Bukit Gancik, Spot Keren Untuk Melihat Megahnya Gunung Merapi di Depan Mata

0 Comments A+ a-

Dibandingkan dengan Kabupaten Kabupaten di sekitarnya, Boyolali memang masih kalah populer di kalangan wisatawan, para traveler biasanya lebih memilih berlibur ke Semarang, Jogja dan Magelang. Padahal Boyolali memiliki banyak wisata alam yang tak kalah keren.

pemandangan gardu pandang bukit gancik
pemandangan desa selo dari atas gardu pandang bukit gancik. foto : @danarsibolang

Nah, berbicara mengenai wisata alam, di Boyolali, tepatnya di Desa Selo terdapat sebuah wisata yang menawarkan pemandangan lereng Gunung Merbabu dan kokohnya Gunung Merapi yang berada di depan mata. Wisata tersebut bernama Bukit Gancik Selo.



Apa yang Menarik di Bukit Gancik Selo ?

Bukit Gancik Selo terletak di ketinggian sekitar 1.850 Mdpl, tepatnya di kaki Gunung Merbabu. Bukit Gancik Selo ini mengusung konsep wisata gardu pandang, dimana kita bisa melihat pemandangan alam Desa Selo yang nampak masih asri.

sunrise gardu pandang bukit gancik selo
sunrise di gardu pandang bukit gancik. foto : @derysuryo

Bukit Gancik Selo ini sudah cukup populer di kalangan wisatawan, terutama wisatawan Boyolali dan sekitarnya. Dari Gardu Pandang Bukit Gancik kita bisa melihat hamparan sawah, kebun dan rumah-rumah warga yang terlihat sangat menarik.

Berkebalikan dengan Oemah Bambu Merapi yang menawarkan pemandangan Gunung Merbabu, sajian utama yang ditawarkan Bukit Gancik adalah megahnya Gunung Merapi dan cantiknya sunrise.

Bukit Gancik atau disebut juga Gancik Hill Top ini tak hanya memiliki satu gardu pandang saja, melainkan ada beberapa gardu pandang yang dihubungkan dengan jembatan bambu agar mempermudah wisatawan untuk berkeliling.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Bukit Gancik juga menjadi jalur pendakian baru di Gunung Merbabu, jadi jka kamu mendaki lewat jalur Gancik, kamu akan sampai di Pos 3 jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo lama, kedua jalur tersebut menjadi satu di Pos 3 Watu Tulis.


pemandangan bukit gancik selo boyolali
view merapi yang diselimuti awan. foto : @grasiayenta



Apa yang Bisa Dilakukan di Bukit Gancik Selo ?

Hunting Foto
Ya, karena wisata ini mengusung konsep gardu pandang, tentu tak akan lepas dengan yang namanya hunting foto. Pemandangan indah yang ditawarkan Bukit Gancik membuat wisata Boyolali satu ini semakin populer tak hanya di kalangan wisatawan biasa saja, melainkan juga di kalangan fotografer.

Berburu Sunrise
Hunting foto di Bukit Gancik tidak hanya sekedar pemandangan alam biasa saja, tapi disini kita juga bisa berburu sunrise. Matahari terbit di Bukit Gancik tak perlu diragukan lagi keindahannya, tentu dengan syarat kamu datang di waktu yang tepat ya.

Mendaki Gunung Merbabu
Selain menjadi wisata, Bukit Gancik memang menjadi jalur pendakian baru di Gunung Merbabu, jalur via Gancik ini akan menjadi satu dengan jalur via Selo lama di Pos 3, tapi menurut pengalaman banyak pendaki, jalur via Gancik bisa lebih cepat sampai di Pos 3 daripada via Selo lama.

Bagaimana, keren bukan wisata Boyolali satu ini, jadi kapan kamu akan berkunjung ke Bukit Gancik ?

suasana di bukit gancik selo
yuk mampir kesini. foto : @mayaig_



Fasilitas :
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Spot Foto
  • Ojek
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Bukit Gancik Selo :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
Pagi-Sore (untuk wisata gardu pandang)
24 jam (untuk jalur pendakian)

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar wisata gardu pandang Bukit Gancik, sebagai gantinya kamu bisa berkemah di sekitar wisata ini dengan meminta izin terlebih dahulu, atau kamu bisa mencair hotel di pusat Kota Boyolali.



Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
  • 36 Km dari pusat Kabupaten Boyolali melalui Jl. Ampel-Simo (1 jam 12 menit)
  • 40 Km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Blabak Mungkid (1 jam 27 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Wisata Gardu Pandang Bukit Gancik

#Dari Jogja, Boyolali, Solo
Jika kamu berdomisili di tiga kota tersebut, kamu bisa mengikuti rute jalur SSB (Solo-Selo-Borobudur) dengan mengambil jalan melalui Desa Selo Tengah. Setelah kamu sampai di Desa Selo, ikuti saja petunjuk arah menuju Basecamp Gunung Merbabu via Selo hingga kamu sampai di lokasi.

#Dari Salatiga, Semarang
Jika kamu dari arah Semarang, pertama kamu harus menuju ke Salatiga terlebih dahulu, sesampainya di bundaran Salatiga (Ramayana) kamu pilih arah ke Kopeng hingga bertemu lampu merah pertama, nah di lampu merah pertama ini kamu lurus saja hingga memasuki Kabupaten Boyolali.

Setelah memasuki Kabupaten Boyolali, masih lurus mengikuti jalan besar tersebut, setelah melewati beberapa Pom bensin, kamu akan menemukan Pos Ojek di kiri jalan dimana di depan Pos Ojek tersebut terdapat pertigaan (jalan aspal kecil), masuklah ke pertigaan itu dan ikuti jalan hingga sampai di Basecamp Selo, setelah masuk di pertigaan agar tidak tersesat kamu bisa bertanya ke warga sekitar, karena perjalanan masih sangat jauh dan tidak ada petunjuk.




Tips Berlibur ke Gardu Pandang Bukit Gancik Selo :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gardu Pandang Bukit Gancik adalah di hari biasa, di pagi hari dan di musim kemarau.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Jika kamu menggunakan motor, pastikan motormu fit dan kuat berjalan di jalur menanjak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Selalu jaga diri saat berada di atas gardu pandang, karena terkadang angin cukup kencang yang membuat gardu pandangnya bergoyang.





Lihat peta cara menuju ke gardu pandang bukit gancik





Wisata Terdekat dari Gardu Pandang Bukit Gancik (- 1 jam) :

Omah Bambu Merapi (16 menit)
Omah Bambu Merapi memiliki konsep yang sama dengan Bukit Gancik, hanya saja Omah Bambu Merapi menawarkan pemandangan Gunung Merbabu, sedangkan Bukit Gancik menawarkan pemandangan Gunung Merapi.

Jalur Pendakian Gunung Merapi (12 menit)
Jalur Pendakian Gunung Merapi ini terletak di berseberangan dengan Bukit Gancik, tepatnya di bawah wisata Omah Bambu Merapi, setelah meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010, jalur pendakain Gunung Merapi tinggal satu saja yang masih digunakan, yaitu melalui New Selo.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo (7 menit)
Jalur pendakain Gunung Merbabu via Selo merupakan jalur pendakian paling favorit karena jalur tersebut tidak terlalu berat, selian itu juga menawarkan pemandangan yang sangat indah.





Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments