Megahnya Candi Borobudur Magelang, emm.. atau Jogja ?


Berwisata Sejarah Di Situs Warisan Dunia Borobudur



Borobudur, siapa sih yang tidak kenal dengan candi satu ini, komplek candi budha yang terletak di kabupaten magelang ini masuk dalam 7 keajaiban dunia, dan dipercaya sebagai komplek candi budha terbesar di Indonesia bahkan di dunia.


foto indahnya sunrise di candi borobudur 
sunrise di borobudur. foto : ragelreakara

UNESCO menetapkan candi borobudur sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991, selain termasuk situs warisan dunia, candi borobudur juga menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi orang orang yang menyukai sejarah, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di komplek candi borobudur yang memiliki luas sekitar 123x123 m ini terdapat 504 arca dan 72 stupa, selain itu terdapat sekitar 1460 relief yang terukir di dinding candi, borobudur menjadi bukti bahwa majunya peradaban jaman dahulu dalam bidang arsitektur.

Terdapat dua museum di komplek candi borobudur, yaitu museum samudra raksa yang didalamnya memiliki koleksi yang berhubungan dengan perdagangan asia-afrika zaman dahulu dan museum karmawibhangga yang memiliki informasi tentang pembangunan candi borobudur ini.

foto pemandangan candi borobudur 
pemandangan borobudur di siang hari. foto : k1sometime


Jika kamu tertarik dengan cerita yang terdapat pada relief bangunan, namun tidak bisa membacanya, jangan kawatir, kamu bisa menyewa pemandu untuk membantumu menceritakan alur cerita dari relief tersebut, untuk mengikuti alur ceritanya kamu harus berkeliling dari zona paling bawah hingga paling atas.

Setiap tahunnya, candi borobudur dijadikan tempat peribadatan bagi umat budha dari berbagai negara, seperti thailand, china, kamboja dan tibet, puncak perayaan waisak dilakukan setiap tahunnya pada bulan purnama atau biasa terjadi di bulan mei, para budha akan mengajak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melepaskan ratusan lampion ke langit beserta harapan baik.

Saat itulah candi borobudur akan sangat ramai dikunjungi wisatawan, selain itu banyak fotografer yang hunting foto disini, lokasinya yang strategis karena dikelilingi pegunungan seperti gunung merapi, merbabu, sumbing dan sindoro menjadikan pemandangan kian menarik untuk diabadikan.

foto candi borobudur dari kejauhan 
borobudur dari kejauhan. foto : arismagnet


Akses menuju ke tempat tujuan juga cukup mudah dan bisa dijangkau dari manapun, sebagai objek wisata favorit fasilitas disini bisa dibilang cukup lengkap dan menunjang objek wisata itu sendiri, seperti terdapatnya tempat parkir luas, toko souvenir, toilet, dan bagi kamu yang ingin menginap, akomodasi disini sangat mudah untuk ditemukan, sudah banyak hotel didekat kawasan candi borobudur yang bisa kamu pilih.



Tips Saat Berlibur Ke Candi Borobudur:


  • jika datang siang hari, jangan lupa membawa payung atau topi karena cuaca bisa sangat panas.
  • apabila tidak membawa payung/topi, kamu bisa menyewa payung di dekat pintu masuk.
  • jika kamu tertarik untuk membaca relief, bisa menyewa pemandu untuk membantumu membacakan alur ceritanya.
  • apabila kamu dari jogja, banyak bus jurusan candi borobudur yang bisa kamu temui di terminal giwangan.
  • datanglah saat pagi atau sore untuk melihat indahnya sunrise dan sunset.
  • borobudur terletak di magelang ya, bukan di jogja :) 

baca juga : pantai nglambor, lokasi populer untuk snorkeling di jogja




Lokasi :


  • Alamat ; Jl. Bradawati, Borobudur, Magelang
  • 17 km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang-Yogyakarta (30 menit)
  • 53 km dari Terminal Giwangan Jogja (1 jam 19 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)





Jam Buka :
06:00-17:00 WIB
Tiket :
Rp. 30.000/orang (dewasa)
Rp. 12.500/orang (anak-anak)



Wisata Terdekat Dari Borobudur :

Punthuk Setumbu (12 menit)
Ketep Pass (45 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »