Pantai Jungwok, Pantai Indah Untuk Camping di Jogja


Menurut kamu apa pantai terindah di Gunung Kidul ? Pantai Kukup, Pantai Baron, Pantai Krakal atau Pantai Nglambor? Ya, semua pantai tersebut memang memiliki pemandangan yang sangat indah, tapi terlepas dari daftar tersebut, di Gunung Kidul masih terdapat banyak pantai indah lainnya yang tak boleh kita lewatkan.


foto pantai jungwok
indah ya pemandangannya, foto : tommysit28


Salah satunya adalah Pantai Jungwok, jika dilihat dari namanya mungkin kamu akan berpikir jika Pantai ini berada di Korea, tapi nyatanya Pantai Jungwong terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja, dibalik keunikan namanya tersebut, objek wisata Jogja satu ini menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona lho.

Pantai Jungwok terletak di sebelah timur Pantai Wediombo, walaupun begitu tapi ternyata Pantai Jungwok cukup sepi oleh wisatawan, para wiatawan lebih memilih berlibur di Pantai Wediombo daripada di Pantai Jungwok, bukan tanpa alasan, walaupun sama-sama memiliki pemandangan indah, namun akses menuju Pantai Wediombo memang lebih mudah.

Pantai Jungwok memiliki karakteristik pasir putih dan agak sedikit kasar dengan dikelilingi perbukitan kars, selain itu pantai ini juga memiliki ombak yang cukup besar seperti pantai laut selatan lainnya, ditambah lagi dikawasan pantai juga terdapat pulau karang kecil layaknya di Pantai Kukup dan Pantai Nglambor.


pantai jungwok saat surut
pantai jungwok saat surut. foto : ikhsan_jw


Pantai Jungwok terbilang cukup sepi dari pengunjung, bahkan masyarakat sekitarpun juga jarang berkunjung ke pantai ini, tapi, justru inilah yang menjadi daya tarik dari Pantai Jungwok, biasanya wisatawan datang ke Pantai Jungwok untuk camping, jadi apabila kamu mencari alternatif camping pantai di Jogja selain Pantai Parangtritis dan Parangkusumo, Pantai Jungwok harus masuk daftar tujuanmu ya.

Keindahan Pantai Jungwok akan semakin terlihat apabila laut sedang surut, saat itu kita bisa menemukan banyak sekali bebatuan karang di bibir pantai yang menciptakan kolam renang mini alami seperti di Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung.

Pantai Jungwok mempunyai tiga aliran sungai air tawar yang langsung menuju ke pantai, aliran sungai air tawar tersebut seolah-olah membelah Pantai Jungwok menjadi tiga bagian, selain bermain air kita juga bisa melihat indahnya Pantai Jungwok dari ketinggian, cukup naik keatas salah satu bukit disamping pantai, dari atas situ kamu bisa melihat seluruh kawasan Pantai Jungwok yang terlihat sangat alami.

Sedikit menjorok ke laut, terdapat pulau karang bernama Watu Topi, biasanya masyarakat sekitar melakukan kegiatan memancing diatas pulau karang tersebut, jadi selain bermain air dan melihat pemandangan diatas bukit, kita juga bisa ikut memancing bersama warga sekitar.

Bisa dibilang Pantai Jungwok merupakan salah satu “surga terlupakan” di Jogja karena lokasinya yang berada disebelah objek wisata populer, namun sayangnya tidak banyak wisatawan yang melirik pantai ini, Pantai Jungwok akan cukup ramai oleh pengunjung ketika weekend, itupun hanya untuk camping.

Sebelum bisa menikmati keindahan Pantai Jungwok, kita harus trekking terlebih dahulu dari tempat parkir menuju bibir pantai melalui jalan setapak, atau kamu juga bisa memarkirkan kendaraan di area Pantai Wediombo dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju Pantai Jungwok.


foto pantai jungwok jogja
serasa di pantai pribadi ya. foto : fitriwulandari14



Rute Menuju Pantai Jungwok Gunung Kidul

Bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, dari Terminal Giwangan Yogyakarta bisa menggunakan bus menuju Terminal Wonosari, dari Terminal Wonosari perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Wediombo dengan menggunakan ojek, lalu berjalan kaki menuju Pantai Jungwok.

Sedangkan bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa mengikuti rute Yogyakara – Wonosari, lalu mengikuti jalan menuju Pantai Baron hingga sampai di Pertigaan Nginggrong (terdapat petunjuk menuju Pantai Siung), ikuti jalan yang memiliki petunjuk jalan menuju Pantai Siung tersebut hingga sampai di Pantai Wediombo, sebelum sampai di tempat parkir Pantai Wediombo, terdapat jalan dengan petunjuk menuju Pantai Jungwok, ikuti jalan tersebut hingga kamu sampai di lokasi.

foto pemandangan pantai jungwok
hati hati ombak besar. foto : vanbinu 



Fasilitas :
Karena terbilang kurang populer, jadi jangan berharap terdapat fasilitas yang memadai ya, sebab fasilitas di Pantai Jungwok masih seadanya.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok :
RP. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Karena fasilitasnya yang kurang memadai, jadi bagi kamu yang ingin menginap, pilihan utama adalah dengan berkemah, namun apabila kamu tidak mau atau tidak membawa perlaatan kemah, kamu bisa mencari hotel disekitar Pantai Baron atau Pantai Indrayanti.


Tips Berlibur ke Pantai Jungwok :


  • Jalan menuju pantai cukup buruk, pastikan kendaraan kamu dalam keadaan baik.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan transportasi umum.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Berbeda dengan objek wisata lainnya, Pantai Jungwok sangat cocok dikunjungi ketika weekend, sebab saat hari biasa (senin-jumat) biasanya malah sangat sepi oleh pengunjung.
  • Jangan lupa membawa perbekalan makanan sendiri.
  • Sangat cocok untuk camping.


Lokasi :


  • Alamat ; Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.
  • 74 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Nasional III (2 jam 14 menit)
  • 71 Km dari Bandara Adi Sucipto melalui Jl. Nasional III (2 jam)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke pantai jungwok


Wisata Terdekat Dari Pantai Jungwok :

Pantai Wediombo (5 menit)
Pantai Greweng (3 menit)
Pantai Watu Lumbung (12 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »