Skip to main content

Curug Gomblang, Air Terjun Cantik dan Tersembunyi di Banyumas

Banyumas merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di kaki Gunung Slamet, yaitu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Banyumas sendiri terkenal dengan wisata alam Baturaden yang menawarkan wisata alam cukup lengkap di lereng Gunung Slamet.

foto romantis di curug gomblang purwokerto
ajak pasangan biar romantis. foto : tamchan46

Jika kita jeli, sebenarnya masih terdapat banyak potensi wisata alam di lereng Gunung Slamet yang belum dimaksimalkan, nah, terlepas dari itu, kini di Banyumas terdapat sebuah air terjun yang mulai dilirik wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah, namanya Curug Gomblang.



Apa yang Menarik di Curug Gomblang Banyumas ?

curug gomblang
spot fotonya kece banget. foto : orienata_fy

Curug Gomblang adalah salah satu air terjun yang berlokasi di lereng Gunung Slamet, walaupun tidak terlalu tinggi namun debit air di Curug Gomblang cukup deras dengan aliran air yang jernih.

Curug Gomblang merupakan air terjun yang masih alami, hal ini terlihat dengan rimbunnya pepohonan di sekitar air terjun yang membuat suasana kian asri. Jika kita lihat, bentuk dari Curug Gomblang sekilas mirip dengan Air Terjun Tiu Kelep di Lombok, hanya saja lebih besar dan lebih deras.

Karena keindahan yang dimiliki Curug Gomblang, kini air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata alam favorit di Banyumas, terutama bagi kalangan muda.

Tapi tunggu dulu, untuk bisa menikmati keindahan dari Curug Gomblang tidaklah mudah. Dari tempat parkir kita diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam dengan jalur setapak, jika kamu pernah berkunjung ke Curug Lawe di Semarang, pasti kamu bisa memperkirakan jalur tersebut, hanya saja jalur di Curug Gomblang lebih ringan.

curug gomblang purwokerto
yakin gak mau kesini? foto : dhany

Selama perjalanan kita akan melewati hutan dengan pepohonan yang cukup rimbun, udara di kawasan objek wisata Banyumas ini terbilang cukup sejuk karena berada di kaki Gunung Slamet. Walaupun perjalanannya terbilang cukup jauh, namun nyatanya tetap banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

Sebelum kita sampai di lokasi air terjun, kita akan menemukan spot foto yang cukup populer, di spot ini disediakan sebuah papan bernama Selfie Desk yang bisa kita gunakan untuk berfoto dengan background Curug Gomblang yang terlihat sangat mempesona.

Sesampainya di lokasi air terjun, kita akan disambut dengan gemericik air terjun cantik ini, karena debit airnya yang cukup deras, jadi apabila kamu ingin mandi cukup di aliran sungainya saja ya.

baca juga : daftar tempat wisata di Pulau Jawa yang memiliki mitos tentang cinta



curug gomblang banyumas
keren ya air terjunnya. foto : auliaiman



Fasilitas :
Fasilitas di objek wisata Curug Gomblang masih seadanya, karena masih dalam tahap pengembangan.

Harga Tiket Masuk Curug Gomblang Banyumas :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di sekitar tempat wisata, bagi kamu yang ingin menginap bisa mencari hotel di pusat Kota Purwokerto.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • 17 Km dari pusat Kota Purwokerto melalui Jl. Ajibarang-Secang (42 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Curug Gomblang Banyumas

Dari pusat Kota Purwokerto kamu bisa menuju Jalan Karang Lewas, sesampainya di tugu perempatan Pasar Karang Lewas ambil jalan arah Kedungbanteng (arah wisata Baturagung) hingga kamu sampai di Desa Baseh, sesampainya di Desa Baseh silahkan bertanya pada warga sekitar mengenai lokasi Curug Gomblang ini.



Tips Berlibur ke Curug Gomblang Banyumas :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Gomblang adalah di musim kemarau dan di hari biasa (senin-jumat).
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Jangan lupa bawa baju ganti untuk berjaga-jaga jika basah.



Lihat peta cara menuju ke curug gomblang banyumas



Wisata Terdekat Dari Curug Gomblang :

Wanawisata Baturagung (5 menit)
Baturagung merupakan waterpark mini yang sudah cukup populer di Banyumas, waterpark ini selain menawarkan berbagai wahana seru juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah lho.

Curug Bayan (18 menit)
Curug Bayan merupakan curug mini yang terletak tak jauh dari kawasan wisata alam Baturraden, curug ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Banyumas.

Curug Penganten (31 menit)
Curug Penganten merupakan salah satu air terjun tersembunyi di Banyumas, untuk bisa sampai di lokasi air terjun kita harus trekking melalui hutan, air terjun ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta petualangan.




Jangan lupa selalu kunjungi Brobali.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar