Top 17+ Tempat Wisata di Magelang yang Paling Direkomendasikan!

0 Comments A+ a-

Magelang, sebuah kota di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Salatiga dan Yogyakarta ini ternyata menyimpan banyak sekali tempat-tempat wisata keren mulai dari yang paling populer seperti Candi Borobudur hingga wisata alam seperti air terjun yang belum banyak diketahui.

Kota satu ini semakin terkenal karena menjadi lokasi syuting salah satu film legendaris Indonesia, yaitu AADC 2, nah dibawah ini merupakan daftar tempat wisata Magelang yang harus kamu kunjungi.



Punthuk Setumbu

foto punthuk setumbu magelang
candi borobudur yang diselimuti kabut. foto : rvvlich

Inilah salah satu tempat wisata Magelang yang sudah sangat populer baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai spot melihat indahnya sunrise, bukit Punthuk Setumbu memiliki ketinggian sekitar 400 Mdpl, Punthuk Setumbu terkenal dengan pemandangannya yang sangat mempesona.

Salah satu pemandangan yang sudah sangat populer adalah Candi Borobudur yang terlihat samar-samar terselimuti kabut, pemandangan ini digadang-gadang mirip dengan pemandangan di Bagan, Myanmar, jadi jangan heran jika Punthuk Setumbu juga memiliki julukan “Borobudur Nirwana Sunrise”.

Lokasi : Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah




Candi Borobudur

foto pelepasan lampion di candi borobudur
pelepasan lampion di hari Waisak. foto : nico_ji

Siapa yang tidak kenal dengan candi satu ini, Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia, dan juga salah satu 7 keajaiban dunia, setiap hari Waisak, Candi Borobudur akan ramai oleh umat Budha yang sedang sembayang, bukan hanya umat Budha saja, melainkan turis-turis yang penasaran juga datang.

Banyak yang salah mengartikan jika Candi Borobudur berada di Yogyakarta, karena sebenarnya Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, hal ini karena mungkin kebanyakan paket wisata menuju Borobudur berasal dari Yogyakarta.

Bersama dengan Punthuk Setumbu, Candi Borobudur menjadi tempat wisata Magelang yang sangat populer dan favorit dikalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi : Jl. Bradawati, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah




Bukit Rhema Gereja Ayam

foto gereja ayam magelang
bangunan gereja, mirip ayam apa burung? foto : tirtaperwitasari

Salah satu tempat wisata Magelang yang populer karena menjadi lokasi syuting film adalah Gereja Ayam, lokasi Gereja Ayam ini tak jauh dari Punthuk Setumbu kok, dari Punthuk Setumbu kita sudah bisa melihat bangunan tua ini.

Sebenarnya, Gereja Ayam tersebut di rancang bukan menyerupai ayam, menurut info dari pemilik bangunan itu yang bernama Daniel Alamsjah, Gereja tersebut di bangun agar menyerupai bentuk sebuah burung merpati.

Karena keunikan bangunan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan, dari atas bangunan kita bisa melihat gunung-gunung yang berdiri megah seperti gunung Merapi dan Merbabu, selain itu kita juga bisa melihat Candi Borobudur yang terlihat samar-samar.

Lokasi : Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah




Ketep Pass

foto pemandangan gunung merapi dari ketep pass
view gunung merapi. foto : kurniafitri_f

Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata Magelang yang juga cukup populer, Ketep Pass menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan dua gunung yang mengelilinginya, yaitu Merbabu dan Merapi.

Selain itu di kawasan Ketep Pass terdapat gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan alam sekitar, ada juga vulkano theater, atau bisa disebut bioskop mini yang memutar film dokumenter aktivitas gunung merapi dari tahun ke tahun dan juga dokumentasi beberapa letusan gunung merapi terdasyat yang pernah terjadi.

Lokasi : Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.


Wisata Magelang Taman Kyai Langgeng

foto taman kyai langgeng magelang
taman kyai langgeng. foto : fishyblue99.wordpress.com

Taman Kyai Langgeng merupakan taman favorit untuk berwisata bersama keluarga, menghabiskan akhir pekan dengan rekreasi di Taman memang menjadi pilihan menarik dikala kita tidak punya banyak waktu luang, Taman Kyai Langgeng sangat cocok untuk bersantai disaat pagi dan sore hari.

Selain itu, di Taman Kyai Langgeng kita bisa melihat patung dinosaurus yang cukup besar dan pesawat., ditambah lagi di Taman Kyai Langgeng terdapat berbagai tanaman langka seperti Dewa Daru, Nagasari, Matoa, dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Cempaka No.6 Kota Magelang, Jawa Tengah





Gunung Merbabu

foto puncak gunung merbabu
puncak kenteng songo merbabu. foto : brobali.com

Beralih ke wisata alam, Magelang merupakan kota dengan gunung terbanyak yang mengelilinginya, salah satunya adalah gunung Merbabu yang merupakan gunung terindah di Jawa Tengah, dengan ketinggian 3.142 Mdpl gunung Merbabu menawarkan pemandangan yang sangat mempesona bagi siapapun.

Jalur di Kabupaten Magelang yang sangat populer adalah via Wekas dan Suwanting, dari kedua jalur tersebut, via Suwanting merupakan jalur dengan pemandangan terindah, jika kita melalui jalur ini kita bisa melihat padang sabana rumput yang sangat menawan.

Lokasi : Kabupaten Magelang, Jawa Tengah


Baca juga : tips lengkap mendaki gunung Merbabu





Wisata Magelang Air Terjun Sekar Langit

foto pemandangan air terjun sekar langit magelang
air terjun sekar langit. foto : www.ardiyanta.com

Di Magelang sendiri terdapat banyak sekali air terjun dengan pemandangan khas-nya masing-masing, salah satu air terjun indah di Magelang adalah air terjun Sekar Langit, menurut cerita, lokasi air terjun Sekar Langit adalah yang digunakan Jaka Tarub untuk mengintip para Bidadari.

Nama Sekar Langit memiliki makna sendiri, dalam bahasa jawa, sekar berarti bunga, dan langit berarti langit, maka jika diterjemahkan berarti bunga yang turun dari langit. Air Terjun Sekar Langit memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan aliran airnya nanti akan mengalir ke arah barat menuju ke aliran sungai Elo dan selanjutnya bermuara di laut selatan Jawa. Nama yang indah dan bermakna dalam, dibuktikan dengan kenyataan keindahan alam yang sangat mempesona.

Lokasi : Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah



Gunung Andong


foto pemandangan di puncak gunung andong
pemandangan di malam hari. foto : brobali.com

Tak jauh dari gunung Merbabu, terdapat sebuah gunung kecil namun cukup populer, yaitu gunung Andong yang memiliki tinggi 1.726 Mdpl, tidak terlalu tinggi memang, namun jalur pendakiannya cukup menguras tenaga.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam kita sudah bisa sampai puncak, gunung Andong sendiri memiliki dua jalur, yaitu melalui Desa Sawit dan Desa Pandean, dari kedua jalur tersebut, melalui Desa Sawit adalah yang paling populer.

Lokasi : Desa Sawit, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah





Wisata Magelang Top Selfie



hutan pinus kragilan
hutan pinus kragilan. foto : basabbass

Top Selfie merupakan sebuah objek wisata alam berupa hutan pinus, pemandangan di Top Selfie Kragilan tak jauh berbeda dengan pemandangan di Hutan Pinus Imogiri, dinamakan Top Selfie karena lokasi ini sangat cocok untuk berselfie ria.

Top Selfie terletak di lereng gunung Merbabu, menjadikan udara di kawasan tersebut cukup segar, kini Top Selfie Kragilan menjadi salah satu wisata alam populer yang banyak digandrungi kalangan muda untuk berlibur di akhir pekan.

Lokasi : Desa Kragilan, Keponan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.


Wisata Alam Magelang Bukit Barade

bukit barade magelang
bukit barade. foto : pandufresco

Bukit Barade merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam Kabupaten Magelang dari ketinggian, di Bukit Barade ini terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk berfoto dengan background cantiknya alam Magelang.


Lokasi :Dsn. Sendaren 2, Ds. Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.



Wisata Magelang Punthuk Mongkrong

punthuk mongkrong
punthuk mongkrong. foto : linangsw

Punthuk Mongkrong memiliki konsep yang tak jauh berbeda dengan Punthuk Setumbu dan Bukit Barade, dengan keindahan alamnya, kini wisata di Magelang memang didominasi oleh wisata gardu pandang yang menawarkan pemandangan alam.

Di Punthuk Mongkrong ini kita bisa melihat cantiknya sunset yang terlihat diantara Gunung Merbabu dan Merapi.


Lokasi : Dsn. Mijil, Ds. Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.




Wisata Magelang Gardu Pandang Ndlimas

gardu pandang ndlimas
gardu pandang ndlimas. foto : trisnoarybudi

Tak jauh berbeda dengan wisata-wisata sebelumnya, Gardu Pandang Ndlimas juga menawarkan pemandangan alam perbukitan yang tak kalah cantik, wisata Magelang satu ini memang masih kalah populer dengan Punthuk Mongkrong, walaupun begitu, kamu bisa menjadikan Gardu Pandang Ndlimas ini sebagai alternatif dikala Punthuk Mongkrong ramai dikunjungi wisatawan.


Lokasi : Dsn. Kwadan, Ds. Girimulyo, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.



Wisata Magelang Sukmojoyo Hill

sukmojoyo hill
sukmojoyo hill. foto : sydkne

Tak jauh dari Punthuk Setumbu, terdapat sebuah tempat wisata yang tak kalah keren, yaitu Sukmojoyo Hill. Wisata Magelang satu ini memiliki konsep yang hampir sama dengan Punthuk Setumbu, namun memiliki suasana dan pemandangan yang sedikit berbeda.


Lokasi : Dsn. Krinjing, Ds. Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.




Wisata Magelang Punthuk Gupakan

punthuk gupakan
sunrise punthuk gupakan. foto : bastianwiji

Jika kamu belum puas dengan Punthuk Mongkrong, di Magelang masih terdapat satu tempat wisata lagi yang tak kalah keren bernama Punthuk Gupakan, kedua tempat wisata Magelang ini memang memiliki konsep yang sama, tapi tidak ada salahnya untuk mengunjungi keduanya kan?


Lokasi : Ds. Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.




Gunung Telomoyo

puncak gunung telomoyo
puncak gunung telomoyo. foto : verigiovan

Gunung Telomoyo terletak di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Semarang, untuk bisa sampai di puncak Gunung Telomoyo ini kita tidak perlu susah-susah berjalan kaki layaknya mendaki gunung pada umumnya karena sudah terdapat jalan yang bisa dilalui kendaraan.

Lokasi : Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.


Wisata Magelang Curug Silawe

curug silawe magelang
curug silawe magelang. foto : wahib_adiyatma

Nah, bagi kamu yang suka berpetualang, kamu bisa berkunjung ke tempat wisata Magelang satu ini. Curug Silawe merupakan salah satu air terjun indah di Magelang yang masih belum banyak dijamah.

Karena memang lokasi Curug Silawe ini berada di lereng gunung yang membuat aksesnya cukup sulit, namun ketika kamu sampai di lokasi, rasa lelahmu akan terbayar dengan keasrian dan keindahan Curug Silawe ini.


Lokasi : Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah





Pemandian Air Hangat Candi Umbul

candi umbul
candi umbul. foto : anggorobpm

Setelah kamu puas berkeliling Magelang, kini saatnya kamu memanjakan tubuh dengan berendam di pemandian air panas. Salah satu pemandian air panas yang sudah cukup populer di Magelang adalah Candi Umbul.

Lokasi : Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.



Wisata Magelang Lainnya :

Candi Pawon
Candi Mendut
Candi Ngawen
Candi Canggal
Candi Selogriyo
Candi Gunung Sari
Candi Lumbung
Candi Pendem
Candi Asu Sengi


Nah, itulah daftar tempat wisata keren di Kabupaten Magelang yang bisa kamu kunjungi, dari beberapa tempat wisata diatas, mana saja yang sudah pernah kamu datangi ?
Sebenarnya masih banyak wisata di Magelang yang tak kalah keren, apabila kamu memiliki infonya, kamu bisa tuliskan di kolom komentar.


loading...
loading...