto - Pantai Wohkudu.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti rute Jalan Imogiri Timur menuju Pasar Imogiri, sesampainya di Pasar Imogiri kamu akan menemukan pertigaan, silahkan belok kanan menuju Selopamioro, nanti kamu akan menemukan pertigaan lagi, ambil kiri menuju Selopamioro (ikuti petunjuk saja).

Ikuti jalan hingga kamu sampai di jembatan Sungai Oyo (Oya), tetap lurus menuju Kecamatan Panggang, jalan ini ditandai dengan tanjakan dengan pemandangan yang cukup indah. Tetap ikuti jalan hingga kamu melihat petunjuk menuju Pantai Gesing.

Ikuti petunjuk menuju Pantai Gesing hingga kamu menemukan perempatan dengan pohon besar ditengah jalan, dari situ silahkan belok kekanan sampai kamu menemukan petunjuk arah Pantai Kesirat di sebelah gang.

Ikuti petunjuk tersebut hingga kamu menemukan petunjuk menuju Pantai Wohkudu ditandai dengan terdapatnya tempat parkir dan warung sederhana, disitulah tempat pemberhentian terakhir kendaraan kita, setelahnya kita harus berjalan kaki menuju pantai.

camping di pantai wohkudu jogja
yuk camping di pantai wohkudu. foto : renaldinico



Tips Berlibur ke Pantai Wohkudu :

  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Wohkudu adalah saat pagi hari.
  • Bisa juga digunakan sebagai tempat camping.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kelestarian alam.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Bawa perbekalan makan dan minuman untuk berjaga jika warung di parkiran tidak buka.
  • Jangan lupa membawa pakaian ganti untuk berjaga jaga.





Lihat peta cara menuju ke pantai wohkudu



Wisata Terdekat Dari Pantai Wohkudu :

Pantai Kesirat (5 menit)
Pantai Kesirat merupakan pantai unik di Gunung Kidul, tidak seperti pantai pada umumnya, di Pantai Kesirat kita tidak akan menemukan hamparan pasir, ombak di objek wisata ini akan langsung menghantam tebing. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kesirat bertujuan untuk camping.

Pantai Celeng Tibo (6 menit)
Pantai ini memiliki nama yang cukup unik, jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, “Celeng Tibo” berarti “Babi Jatuh”, biasanya wisatawan yang datang ke Pantai Celeng Tibo bertujuan untuk memancing karena memang Pantai Celeng Tibo merupakan salah satu spot memancing favorit di Gunung Kidul.

Pantai Gesing (12 menit)
Pantai Gesing juga memiliki karakteristik hampir sama dengan Pantai Greweng. Pantai Gesing memiliki pasir putih dengan diapit oleh dua tebing besar disebelahnya. Pemandangan di Pantai Gesing tak perlu diragukan lagi keindahannya.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »