Skip to main content

Gunung Padang, Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara

Wisata di Kabupaten Cianjur memang masih kalah populer dengan wisata di kota-kota tetangga lainnya.

Tapi siapa sangka, di Cianjur terdapat satu tempat wisata yang sudah sangat populer baik di Cianjur sendiri maupun di kota lain, terutama bagi yang menyukai wisata alam dan sejarah.

foto situs gunung padang
ini dia situs gunung padang. foto : @teshaskia

Wisata tersebut adalah Situs Gunung Padang, sebuah gunung dengan bangunan-bangunan peninggalan zaman Megalitikum.


Apa yang Menarik di Gunung Padang ?

Gunung Padang merupakan salah satu komplek peninggalan zaman dahulu yang masih tersisa sampai sekarang.

foto pemandangan di gunung padang
pemandangan alam gunung padang keren bro! foto : @urukira_sinar

Uniknya bangunan di kawasan Gunung Padang bukanlah sebuah gedung atau bangunan berdiri pada umumnya, melainkan sebuah balok-balok panjang yang tersebar di seluruh area gunung.


Gunung Padang sendiri memiliki tinggi kurang lebih 885 Mdpl dan dipercaya sebagai situs peninggalan Megalitikum terbesar se-Asia Tenggara dengan luas bangunan purbakalanya sekitar 900 m² dan areal situsnya sekitar 3 Hektar.

Situs Gunung Padang ini sendiri berasal dari periode 2500-4000 SM. yang berarti bangunannya telah ada sekitar 2.800 tahun sebelum dibangunnya Candi Borobudur.

Sudah sangat tua ya, bahkan menurut info, usia situs Gunung Padang lebih tua dari Machu Picchu di Peru dan diinformasikan juga jika situs ini dibangun pada periode yang sama dengan Piramida di Mesir.

Dinamakan Gunung Padang karena lokasinya yang berada di ketinggian, kata “Padang” diambil dari kata “Pa” yang berarti “tempat” dan “Dang” yang berarti “Suci atau Agung” nama tersebut memiliki arti “Tempat yang Diagungkan”.

baca juga :
daftar tempat wisata populer di Majalengka



Sejarah Situs Gunung Padang

Menurut cerita masyarakat setempat, mereka meyakini bahwa reruntuhan bebatuan di Gunung Padang berkaitan dengan upaya Prabu Siliwangi yang ingin membangun istana dalam semalam.

Prabu Siliwangi bersama pasukannya mengumpulkan balok-balok batu dari sekitar Gunung Padang untuk membangun istana, namun sayang upaya tersebut gagal karena fajar telah tiba dan akhirnya bebatuan tersebut dibiarkan begitu saja.

Pemandangan di Situs Gunung Padang sangat unik karena saat kita mulai memasuki kawasan Situs, kita akan melihat ada banyak sekali bebatuan yang berbentuk persegi panjang.

foto pemandangan situs gunung padang
pemandangan gunung padang dari atas nih. foto : @himawandmaw

Uniknya lagi bebatuan ini hanya akan kita temukan di kawasan Gunung Padang saja, jika kita keluar dari kawasan Gunung Padang kita tidak akan menemukan bebatuan seperti itu lagi.

Sebagian besar bebatuan yang ada di Gunung Padang adalah batuan vulkanik alami dan tersusun bertingkat-tingkat, masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan nama "punden berundak".

Bahkan ada beberapa batu yang bisa mengeluarkan suara layaknya suara alat musik lho, Situs Gunung Padang sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang menyukai wisata sejarah.

Pemandangannya yang indah dan unik juga sangat cocok untuk kamu abadikan kedalam kamera, tak jarang pula para fotografer datang ke Gunung Padang untuk hunting foto.

Sebagai tempat wisata populer, Gunung Padang ditunjang dengan fasilitas yang cukup memadai, terlebih bagi kamu yang ingin menginap, di dekat kawasan wisata sudah terdapat banyak sekali penginapan dengan bermacam harga yang bisa kamu pilih.

baca juga :
daftar gunung terindah di pulau jawa
mencari wisata mirip Gunung Padang ? yuk ke Stone Garden aja

Fasilitas :
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Gunung Padang :
Rp. 4.000/orang

Jam Buka :
09:00-17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sudah terdapat banyak penginapan tak jauh dari Gunung Padang, tinggal cari saja yang cocok dengan seleramu.




Lokasi Gunung Padang:

  • Alamat ; Dusun Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
  • 83 km dari pusat Kabupaten Cianjur melalui Jl. Campaka – Sukanagara (3 jam 50 menit)
  • 22 km dari pusat Kota Sukabumi melalui Jl. Gandasoli – Cireunghas (1 jam 7 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Rute Menuju Gunung Padang

Akses menuju Situs Gunung Padang sangatlah muidah, bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, bila kamu berdomisili di Jakarta kamu bisa mengambil rute menuju ke Puncak Bogor – Cianjur Kota.

Dari Kota Cianjur melanjutkan perjalanan menuju Jl. Cianjur – Sukabumi, dari sini terdapat dua jalur yang bisa kita pilih, yaitu melalui Jalur Pal Dua dan Tegal Saleh.

Jika melalui jalur Pal Dua, maka kamu harus menuju ke Desa Warungkondang, dari desa tersebut kamu bisa mengikuti jalur Cipadang-Cibokor-Lampegan-Pal Dua-Ciwangin-Cimanggu dan berakhir di Dusun Gunung Padang.

Jika melalui jalur Tegal Sereh, maka kamu harus menuju ke Desa Sukaraja kemudian belok kiri dengan mengikuti jalur Cireungas-Cibanteng-Rawabesar-Sukamukti-Cipanggulan dan terakhir Dusun Gunung Padang.








Tips Saat Berlibur Ke Situs Gunung Padang :

  • Datanglah saat pagi hari agar kamu bisa lebih puas, dan jangan buang sampah sembarangan ya.
  • Jalur yang akan kamu lalui adalah jalan menanjak, jadi pastikan kendaraan kamu sudah di servis.
  • Lebih baik datang saat hari biasa karena biasanya saat akhir pekan akan ramai oleh pengunjung.
  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.








Lihat peta cara menuju ke gunung padang




Wisata Terdekat Dari Situs Gunung Padang (-1 Jam):

Curug Cikondang (49 menit)




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar