Info Lengkap Gardu Pandang Lereng Kelir, Wisata Baru di Ambarawa yang Mempesona

0 Comments A+ a-

Menurut kamu, daerah mana di Kabupaten Semarang yang memiliki banyak wisata alam keren? Ambarawa, Tuntang, Ungaran, atau Bandungan? Ya, daerah-daerah tersebut memang memiliki banyak sekali wisata bernuansa alam yang sangat sayang untuk kita lewatkan.

wisata alam lereng kelir ambarawa
pemandangan di lereng kelir. foto : klikphotos

Nah, berbicara mengenai wisata alam, di daerah Ambarawa kini muncul sebuah tempat wisata baru yang cukup populer dikalangan wisatawan, terutama para anak muda karena lokasinya yang memiliki pemandangan indah, yaitu Puncak atau Lereng Kelir Ambarawa.




Apa yang Menarik di Puncak Lereng Kelir Ambarawa ?

Setelah menjamurnya wisata alam dengan konsep gardu pandang, Kabupaten Semarang tak mau kalah dengan ikut meramaikan jenis wisata ini, tepatnya di Ambarawa terdapat objek wisata dengan konsep gardu pandang bernama Puncak Kelir atau Lereng Kelir.

wisata alam puncak kelir ambarawa
lautan awan di puncak kelir. foto : wisatalerengkelir

Puncak Kelir terletak di lereng Gunung Kelir, yaitu salah satu gunung pendek di Kabupaten Semarang. Gunung Kelir sendiri adalah salah satu gunung yang memiliki pemandangan cukup indah walaupun tidak terlalu tinggi.

Nah, untuk memaksimalkannya, dibuatlah wisata Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa ini yang sebenarnya masih berada di lerengnya, jadi bukan berada di puncak Gunung Kelir.

Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang yang sangat indah dengan view Rawa Pening dan beberapa gunung lain seperti Gunung Merbabu dan Telomoyo.

Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa ini berada di ketinggian sekitar 715 Mdpl, walaupun tidak terlalu tinggi tapi cukup membantu kita untuk melihat keindahan alam sekitar.

Konsep dari Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa memang sama dengan Punthuk Mongkrong yang berada di Magelang, di Puncak Kelir Ambarawa ini kita juga bisa melihat cantiknya sunrise yang muncul dibalik pegunungan.

sunrise di puncak kelir ambarawa
menjelang sunrise di lereng kelir. foto : wisatalerengkelir

Untuk bisa melihat indahnya sunrise di Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa, kita harus datang saat fajar, tapi jalurnya yang berkelok kelok dan naik turun khas pegunungan membuat kita cukup was-was jika harus berkendara di pagi buta sebelum matahari terbit.

Jadi. Apabila kamu ingin melihat sunrise di Gardu Pandang Puncak Kelir, sangat disarankan untuk mendirikan tenda atau berkemah di kawasan wisata Puncak Kelir ini saja. Lokasi camp ground-nya cukup luas kok, bisa menampung beberapa tenda, asal kamu datang lebih awal saja agar tidak didahului pengunjung lain.

Selama perjalanan menuju Puncak Kelir, kita harus berjalan kaki melewati jalur menanjak selama kurang lebih 1 jam, tapi tenang karena selama perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan alam, hutan pinus dan kebun warga yang terlihat sangat menyegarkan mata, bahkan jika kamu naik saat fajar sebelum matahari terbit kamu bisa melihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota lho.

baca juga :
Daftar wisata romantis di Semarang, yuk intip!
Jadi, kapan kamu berkunjung ke Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa ?

gardu pandang lereng kelir ambarawa
pemandangan dari atas. foto : wisatalerengkelir




Fasilitas :
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Gardu Pandang
  • Camp Ground
  • Dan masih banyak lagi.


Harga Tiket Masuk Gardu Pandang Lereng Kelir Ambarawa :
Rp. 5.000/orang (hari biasa)
Rp. 7.000/orang (weekend)

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat hotel/villa atau penginapan jenis lain di dekat wisata Puncak Kelir, jadi apabila kamu mencari hotel/villa, kamu bisa mencarinya di daerah Bandungan dan Ungaran.





Lokasi :

  • Alamat ; Dusun Gertas, Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 50 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl. Ungaran-Bawen dan Jl. Semarang-Surakarta (1 jam 20 menit)
  • 24 Km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Muncul Raya (53 menit)
  • 18 Km dari Polsek Tuntang melalui Jl. Ambarawa-Magelang (30 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Gardu Pandang Puncak Lereng Kelir Ambarawa

#Dari Semarang
Dari Semarang Kota kamu bisa menuju kearah Ungaran hingga sampai di Terminal Bawen, tepat di pertigaan Terminal Bawen silahkan ambil arah kanan menuju Ambarawa, setelah sampai di Traffic Light (lampu merah) kamu bisa lurus melewati Ambarawa atau belok kiri melewati Jalan Lingkar Ambarawa.

Ikuti jalan hingga kamu sampai di jalan utama Semarang – Magelang, setelah itu dari SPBU Ngampin ambil arah Magelang melewati Stasiun Jambu, sekitar 7 menit dari Stasiun Jambu atau setelah melewati Estu Sehat Apotik di kanan jalan.

Beberapa meter di kiri jalan setelah melewati Estu Sehat Apotik akan ada Gapura Desa Tapak, silahkan masuk lewat jalan tersebut dengan melewati rel kereta api, ikuti saja jalan menanjak hingga sampai di lokasi wisata Gardu Pandang Lereng Kelir.

#Dari Purwodadi Grobogan
Jika kamu dari arah Purwodadi, kamu bisa mengikuti rute Purwodadi - Godong - Gubug - Kedung Jati – Tuntang  - Bawen, setelah sampai di pertigaan Terminal Bawen (kiri jalan) silahkan ikuti petunjuk seperti diatas.

#Dari Boyolali, Solo, Salatiga
Jika kamu berdomisili di beberapa kota tersebut, kamu bisa melewati rute Jalan Lingkar Selatan Salatiga, ketika sampai di Traffic Light (yang ada Pos Polisinya) silahkan ambil arah menuju Mucul/Banyubiru.

Setelah sampai di Banyubiru ikuti jalan hingga kamu melewati Komp.Perumahan Yonzipur 4 dan menemukan pertigaan yang ada Alfamartnya (Jl Durian - Jl. Wijayakusuma), dari situ kamu bisa belok di jalan tepat di samping alfamart (Jl. Brongkol), ikuti jalan hingga kamu sampai di jalan utama Magelang - Semarang, lalu belok kiri menuju arah Magelang.

Setelah melewati Estu Sehat Apotik di kanan jalan beberapa meter kedepan terdapat Gapura Desa Tapak di kiri jalan, silahkan masuk dan ikuti jalan menanjak hingga sampai di lokasi.




Tips Berlibur di Gardu Pandang Puncak Lereng Kelir Ambarawa :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Lereng Kelir adalah saat pagi hari (di hari biasa) karena saat pagi udara masih terasa segar dan cahaya matahari belum terlalu terik, selain itu saat hari biasa wisata Lereng Kelir tidak terlalu ramai oleh pengunjung.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan ya.
  • Jangan malu untuk bertanya jika kamu tidak yakin dengan jalannya, disarankan setelah kamu memasuki Gapura Desa Tapak bertanyalah ke masyarakat sekitar mengenai lokasi Gardu Pandang Lereng Kelir ini.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Sangat cocok untuk hunting foto.
  • Datanglah saat musim kemarau agar kamu mendapatkan pemandangan yang maksimal, karena saat musim hujan kadang pemandangan terselimuti kabut.









Wisata Terdekat Dari Gardu Pandang Lereng Kelir Ambarawa :

Eling Bening (23 menit)
Eling Bening merupakan salah satu wisata alam yang cukup lengkap di Ambarawa, selain menawarkan pemandangan alam indah, Eling Bening juga memiliki berbagai macam fasilitas yang semakin memanjakan pengunjung.

Museum Kereta Api Ambarawa (20 menit)
Museum Kereta Api Ambarawa adalah salah satu wisata sejarah paling populer di Ambarawa, di Museum Kereta Api Ambarawa ini kita bisa melihat berbagai jenis lokomotif tua dan peralatan yang digunakan di stasiun pada zaman dahulu, selain itu kita juga bisa naik kereta api uap dengan jalur bergerigi yang cuma ada disini.

Goa Rong (38 menit)
Goa Rong memiliki konsep wisata yang hampir mirip dengan Eling Bening, hanya saja fasilitas di Goa Rong lebih sedikit, namun tempat wisata Semarang satu ini memiliki pemandangan yang sama indahnya kok.

Rawa Pening (23 menit)
Rawa Pening adalah rawa atau danau terluas di Kabupaten Semarang, Rawa Pening kerap menjadi objek view utama di beberapa tempat wisata terdekatnya, di Rawa Pening ini kita bisa berkeliling rawa menggunakan perahu atau sekedar hunting foto landscape.

Cimory Semarang (36 menit)
Cimory Semarang merupakan sebuah tempat wisata keluarga yang sangat direkomendasikan di Semarang, Cimory Semarang mengusung konsep Shop, Factory, Playground dan Restoran dengan menu utama susu sapi.




loading...
loading...