Pantai Selong Belanak, Pantai Indah dan Minimalis di Lombok Tengah


Lombok memang salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia, di pulau Lombok terdapat beraneka ragam jenis wisata, mulai dari gunung, bukit hingga pantai.

Berbicara mengenai pantai, di Lombok memang terdapat banyak pantai dengan pemandangan indah, salah satunya adalah Pantai Senggigi, terlepas dari keindahan Pantai Senggigi, di Lombok masih terdapat pantai lainnya dengan pemandangan tak kalah cantik, namanya Pantai Selong Belanak.

indahnya pasir putih pantai selong belanak lombok 
pantai selong belanak. foto : difaangelo




Apa Yang Menarik Di Pantai Selong Belanak ?

Pantai Selong Belanak memiliki karakteristik pantai berpasir putih dengan air laut berwarna biru jernih dan ombak yang cukup tenang. Pantai Selong Belanak masih satu kawasan dengan Teluk Selong Belanak yang memiliki panjang sekitar 1000 meter dan langsung menghadap ke samudera hindia.

Pantai Selong Belanak Lombok memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan bentuk setengah lingkaran atau melengkung, di sekitar pantai kita bisa menemukan perahu nelayan yang terparkir rapi, karena memang sebagain besar masyarakat sekitar Pantai Selong Belanak berprofesi sebagai nelayan.

Pemandangan yang ditawarkan objek wisata Lombok ini sangatlah indah, sepanjang mata memandang kita akan melihat perbukitan yang mengelilingi pantai, warna perbukitan ini kontras dengan warna laut dan pasir yang menjadikannya terlihat sangat mempesona.

baca juga : alasan kenapa kamu harus berlibur ke Lombok
foto keren pantai selong belanak 
suasana disekitar pantai. foto : enique


Karena memiliki pemandangan yang sangat indah, kini Pantai Selong Belanak menjadi salah satu tujuan favorit bagi para pecinta wisata pantai di Lombok. Bahkan tak sedikit wisatawan asing yang mengatakan jika Pantai Selong Belanak memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan pantai di Hawai lho.

Ombaknya yang terbilang cukup tenang menjadikan Pantai Selong Belanak sangat cocok untuk berenang, tak cuma berenang saja, kita juga bisa snorkeling di kawasan Pantai Selong Belanak lho. Bagi kamu yang ingin snorkeling, kamu bisa menuju ke bagian utara pantai, karena di bagian selatan merupakan tempatnya para nelayan.

Pengunjung yang datang kesinipun lebih didominasi oleh wisatawan asing yang suka berjemur di pinggir pantai, walaupun begitu, seharusnya kita sebagai masyarkat Indonesia juga harus berkunjung kesini dong, jangan ke luar negeri terus.

pemandangan di pantai selong belanak 
pemandangan pantai selong belanak dari ketinggian : rockstartiket

Fasilitas :

  • Warung Makan 
  • Penginapan
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Spot Permainan Air
  • Dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Pantai Selong Belanak Lombok :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, sudah terdapat banyak hotel disekitar objek wisata Pantai Selong Belanak ini, tinggal pilih saja sesuai seleramu.



Lokasi :

  • Alamat ; Selong Belanak, Kecamatan Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
  • 49 Km dari Kota Mataram melalui Jl. By Pass Bandara Int. Lombok (1 jam 14 menit)
  • 21 Km dari Bandara Int. Lombok melalui Jl. Selong Belanak (32 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


Rute Menuju Pantai Selong Belanak Lombok

Akses menuju Pantai Selong Belanak bisa dibilang cukup mudah dengan jalur yang cukup halus, walaupun masih ada beberapa bagian yang sedikit rusak, nah, bagi kamu yang ingin berlibur kesini bisa mengikuti rute dibawah ini :

Mataram – Jalur Bandara Internasional – Perempatan Penujak ke Kanan – Pertigaan Masjid Nurul Huda Batujai – Belok kiri ke Jalur Penujak – Pasar Penujak Belok Kanan – Gapura Masuk Selong Belanak - Pantai Selong Belanak.


Tips Saat Berlibur Ke Pantai Selong Belanak :

  • usahakan untuk menggunakan mobil, jika kamu terpaksa menggunakan motor diharapkan untuk berhati hati saat sampai di jalan berpasir.
  • jangan malu untuk bertanya dengan warga setempat, karena sepanjang jalur menuju kesana jarang ada penunjuk jalan menuju lokasi tujuan.
  • jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Selong Belanak adalah di pagi dan sore hari.
  • jika terpaksa berkunjung di siang hari, jangan lupa membawa sunblock ya.




Wisata Terdekat Dari Pantai Selong Belanak  :

Pantai Mawi (12 menit)
Pantai Mawi memiliki pemandangan yang sangat indah, pemandangan di Pantai Mawi hampir sama dengan pemandangan di Pantai Selong Belanak, hanya saja ombak di Pantai Mawi cukup besar, jadi lebih cocok untuk kegiatan surfing.

Pantai Mawun (15 menit)
Pantai Mawun merupakan pantai berbentuk teluk, Pantai Mawun memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata unggulan di Lombok karena mempunyai pemandangan yang sangat indah dengan perbukita yang mengelilinginya.

Pantai Kuta (30 menit)
Siapa bilang Pantai Kuta cuma ada di Bali saja, di Lombok juga terdapat pantai dengan nama serupa lho, bedanya, Pantai Kuta di Lombok memiliki suasana yang lebih tenang karena tidak seramai Pantai Kuta di Bali, namun mengenai pemandangan, tak perlu diragukan lagi keindahannya.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »