Pantai Greweng, Pantai Cantik Alternatif Camping di Gunung Kidul


Kita tahu jika Kabupaten Gunung Kidul merupakan surganya pantai di Jogja, di Gunung Kidul terdapat banyak sekali pantai-pantai mulai dari yang sudah sangat terkenal seperti Pantai Indrayanti, Baron dan Kukup hingga pantai yang belum banyak diketahui orang.

pantai greweng
indah ya. foto : yeyesitompul

Nah, salah satu pantai yang belum banyak diketahui orang adalah Pantai Greweng, mungkin nama tersebut terdengar sangat asing di telingamu, karena memang Pantai Greweng masih kalah populer dengan pantai-pantai tetangganya.



Apa yang Menarik di Pantai Greweng Gunung Kidul ?

Pantai Greweng memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Pantai Baron, yaitu diapit oleh dua bukit karst besar disebelahnya, hanya saja Pantai Greweng memiliki pasir putih, bukan pasir hitam layaknya di Pantai Baron.

pantai greweng gunung kidul
yuk main bola di pantai. foto : ridwanalfnd

Pantai Greweng merupakan pantai kecil dengan garis pantai yang tidak sampai 1 km, ombak di Pantai Grewengpun juga tidak terlalu besar, jadi sangat cocok untuk berenang. Pantai Greweng juga sering disebut dengan nama Pantai Pulutan.

Walaupun masih kalah populer dengan pantai lainnya, namun pemandangan yang ditawarkan objek wisata Jogja satu ini tak boleh kita remehkan, ditambah dengan suasananya yang terbilang cukup sepi menjadikan pantai ini serasa pantai pribadi.

Tapi, untuk bisa sampai di bibir pantai kita harus trekking melalui jalan setapak terlebih dahulu, jalur menuju pantai terbilang cukup ringan kok, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar Pantai Greweng yang terlihat masih alami.

Selain itu terdapat juga “Hutan Batu”, dinamakan hutan batu karena di area tersebut banyak ditemukan bebatuan dengan berbagai bentuk yang membuat pemandangan di kawasan tersebut nampak artistik.

Kita juga akan melewati sebuah goa kecil yang entah apa namanya, di sekitar Pantai Greweng juga terdapat sumber air tawar yang mengalir langsung menuju ke pantai, aliran air ini berada di perbukitan sebelah utara.

Biasanya wisatawan yang datang ke Pantai Greweng bertujuan untuk camping, dengan suasananya yang masih cukup sepi, terutama di hari biasa menjadikan Pantai Greweng sangat cocok untuk camping seru bersama teman teman, pantai ini bisa menjadi alternatif camping kalian di Jogja selain di Pantai Jungwok.

baca juga : daftar pantai terindah di Indonesia, mana favoritmu ?
sungai di pantai greweng
aliran sungai di pantai greweng. foto : diajeng_anya


Fasilitas :
Fasilitas di tempat wisata Pantai Greweng masih seadanya, tapi sudah terdapat beberapa warung makan.

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng :
Hanya membayar retribusi di Pantai Wediombo dan membayar parkir.

Jam Buka :
24 jam

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di sekitar Pantai Greweng, sebagai gantinya kamu bisa camping (berkemah) di area pantai, selain lebih murah juga lebih seru karena kita bisa lebih dekat dengan alam.



Lokasi :

  • Alamat ; Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.
  • 74 Km dari pusat Kota Jogja dan Stasiun Lempuyangan melalui Jl. Nasional III (2 jam 9 menit)
  • 70 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 57 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)




Rute Menuju Pantai Greweng

Lokasi Pantai Greweng sebenarnya tidak jauh dari Pantai Wediombo, jika kamu dari pusat kota Jogja kamu tinggal mengikuti rute menuju Pantai Wediombo saja, pertama ambil arah menuju Wonosari atau Gunung Kidul, dari kota Wonosari di lanjutkan menuju arah timur melewati Pasar Wonosari, setelah pasar tersebut akan terdapat Pertigaan, silahkan ambil kanan menuju Pantai Baron.

Setelah 10 km dari pertigaan tadi akan terdapat pertigaan lagi yang menunjukkan arah Pantai Wediombo dan Pantai Indrayanti, nah, ikuti saja petunjuk tersebut hingga sampai di Pasar Jepitu, sesampainya di Pasar Jepitu terdapat pertigaan lagi, silahkan ambil arah kanan hingga kamu sampai di tempat parkir Pantai Wediombo.

Dari tempat parkir Pantai Wediombo kita harus melanjutkan perjalanan menuju Pantai Greweng dengan berjalan kaki, jalur menuju Pantai Greweng searah dengan Pantai Jungwok, atau jika kamu tidak yakin bisa bertanya ke petugas dan masyarakat sekitar.


Untuk lebih jelasnya, bisa mengikuti rute dibawah ini :
Rute pertama :
Yogyakarta - Piyungan - Patuk - Gading (lapangan terbang belok kiri menuju arah kota Wonosari) - Siono lurus menuju kota Wonosari - Ambil kanan menuju Jl. Baron - pertigaan mulo ambil kiri arah Tepus – Tepus ambil kiri menuju arah Pantai Baron/Wediombo - Ndakbong - Purwodadi lurus saja - Balong - pertigaan Jepitu (pasar Jepitu) - ambil kanan menuju arah Wediombo - Setelah TPR sebelum sampai Wediombo ambil kiri menuju Pantai Jungwok - Pantai Greweng.

Rute Kedua :
Yogyakarta - Jl. Wonosari - Piyungan - Patuk - Sambipitu - Gading - Wonosari - Semanu - Pasar Munggi - Cuwelo - Giri Panggung - Cikal - Ngawar-awar - Pertigaan Balong ambil kiri (arah Jepitu) - Pertigaan Jepitu ( Pasar Jepitu) - ambil kanan menuju Pantai Wedeiombo - sebelum sampai Pantai Wediombo belok kiri menuju Pantai Jungwok - Pantai Greweng.

camping di pantai greweng jogja
cocok buat camping seru di pinggir pantai. foto : verticaladv



Tips Berlibur ke Pantai Greweng Gunung Kidul :

  • Kapanpun merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Greweng.
  • Jika kamu ingin kesini, disarankan untuk bersama teman-teman.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Sangat cocok sebagai lokasi camping di Jogja.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret-coret bebatuan di tebing ya.
  • Bawalah bekal untuk berjaga jaga jika warung di kawasan pantai tidak buka.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor karena kita harus trekking melalui jalan setapak menuju pantai.
  • Kamu bisa parkir kendaraan di Pantai Wediombo atau langsung menuju Pantai Greweng, namun lebih disarankan untuk parkir di Pantai Wediombo agar lebih aman.




Lihat peta cara menuju ke Pantai Greweng



Wisata Terdekat Dari Pantai Greweng :

Pantai Wediombo (3 menit)
Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai terindah di Gunung Kidul, tak hanya itu saja, pantai ini juga terbilang cukup lengkap. Salah satu spot paling populer di Pantai Wediombo adalah laguna alaminya.

Pantai Jungwok (2 menit)
Pantai Jungwok merupakan pantai paling favorit bagi wisatawan yang ingin camping ceria di pantai, Pantai Jungwok memiliki pemandangan indah dengan suasana yang lebih sepi dari Pantai Wediombo.

Pantai Dadapan ( 2 menit)
Pantai Dadapan merupakan pantai yang terletak diantara perbatasan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Pantai Dadapan tersamuk dalam Kabupaten Wonogiri, pantai ini terbilang kurang populer dan masih sangat sepi, jika kamu menyukai aktivitas petualangan ke tempat-tempat baru, maka cobalah berkunjung ke Pantai Dadapan ini.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »