Skip to main content

Peraturan Tak Tertulis yang Harus Ditaati Semua Pendaki Gunung

Mendaki gunung memang kini sudah menjadi salah satu gaya hidup kalangan anak muda, tak heran jika sekarang gunung-gunung di Indonesia sangat ramai oleh pendaki, terutama gunung dengan pemandangan indah seperti Merbabu, Rinjani dan Prau, tak terlepas juga gunung dengan jalur berat seperti Raung.

foto oro oro ombo gunung semeru
oro oro ombo gunung semeru. foto : @pendakiindonesia

Tapi sayang, karena saking banyaknya orang yang ingin mendaki gunung, mereka terkadang lupa akan peraturan-peraturan yang berlaku ketika mendaki gunung.

Nah, bagi kamu yang lupa, di bawah ini adalah peraturan-peraturan tak tertulis yang seharusnya ditaati oleh setiap pendaki tanpa terkecuali.



Membawa Turun Sampah

Peraturan pertama dan paling penting adalah membawa turun kembali sampah kita, ribuan pendaki setiap bulannya memadati gunung-gunung di Indonesia, bayangkan jika satu saja pendaki meninggalkan sampah bawaanya di gunung.

Setiap bulannya akan ada jutaan sampah yang terbengkalai di gunung, jika nantinya gunung penuh dengan sampah, tentunya kita juga yang akan rugi karena tidak bisa melihat keindahan dari gunung tersebut lagi.

Untuk itu, kita sebagai pendaki gunung harusnya menaati aturan ini, terutama bagi para pendaki pemula yang baru mengenal dunia pendakian, selalu membawa plastik sampah ketika mendaki agar nantinya tak perlu repot dalam membuang sampah, cukup masukkan ke plastik sampah lalu kita bawa turun dan buang di tempat sampah.





Etika Buang Air Besar

Bagi yang rutin membuang air besar setiap harinya, tentu akan sedikit repot ketika mendaki karena harus BAB setiap pagi, nah, tips dan peratuan tak tertulis untuk BAB di alam bebas adalah dengan mencari spot/lokasi tak terlihat (biasanya dibalik semak-semak) dan jauh dari jalur pendakian.

Sebelum memulai BAB, terlebih dahulu kita harus menggali lubang, jadi jangan asal jongkok dan BAB begitu saja, kamu bisa mengikuti gaya kucing ketika BAB, yaitu menggali lubang-BAB-tutup lubang, nah untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan air, tisu, batu atau daun.

baca juga :
daftar gunung terindah di pulau Jawa



Jangan Memetik Bunga Edelweis

Inilah peraturan yang sering dilanggar oleh para pendaki, terutama pendaki pemula, bunga Edelweis atau biasa dikenal juga dengan sebutan Bunga Abadi merupakan bunga indah dan hanya tumbuh didataran tinggi lebih dari 2000Mdpl.

Bunga Edelweis sangat memikat hati para pendaki karena keindahannya dan juga bisa tahan bertahun tahun walaupun sudah dipetik dan tanpa diletakkan di air sekalipun, namun ternyata Bunga Edelweis merupakan salah satu bunga yang dilindungi, jadi kamu jangan pernah memetiknya ya.




Selalu Gunakan Peralatan Safety

Saking populernya pendakian gunung, sering kita temui pendaki yang mendaki gunung hanya dengan peralatan dan pakaian seadanya, bahkan tak jarang pula ada yang hanya menggunakan sandal jepit.

Padahal, untuk beraktivitas di alam tentunya kita perlu menjaga diri sebab tidak ada yang tidak mungkin di alam.

Misal dengan menggunakan sepatu/sandal gunung, jaket dan celana cepat kering, membawa peralatan P3K, kecerobohan para pendaki inilah yang terkadang menjadi malapetaka bagi dirinya sendiri, jadi keep safety ya guys.




Vandalisme

Vandalisme atau mencoret-coret setiap benda yang ditemui merupakan sebuah kegiatan norak, vandalisme merupakan perilaku yang sangat sering kita temui di setiap gunung.

Biasanya para pendaki norak tersebut mencoret-coret papan petunjuk, batu hingga pohon dengan apapun yang bisa digunakan untuk mencoret-coret mulai dari pensil, spidol hingga tipex.

Padahal kegiatan tersebut tidak keren sama sekali, malah akan membuat mereka terlihat seperti anak kecil yang baru belajar menulis, anak kecil akan kegirangan ketika melihat sebuah benda bersih dan langsung ingin mencoret-coretnya, bukankah begitu?

baca juga :
daftar gunung ramah pendaki untuk pendaki pemula


Jangan Membawa Barang yang Dilarang

Beberapa gunung kini sudah membuat peraturan yang lebih detail, seperti dilarang membaawa tisu basah, speaker, drone, bahkan hingga boneka. Hal ini dilakukan agar kelestarian gunung tetap terjaga dari tangan-tangan jahil manusia.



Tambahan beberapa peraturan standar mendaki gunung

  • Sopan, bertingkah laku, perbuatan, atau ucapan dengan baik.
  • Setiap pendaki wajib lapor ke pihak Basecamp sebelum dan sesudah pendakian.
  • Bagi pendaki yang mempunyai riwayat penyakit, khususnya penyakit jantung dan pernapasan, dilarang melakukan pendakian. 
  • Setiap pendaki wajib melaporkan daftar barang bawaannya ke pihak Basecamp.
  • Dilarang mesum, berbicara kotor, dan sebisa mungkin jangan banyak mengeluh.
  • Dilarang mendekati bibir kawah (jika terdapat kawah di puncaknya).



Nah, itulah beberapa peratuan tak tertulis dan tertulis yang seharusnya ditaati oleh para pendaki gunung, jika kamu memiliki info mengenai peraturan naik gunung lainnya, yuk share di kolom komentar.



Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar