Skip to main content

Goa Rong Tuntang | Rute, HTM, Jam Buka, Foto Terbaru

ikon goa rong

Jalur Semarang – Ungaran menuju Salatiga memang salah satu jalur yang memiliki cukup banyak wisata, mulai dari wisata religi seperti Pagoda Watu Gong hingga wisata alam seperti Rawa Pening dan Eling Bening.

Tapi, selain beberapa tempat wisata diatas, masih terdapat tempat wisata lainnya yang tak kalah kece untuk kita kunjungi, namanya Goa Rong Tlogo Tuntang. Sesuai namanya, objek wisata Semarang satu ini terletak di daerah Tuntang.




Apa yang Menarik di Goa Rong Semarang ?

Goa Rong merupakan tempat wisata paling populer di Tuntang, objek wisata ini menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang dari ketinggian, karena itu tak jarang tempat wisata Goa Rong disebut juga dengan nama Bukit Rong.

sunset di goa rong
sunset di goa rong. foto : @tlogoresort

Tempat wisata ini mengusung konsep yang hampir mirip dengan Ketep Pass di Magelang, hanya saja fasilitas di Goa Rong lebih sedikit dan sederhana daripada di Ketep Pass. Tempat wisata Goa Rong sendiri berada di ketinggian sekitar 690 Mdpl dan terletak di tengah perkebunan karet.

Di puncak Bukit Rong terdapat gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat luasnya Rawa Pening dengan background Gunung Merbabu, Telomoyo dan Andong yang terlihat sangat mempesona.

Tak jauh dari gardu pandang terdapat cafe yang bisa kita gunakan untuk bersantai sambil menyantap makanan.

Udara di kawasan wisata Goa Rong terbilang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi, ditambah dengan rimbunnya pepohonan di puncak bukit membuat suasana kian nyaman untuk bersantai.

Setiap harinya Goa Rong selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama kalangan anak muda dan para orang tua yang berlibur dengan anak-anaknya.


Selain itu di Goa Rong kita juga bisa melihat indahnya matahari terbit yang terlihat diantara Gunung Merbabu, tak heran jika Goa Rong menjadi salah satu spot favorit di Kabupaten Semarang untuk melihat sunrise dan sunset.

Tak hanya itu saja, objek wisata ini juga ditunjang dengan berbagai macam fasilitas keren, salah satunya adalah Mushola, Mushola di area Goa Rong terbilang cukup unik karena dinding yang menghadap kiblat terbuat dari kaca, jadi kita bisa melihat langsung pemandangan alam yang sangat indah tersebut yang membuat kita senantiasa selalu bersyukur pada Tuhan atas ciptaanya.

gardu pandang goa rong
gardu pandang. foto IG @ariezakaria.az

Dengan berbagai fasilitas untuk anak yang sudah disediakan di kawasan wisata ini, kini Goa Rong juga menjadi salah satu tempat wisata keluarga disekitar Ungaran yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Karena namanya adalah “Goa Rong” tentu di tempat wisata ini harus ada goa-nya, ya, sesuai namanya, di tempat wisata Goa Rong terdapat sebuah goa yang terletak tak jauh dari rumah makan (di sebelah kanan).

Dari situ terdapat tangga yang akan menuntunmu menuju lokasi goa, yang perlu diingat, Goa Rong merupakan goa kecil yang hanya bisa dimasuki oleh beberapa orang saja, jadi jika kamu ingin masuk kedalam  goa, tolong antre dengan pengunjung lainnya ya.

Puas berkeliling, kini saatnya kamu bersantai, di kawasan wisata Goa Rong sudah disediakan banyak gazebo yang bisa kita gunakan untuk beristirahat secara gratis, uniknya, gazebo-gazebo tersebut dinamai dengan nama gunung, seperti Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro dan Slamet.

Baca Juga :
daftar tempat wisata romantis di Semarang

goa rong 2020
Goa rong. foto IG @teguhdwi.wahyudi



FASILITAS
Musholla
Toilet
Tempat Parkir
Spot Foto
Warung Makan
Gazebo
Taman
Camp Ground
Goa
Dan masih banyak lagi


    Harga Tiket Masuk Goa Rong (HTM):
    Untuk bisa masuk di kawasan wisata ini kita hanya perlu membayar Rp. 20.000/orang saja.

    Jam Buka :
    Goa Rong buka setiap hari mulai pukul 08:00-18:00 WIB

    Akomodasi (Penginapan)
    Sudah terdapat resort disekitar tempat wisata Goa Rong, atau jika kamu ingin merasakan sensasi lebih dekat dengan alam, kamu bisa berkemah di kawasan Goa Rong, disini sudah disediakan camping ground yang bisa kita gunakan untuk mendirikan tenda.



    Lokasi Goa Rong:

    Goa Rong terletak di Jalan Raya Tuntang-Bringin KM 2, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
    • 42 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl.Tembalang-Ungaran (55 menit)
    • 48 Km dari Bandara Ahmad Yani melalui Jl. Tembalang-Ungaran (1 jam)
    • 11 Km dari Kota Salatiga melalui Jl. Diponegoro dan Jl. Salatiga-Semarang (27 menit)
    • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



    Rute Menuju Goa Rong Tuntang

    #Dari Arah Semarang Kota
    Apabila kamu dari arah Semarang, bisa mengikuti rute Semarang-Ungaran-Bawen-Tuntang, setelah melewati Jembatan besi besar (jembatan setelah Kebun Kopi Banaran) akan terdapat Pos Polisi di pertigaan kiri jalan.

    Dari situ silahkan belok ke pertigaan tersebut (ke kiri) dan ikuti jalan hingga kamu menemukan lapakan bola di kanan jalan, dimana di sisi lapangan tersebut terdapat jalan dan spanduk bertuliskan "Wisata Goa Rong", ikuti saja jalan beraspal tersebut hingga kamu sampai di Pos Retribusi, walaupun jalannya berkelok-kelok tapi sudah terdapat petunjuk kok.


    #Dari Arah Purwodadi Grobogan
    Atau jika kamu dari arah Purwodadi, kamu bisa mengikuti rute Purwodadi-Godong-Gubug-Kedung Jati-Bringin-Tuntang. Ikuti saja jalan menuju Tuntang tersebut.

    Setelah kamu memasuki Kecamatan Tuntang, pelankan kendaraanmu dan lihat di sisi kiri, jika kamu menemukan lapangan yang terdapat jalan di sisinya dengan spanduk "Wisata Goa Rong", silahkan belok dan ikuti petunjuk sampai di lokasi wisata Goa Rong.


    #Dari Arah Boyolali, Salatiga, Solo
    Sedangkan jika kamu dari arah Salatiga, Boyolali, Solo dan sekitarnya, kamu bisa menuju ke arah UKSW, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu melewati perbatasan Kabupaten Salatiga dan Kabupaten Semarang.

    Tetap lurus sampai kamu menemukan gapura Desa Lopait di kanan jalan, dimana tepat di depan gapura tersebut terdapat indomaret. Setelah itu silahkan masuk dan lurus saja sampai kamu menemukan petunjuk arah menuju Goa Rong.

    Atau kamu bisa melihat di Google Maps.



    Tips Berlibur ke Goa Rong Tuntang :

    • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Goa Rong adalah di pagi dan sore hari, karena saat itu sinar matahari tidak terlalu terik.
    • Berkunjunglah di hari biasa agar kamu bisa lebih puas, sebab di hari libur dan akhir pekan biasanya banyak wisatawan berlibur kesini.
    • Jangan membuang sampah sembarangan, jangan mencoret coret fasilitas umum dan selalu taati aturan ya.
    • Jika kamu tidak yakin dengan jalannya, cukup bertanya pada warga sekitar.




    Wisata Terdekat dari Goa Rong (-1 Jam):

    Eling Bening (19 menit)
    Eling Bening memiliki pemandangan yang hampir sama dengan Goa Rong, hanya saja fasilitas di Eling Bening lebih lengkap, seperti terdapatnya kolam renang, restoran, dan fasilitas penunjang lainnya.

    Cimory Semarang (22 menit)
    Cimory Semarang adalah sebuah tempat wisata keluarga yang cukup edukatif dan seru jika kita kunjungi bersama anak-anak, di Cimory Semarang ini kita bisa menemukan banyak hewan-hewan, salah satunya adalah sapi totol yang diimport langsung dari luar negeri.

    Rawa Pening (29 menit)
    Inilah tempat wisata yang selalu dijadikan pemandangan utama dari beberapa wisata disekitarnya seperti Eling Bening dan Goa Rong. Rawa Pening merupakan danau terluas di Semarang, disini kita bisa berkeliling danau menggunakan perahu.

    Museum Kereta Api Ambarawa (26 menit)
    Museum KA Ambarawa merupakan sebuah Museum yang terletak di Ambarawa, Museum ini memiliki banyak sekali koleksi lokomotif tua yang terlihat masih sangat terawat, wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi para pecinta wisata sejarah.

    Wisata Alam Lereng Kelir (38 menit)
    Wisata Alam Lereng Kelir ini menawarkan pemandangan yang serupa dengan Goa Rong dan Eling Bening, hanya saja Lereng Kelir lebih menonjolkan sisi alaminya, selain itu di Lereng Kelir terdapat juga gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk berfoto ria.

    Kampung Kopi Banaran (15 menit)
    Wisata keluarga berkonsep alam dan edukatif, cocok dikunjungi bersama teman maupun anak-anak.

    Saloka Fun Park (8 menit)
    Taman bermain terbesar di Semarang dengan mengusung konsep seperti dufan.

    foto header by IG @ariezakaria.az



    Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar