Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, MURAH loh!, cek contohnya disini. Lihat Syaratnya disini

×

Top 14 Spot Diving Terbaik di Indonesia dengan Pemandangan Paling Indah

Indonesia, negara kepulauan yang memiliki sejuta keindahan alam, mulai dari dataran, pegunungan hingga bawah laut menawarkan pemandangan yang tak boleh kita lewatkan.

Kita tahu keindahan bawah laut Indonesia memang sangat mengagumkan. Tak heran jika negara kita menjadi salah satu tujuan diving favorit turis-turis mancanegara.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali tempat keren untuk diving. Tapi nyatanya masyarakat Indonesia kebanyakan tidak terlalu menyukai diving, ibarat orang memiliki Ferari namun tidak mau memakainya, malah wisatawan luar negerilah yang memakainya.

Nah untuk itu ayo kita mulai menggunakan “Ferari” milik kita, di bawah ini adalah daftar lokasi diving terindah dan terbaik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.




Karimun Jawa, Jepara, Jawa Tengah

foto diving di karimunjawa
banyak terumbu karang cantik. foto : www.travelindo.com

Inilah primadona diving di pulau Jawa, Kepulauan Karimun Jawa terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, kepulauan satu ini memiliki lebih dari 30 spot diving dengan pemandangan yang sangat mempesona.

Beraneka ragam terumbu karang dan hewan-hewan langka seperti penyu hijau hingga lebih dari 200 spesies ikan hias hidup di perairan Karimun Jawa, jadi sangat disayangkan bila kamu melewatkan spot diving di Karimun Jawa.




Kepulauan Seribu, Jakarta

foto diving di kepulauan seribu
berenang bareng ikan-ikan cantik yuk. foto : http://groupon.co.id/

Tak jauh-jauh dari Ibu Kota terdapat spot diving yang cukup digandrungi diver di Jawa Barat dan sekitarnya, Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau kecil dimana di beberapa pulau memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah.

Kelebihan Kepulauan Seribu adalah lokasi divingnya yang juga sangat cocok untuk pemula, di beberapa pulau seperti Pulau Tidung, Pulau Pari hingga Pulau Pramuka selalu ramai oleh pengunjung, jadi jika kamu berdomisili di Jakarta tidak ada salahnya mencoba spot diving terdekat terlebih dahulu sebelum mencoba yang lebih jauh, bukan begitu ?




Bali

foto bawah laut pulau menjangan keren
ada nemo di pulau menjangan. foto : photogramateur

Tak heran memang jika Bali termasuk dalam daftar spot diving terindah di Indonesia, di pulau Dewata terdapat banyak sekali spot diving dengan berbagai macam pemandangan khasnya, mulai dari Pulau Menjangan hingga Nusa Penida dimana kita bisa melihat Manta, yaitu sejenis ikan pari.

Beberapa spot diving di Bali yang cukup populer adalah :
Nusa Penida (Penida Bay, Batu Abah, Manta Point, Batu Meling, Toyapakeh, Batu Lumbung, Crystal Bay, dan Malibu Point).

Amed (Tebing Laut Amed, Teluk Lipah, Gili Selang).

Tulamben (Bangkai Kapal Liberty, Coral Garden, Batu Kelebit, Seraya Secrets, Kubu Reef).

Sanur (Jeladi Willis, Sanur Bay, Penjor Reef).

Pulau Menjangan (Secret Bay, Pemuteran, PJ).

Pantai Timur Bali (Amuk Bay, Gili Biaha, Gili Tepekong, Gili Mimpang, Blue Lagoon).





Kepulauan Gili, Lombok, NTB

foto penyu di gili trawangan
menyelam bareng penyu di gili trawangan. foto : haztombs

Semua pasti setuju jika Kepulauan Gili seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno memiliki keindahan bawah laut yang sangat mempesona, selain terkenal dengan night party-nya, Kepulauan Gili juga terkenal dengan taman bawah laut karena disini kita bisa melihat beraneka ragam terumbu karang, ikan hias, moray eel, hingga penyu yang berenang kesana kemari.






Pulau Komodo, NTT

foto manta point di pulau komodo
ini dia manta si ikan pari. foto : uberscubakomodo

Pulau Komodo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Pulau Komodo kini sudah ditetapkan sebagai Taman Nasional bersama Pulau Rinca, Pulau Padar dan pulau-pulau kecil lainnya, selain terkenal dengan Komodo, kepulauan satu ini juga terkenal dengan keindahan bawah launnya lho.

Lokasi menyelam terbaik di sekitar Pulau Komodo antara lain seperti di Pantai Merah, Batu Bolong, Tatawa Besar, Batu Tiga dan Manta Point, selain itu bawah laut di sekitar Pulau Komodo juga menjadi habitat beraneka ragam ikan hias dan terumbu karang, namun spot diving di Pulau Komodo tidak disarankan untuk pemula ya guys.




Kepulauan Alor, NTT

foto diving di pulau alor ntt
keren pokoknya!. foto : stevroni

Di Kepulauan Alor terdapat setidaknya 20 pulau kecil dengan memiliki lebih dari 30 spot diving dengan pemandangan khasnya sendiri, ketika kita menyelam di kawasan ini kita akan disuguhkan pemandangan cantiknya terumbu karang, beraneka ragam ikan hias dan biota laut lainnya. Beberapa diantaranya adalah Half Moon Bay, Baruna’s Point, Coconut Groove, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Never – Never Wall, Trip Top, No Man’s Land dan masih banyak lainnya.




Raja Ampat, Papua Barat

foto diving bawah laut raja ampat
terumbu karangnya cantik banget. foto : niohoho

Siapa sih yang tidak tahu tentang Raja Ampat, surga Indonesia yang sudah mendunia ini menyimpan banyak sekali keindahan alam, Raja Ampat terletak di bagian barat laut pulau Papua, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yaitu Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo.

Raja Ampat menawarkan pemandangan bawah laut yang tak akan terlupakan oleh wisatawan, di Raja Ampat terdapat sekitar 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), dan lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska.





Morotai, Maluku Utara

foto diving di morotai
yuk ke morotai. foto : armina86

Morotai terletak di kepulauan Halmahera, Morotai sudah cukup populer dikalangan penyelam Indonesia, kini Morotai berusaha menjadi spot diving favorit di Indonesia dengan segudang keindahan bawah laut yang dimilikinya.

Selain keindahan terumbu karang dan ikan-ikan hias, di Morotai kita juga bisa melihat bangkai kapal perang hingga pesawat dari peninggalan perang dunia ke-II hanya dalam kedalaman 20-30 meter saja, oleh karena itu Morotai lebih dikenal sebagai spot penyelaman sejarah karena banyaknya bangkai barang peninggalan zaman dahulu.




Kepulauan Banda, Maluku

foto bawah laut di pulau banda
serem-serem gimana gitu. foto : indonesia.travel

Maluku layaknya provinsi yang diperuntukkan bagi pecinta diving, di Maluku terdapat banyak sekali spot keren yang tak boleh kita lewatkan, salah satunya adalah di Kepulauan Banda, Kepulauan Banda terdiri dari 10 pulau dengan Pulau Neira, Pulau Banda Besar, dan Pulau Gunung Api sebagai pulau terbesarnya.

Kepulauan Banda memiliki beberapa spot menyelam yang sangat mempesona seperti di Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Sjahrir dan Batu Kapal, Pulau Lontar, Gunung api, Batu Belanda, Pulau Ai dan Pulau Hatta.




Ambon, Maluku

foto diving pintu kota point ambon
pintu kota point. foto : adambenjamin45

Ambon sebagai ibu kota provinsi Maluku tak mau kalah dengan menawarkan keindahan bawah lautnya, di Ambon setidaknya terdapat sekitar 21 spot diving dengan berbagai pemandangan yang sangat indah, beberapa spot populer di Ambon adalah Hukurila Cave, Aquila Wreck, Laha, Lehari-Labuang, Muka Batu, dan Pulau Pombo.





Wakatobi, Sulawesi Tenggara

foto diving bawah laut wakatobi
banyak ikan dan terumbu karang cantik lho. foto : wakatobidivetrip

Sejak 1996 Wakatobi sudah menjadi Taman Nasional, Kepulauan Wakatobi menawarkan pemandangan bawah laut yang akan membuat penyelam terpesona, terdapat sekitar 40 spot diving yang bisa kita coba dengan pemandangan 750 jenis koral dan 25 buah gugusan terumbu karang.

Wakatobi memiliki kedalaman bervariasi, bahkah yang terdalam mencapai hingga 1.044 meter lho dengan jarak pandang sekitar 15-80 meter, bukankah itu sangat keren ? beberapa spot juga berbatasan langsung dengan Laut Banda yang juga memiliki taman bawah laut yang indah.




Bunaken, Sulawesi Utara

foto taman bawah laut bunaken
taman bawah laut bunaken. foto : lizenberger.v

Bunakan layak disebut sebagai taman laut terindah karena menawarkan warna-warni terumbu karang dan beraneka ragam biota laut bahkan disini kita bisa melihat  ikan duyung, lumba-lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya lho. Bunaken memiliki sekitar 20 spot menyelam dengan kedalaman hingga 1.344 meter.




Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

foto diving di derawan bersama penyu
bertemu penyu lagi. foto : kakabantrip

Siapa yang tidak tahu dengan kepulauan ini? Bagi pecinta diving pasti sudah tidak asing dengan Kepulauan Derawan, Kepulauan Derawan memiliki sekitar 31 pulau dengan beberapa pulau populer seperti Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban.

Di setiap pulau memiliki pemandangannya tersendiri, nah, di Pulau Kakaban terkenal dengan atol yang membentuk danau air asin dan 4 jenis ubur-ubur yang tidak menyengat, selain itu juga terdapat sekitar 21 spot menyelam lho.





Pulau Weh, Sabang, Aceh

foto pemandangan bawah laut pulau weh aceh
keindahan bawah laut pulau weh. foto : michaelsjukrie

Pulau Weh sudah cukup terkenal dikalangan pecinta diving, disini terdapat banyak sekali spot menarik yang bisa kita kunjungi, salah satunya adalah di Pulau Rubiah, beberapa spot terkenal di Sabang dan sekitar Pulau Weh adalah :

The Canyon (struktur batu vulkanik bawah air dengan kedalaman antara 15 – 70 meter)
Batee Tokong.

Sophie Rickmers (bangkai kapal sepanjang 134 meter yang tenggelam pada 1940).

Arus Balee (spot dengan arus laut yang kuat dan kerap berubah).

 Pantai Ideu.




Nah, itulah daftar spot diving terbaik di Indonesia yang bisa masuk dalam list destinasimu, dari tempat-tempat diatas mana saja yang menjadi favoritmu?

Ingin bertanya atau sekedar menyapa? Temukan kami di..

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar