Goa Rong, Spot Keren Untuk Melihat Sunrise Disekitar Rawa Pening


Jalur Semarang – Ungaran menuju Salatiga memang salah satu jalur yang memiliki cukup banyak wisata, mulai dari wisata religi seperti Pagoda Watu Gong hingga wisata alam seperti Rawa Pening dan Eling Bening.

goa rong tuntang semarang
keren ya. foto : kekkee2 

Tapi, selain beberapa tempat wisata diatas, masih terdapat tempat wisata lainnya yang tak kalah kece untuk kita kunjungi, namanya Goa Rong Tlogo Tuntang. Sesuai namanya, objek wisata Semarang satu ini terletak di daerah Tuntang.


Apa yang Menarik di Goa Rong ?

Goa Rong merupakan tempat wisata paling populer di Tuntang, objek wisata ini menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang dari ketinggian, karena itu tak jarang tempat wisata Goa Rong disebut juga dengan nama Bukit Rong.

sunset di goa rong
sunset di bukit rong. foto : tlogoresort

Tempat wisata ini mengusung konsep yang hampir mirip dengan Ketep Pass di Magelang, hanya saja fasilitas di Goa Rong lebih sedikit dan sederhana daripada di Ketep Pass. Tempat wisata ini sendiri berada di ketinggian sekitar 690 Mdpl dan terletak di tengah perkebunan karet.

Di puncak Bukit Rong terdapat gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat luasnya Rawa Pening dengan background Gunung Merbabu, Telomoyo dan Andong yang terlihat sangat mempesona. Tak jauh dari gardu pandang terdapat cafe yang bisa kita gunakan untuk bersantai sambil menyantap makanan.

Udara di kawasan wisata Goa Rong terbilang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi, ditambah dengan rimbunnya pepohonan di puncak bukit membuat suasana kian nyaman untuk bersantai. Setiap harinya Goa Rong selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama kalangan anak muda dan para orang tua yang berlibur dengan anak-anaknya.

Selain itu di Goa Rong kita juga bisa melihat indahnya matahari terbit yang terlihat diantara Gunung Merbabu, tak heran jika Goa Rong menjadi salah satu spot favorit di Kabupaten Semarang untuk melihat sunrise.

foto cewek cantik di goa rong
cocok buat nongkrong. foto : fasyaarina

Tak hanya itu saja, objek wisata ini juga ditunjang dengan berbagai macam fasilitas keren, salah satunya adalah Mushola, Mushola di kawasan Goa Rong terbilang cukup unik karena dinding yang menghadap kiblat terbuat dari kaca, jadi kita bisa melihat langsung pemandangan alam yang sangat indah tersebut yang membuat kita senantiasa selalu bersyukur pada Tuhan atas ciptaanya.

Dengan berbagai fasilitas untuk anak yang sudah disediakan di kawasan wisata ini, kini Goa Rong juga menjadi salah satu tempat wisata keluarga disekitar Ungaran yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Karena namanya adalah “Goa Rong” tentu di tempat wisata ini harus ada goa-nya, ya, sesuai namanya, di tempat wisata Goa Rong terdapat sebuah goa yang terletak tak jauh dari rumah makan (di sebelah kanan).

Dari situ terdapat tangga yang akan menuntunmu menuju lokasi goa, yang perlu diingat, Goa Rong merupakan goa kecil yang hanya bisa dimasuki oleh beberapa orang saja, jadi jika kamu ingin masuk kedalam  goa, tolong antre dengan pengunjung lainnya ya.

baca juga : daftar tempat wisata romantis di Semarang

goa rong semarang
ini dia goa rong. foto : deni_setiawan


Fasilitas :
  • Gazebo
  • Rumah Makan
  • Penginapan
  • Tempat Parkir
  • Gardu Pandang
  • Goa
  • Tempat Bermain Anak
  • Mushola
  • Toilet
  • Camping Ground


Harga Tiket Masuk Goa Rong :
Rp. 5.000/orang

Jam Buka :
Setiap hari

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat resort disekitar tempat wisata Goa Rong, atau jika kamu ingin merasakan sensasi lebih dekat dengan alam, kamu bisa berkemah di kawasan Goa Rong, disini sudah disediakan camping ground yang bisa kita gunakan untuk mendirikan tenda.


Lokasi :

  • Alamat ; Jalan Raya Tuntang-Bringin KM 2, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • 42 Km dari pusat Kota Semarang melalui Jl.Tembalang-Ungaran (55 menit)
  • 48 Km dari Bandara Ahmad Yani melalui Jl. Tembalang-Ungaran (1 jam)
  • 11 Km dari Kota Salatiga melalui Jl. Diponegoro dan Jl. Salatiga-Semarang (27 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Goa Rong Tuntang

Apabila kamu dari arah Semarang, bisa mengikuti rute Semarang-Ungaran-Bawen-Tuntang, setelah melewati Jembatan besi besar (jembatan setelah Kebun Kopi Banaran) akan terdapat Pos Polisi di pertigaan kiri jalan, silahkan belok ke pertigaan tersebut dan ikuti jalan hingga kamu menemukan gapura di kanan jalan dengan spanduk bertuliskan “Tempat Wisata Goa Rong”, masuk dan ikuti jalan tersebut hingga kamu sampai di Pos Retribusi.

Atau jika kamu dari arah Purwodadi, kamu bisa mengikuti rute Purwodadi-Godong-Gubug-Kedung Jati-Bringin-Tuntang. Sebelum Pos Polisi di pertigaan sebelah jembatan besi Tuntang, akan terdapat gapura di kiri jalan dengan spanduk “Tempat Wisata Goa Rong” silahkan masuk ke jalan tersebut dan ikuti saja hingga sampai di Pos Retribusi.

Sedangkan jika kamu dari arah Salatiga, Boyolali dan Solo, kamu bisa mengikuti jalan Semarang-Surakarta hingga bertemu Pos Polisi di pertigaan (kanan jalan) sebelum jembatan besi besar (Jembatan Tuntang), silahkan masuk ke pertigaan tersebut dan ikuti rute seperti diatas.

Untuk lebih jelasnya lagi, gapura Desa Delik bertuliskan Rt02/Rw05, jadi pastikan kamu teliti agar tidak terlewat ya.


Tips Berlibur ke Goa Rong Tuntang :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Goa Rong adalah di pagi dan sore hari, karena saat itu sinar matahari tidak terlalu terik.
  • Berkunjunglah di hari biasa agar kamu bisa lebih puas, sebab di hari libur dan akhir pekan biasanya banyak wisatawan berlibur kesini.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, jangan mencoret coret fasilitas umum dan selalu taati aturan ya.
  • Jika kamu tidak yakin dengan jalannya, cukup bertanya pada warga sekitar.



Lihat peta cara menuju ke goa rong semarang


Wisata Terdekat Dari Goa Rong :

Eling Bening (19 menit)
Eling Bening memiliki pemandangan yang hampir sama dengan Bukit Rong, hanya saja fasilitas di Eling Bening lebih lengkap, seperti terdapatnya kolam renang, restoran, dan fasilitas penunjang lainnya.

Rawa Pening (29 menit)
Inilah tempat wisata yang selalu dijadikan pemandangan utama dari beberapa wisata disekitarnya seperti Eling Bening dan Goa Rong. Rawa Pening merupakan danau terluas di Semarang, disini kita bisa berkeliling danau menggunakan perahu.

Museum Kereta Api Ambarawa (26 menit)
Museum KA Ambarawa merupakan sebuah Museum yang terletak di Ambarawa, Museum ini memiliki banyak sekali koleksi lokomotif tua yang terlihat masih sangat terawat, wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi para pecinta wisata sejarah.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »