Tanah Lot, Spot Keren Untuk Melihat Sunset di Bali


Menanti Senja Di Pura Luhur Tanah Lot



Pura Tanah Lot, merupakan sebuah objek wisata di Bali yang wajib dikunjungi selain pantai kuta dan Garuda Wisnu Kencana, terletak di desa beraban, kediri, tabanan, bali. bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dari bandara ngurah rai jika tidak macet.




sunset di pura tanah lot 
foto IG : @thereal_spike




pura tanah lot dibangun pada dua tempat berbeda, satu pada tebing yang menjorok ke laut dan satunya pada bongkahan batu besar, tanah lot merupakan salah satu pura khayangan jagat di Bali, yaitu sebagai tempat pemujaan dewa penjaga laut.

dibawah pura terdapat sebuah goa yang dihuni oleh ular ular laut, menurut cerita, ular tersebut diutus oleh Dang Hyang Nirartha (seorang penyebar agama hindu) sebagai penjaga pura tanah lot. sayangnya jika air laut sedang pasang kita tidak bisa menuju ke pura tersebut karena jalan menuju ke batu karang yang menyangga pura tertutup air.


Disebelah utara pura terdapat tebing yang menjorok ke laut, tebing inilah yang menghubungkan pura dengan daratan, dibawah, tepatnya disebelah barat terdapat air tawar yang merupakan air suci bagi umat hindu bali.


sunset indah di tanah lot 
foto IG : @yayan_suryana




waktu paling tepat untuk berkunjung ke tanah lot adalah pada saat sore hari, tanah lot merupakan salah satu tempat paling favorit untuk melihat sunset, pada bulan bulan tertentu pada saat matahari terbenam condong ke utara kita bisa melihat matahari terbenam tepat berada di tengah tengah lubang tebing.

Lokasi ini juga sering digunakan sebagai tempat foto prewedding, selain di pantai nyang nyang dan tegalwangi, karena lokasinya cukup strategis, jadi mudah untuk menjangkaunya dari manapun,



Sejarah Tanah Lot

kata tanah lot terdiri dari dua kata yaitu “tanah” dan “lot”. tanah berarti tanah/bebatuan karang dan lot berarti laut, jadi arti dari tanah lot adalah “tanah yang berada di laut” karena memang pura ini berada 300 meter dari bibir pantai.
Pura ini didirikan pada abad ke-15 oleh pendeta hindu, yaitu Bawu Rawuh atau Dhanghyang Nirartha yang berasal dari jawa, dalam perjalanannya menyebarkan agama hindu dari jawa ke bali.

Bendesa Beraban, seorang pemimpin di tanah lot pada masa itu merasa tersaingi karena banyak pengikutnya yang beralih menjadi pengikut Dhanghyang Nirartha, lalu Bendesa Beraban menyuruh Dhanghyang Nirartha untuk pergi meninggalkan tempat tersebut.

Sebelum meninggalkan tanah lot, Dhanghyang Nirartha dengan segala kekuatannya berusaha memindahkan batu karang ke tengah pantai dan membangun sebuah pura disana, Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular untuk menjaga pura tersebut. Bendesa Beraban merasa takjub dengan kekuatan yang dimiliki Dhanghyang Nirartha dan beralih menjadi pengikut Dhanghyang Nirartha.

Sebagai tempat wisata favorit di Bali, tanah lot sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti tempat parkir, art shop, restoran, information center, dan open stage. jika kita ingin belanja cinderamata khas bali, dijalan masuk ke tanah lot sudah banyak sekali penjual aksesoris dan oleh-oleh yang bisa kita pilih.

Saat hari raya odelan yang diperingati setiap 210 hari sekali, kita bisa melihat masyarakat bali bersembayang di pura tersebut, disarankan untuk datang pada saat air laut sedang surut agar kita bisa mendekat ke pura, jika air laut sedang pasang kita tidak akan bisa mendekat ke pura karena batu karang yang menyangga pura dikelilingi oleh air dan sangat berbahaya untuk mendekat karena ombak cukup besar. Jika anda berencana untuk menginap, sudah ada berbagai tempat penginapan di sekitar kawasan objek wisata tanah lot, 



Apa Yang Menarik Di Tanah Lot ?

 

Melihat Upacara Odelan
odelan merupakan hari raya yang diperingati setiap 210 hari sekali, tepatnya pada hari suci budha cemeng langkir dekat dengan perayaan galungan dan kuningan, pada saat itu kita bisa melihat umat hindu Bali yang bersembahnyang di pura tanah lot.

Mitos Tirta Pabersihan
di Tanah lot berkembang mitos bahwa jika kita mencuci muka dengan tirta pabersih sambil mengucapkan permohonan, maka permohonan tersebut akan segera terkabul, anda boleh percaya atau tidak namun mitos tersebut mamang sudah berkembang lama di lokasi ini.

Wisata Keluarga
jika anda mencari sebuah wisata keluarga di Bali, mungkin lokasi ini bisa menjadi alternatif pilihan anda ketika sudah bosan dengan taman safari dan pantai pantai yang ada di Bali, karena memang objek wisata tanah lot sangat cocok untuk keluarga dan anak anak.


Lokasi :


  • Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan
  • 13 kilometer dari pusat kota Tabanan
  • 30 kilometer sebelah barat kota Denpasar 
  • 43 kilometer dari kawasan wisata Kuta 
  • kurang lebih 1 jam dari Bandara Ngurah Rai











Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »