Oemah Bamboe Merapi, Spot Kece Untuk Melihat Megahnya Gunung Merapi dan Merbabu

0 Comments A+ a-

Wisata apa yang kamu tahu di Boyolali ? mungkin wisata memerah susu di daerah Cepogo adalah tempat wisata paling populer di Boyolali.

Kita tahu jika Kabupaten satu ini memang tidak banyak memiliki tempat wisata, membuat Boyolali dipandang sebelah mata oleh para traveler.

oemah bamboe merapi boyolali
keren ya bangunannya. foto : @devitawlndri

Tapi jangan salah, kini di Boyolali terdapat sebuah tempat wisata yang sangat keren lho, namanya Oemah Bamboe Merapi yang terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di daerah Selo.




Apa yang Menarik di Oemah Bamboe Merapi ?

Oemah Bamboe adalah salah satu tempat wisata yang cukup hits dikawasan Selo, Oemah Bamboe terletak tepat di kaki Gunung Merapi, tepatnya diatas logo New Selo yang terpampang besar layaknya tulisan Hollywood.

oemah bamboo merapi
cocok buat hunting foto nih. foto : @oemahbamboomerapi

Lokasi Oemah Bamboe ini berada diketinggian sekitar 1700 Mdpl, membuat udara di tempat wisata Boyolali tersebut cukup sejuk.

Ditambah dengan banyaknya pepohonan dan tanaman hijau yang menyegarkan mata akan senantiasa membuatmu betah berlama-lama disini.

Dinamakan Omah Bambu karena tempat wisata ini dibangun dengan bambu yang disusun rapi, sehingga terlihat artistik dan unik.

Oemah Bamboe Merapi menawarkan pemandangan yang sangat indah, di tempat wisata ini kita bisa melihat megahnya Gunung Merbabu yang berada tepat di depan mata kita, dan Gunung Merapi yang menjadi background di belakang kita.

Selain itu lokasinya yang sejalur dengan jalur pendakian Gunung Merapi membuat Omah Bambu ini kian ramai, Oemah Bamboe sendiri sebenarnya adalah sebuah kedai kopi, jadi kita bisa bersantai meleihat pemandangan bersama teman sambil menikmati secangkir kopi yang segar, mantap banget kan!.

Setiap hari, Oemah Bamboe Merapi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan kalangan anak muda yang penasaran dengan keunikan Omah Bamboe Merapi, jadi kapan kamu kesini?


omah bambu merapi boyolali
yuk mampir. foto : @piknikcerdas




Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Gardu Pandang
  • Spot Foto
  • Menara
  • Dan masih banyak lagi.



Harga Tiket Masuk Omah Bambu Merapi :
Rp. 10.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat penginapan di sekitar objek wisata Oemah Bamboe Merapi, untuk itu kamu bisa mencari hotel atau homestay di kota terdekat.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Selo (Jalur Pendakian Gunung Merapi via New Selo), Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
  • 37 Km dari pusat Kabupaten Boyolali melalui Jl. Simo-Ampel (1 jam 23 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Oemah Bamboe Merapi

Akses menuju Oemah Bamboe Merapi ini bisa dibilang susah-susah gampang, terdapat dua jalur untuk menuju ke lokasi, diantaranya :

Jalur Ampel Boyolali
Dari Semarang silahkan menuju ke Salatiga, sesampainya di bundaran Salatiga (Ramayana) kamu pilih arah menuju Kopeng hingga bertemu lampu merah pertama.

Nah di lampu merah pertama ini apabila kamu belok kanan akan menuju Kopeng dan jika lurus akan menuju ke Boyolali, kamu lurus saja hingga memasuki Kabupaten Boyolali.

Sesudahnya masuk di Kabupaten Boyolali, ikuti jalan tersebut masih lurus dan melewati beberapa Pom bensin hingga kamu menemukan Pos Ojek di kiri jalan dimana tepat didepan Pos Ojek tersebut terdapat pertigaan.

Masuklah ke pertigaan itu dan ikuti jalan hingga sampai di Desa Selo, setelah masuk di pertigaan agar tidak tersesat kamu bisa bertanya ke warga sekitar, karena perjalanan masih sangat jauh, hingga kamu melihat tulisan NEW SELO besar di lereng Gunung Merapi.

Jalur Salatiga-Magelang
Sama seperti diatas, hanya saja ketika sampai di lampu merah pertama kamu belok kanan menuju arah Kopeng, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu menemukan pertigaan lagi, yaitu apabila belok kiri akan menuju Ketep Pass dan lurus menuju Magelang,

Silahkan belok kiri menuju arah Ketep Pass, setelah sampai di Ketep Pass silahkan bertanya ke warga sekitar karena jalannya yang masih sangat jauh, ditambah minimnya petunjuk jalan.




Tips Berlibur ke Oemah Bamboe Merapi :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Oemah Bamboe adalah di hari biasa (senin-jumat), sebab saat weekend dan hari libur cukup ramai oleh wisatawan.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Lebih disarankan untuk memilih jalur Ampel Boyolali karena lebih cepat.
  • Jika tidak tahu, bertanyalah pada warga sekitar mengenai lokasi Jalur Pendakian Gunung Merbabu atau Merapi via Selo.




Lihat peta cara menuju ke oemah bamboe




Wisata Terdekat Dari Oemah Bamboe Merapi :

Jalur Pendakian Gunung Merapi via Selo (5 menit)
Ini adalah satu-satunya jalur pendakian di Gunung Merapi yang tersisa, lokasinya searah dengan Oemah Bamboe

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo (20 menit)
Jalur via Selo terbilang paling populer karena memiliki pemandangan yang sangat indah, selain itu treknya juga tidak terlalu sulit.

Bukit Gancik Selo (16 menit)
Berkebalikan dengan Oemah Bambu Merapi, walaupun memiliki konsep wisata yang sama, tapi Bukit Gancik menawarkan pemandangan gagahnya Gunung Merapi dan cantiknya sunrise.



Yuk Bershodaqoh di Brobali.com Lewat Pulsa, Tinggal KLIK DISINI
Jadilah Traveler yang taat dengan aturan agama! dan jadikanlah akhirat sebagai ambisimu!
loading...
Load comments