Ketep Pass, Spot Keren Untuk Melihat Gagahnya Gunung Merbabu dan Merapi


Magelang merupakan satu-satunya Kabupaten di Jawa Tengah yang dikelilingi oleh beberapa gunung, karena itu wisata di Kabupaten Magelang lebih didominasi oleh wisata alam. Dari banyaknya wisata di Magelang ini, terdapat satu wisata yang sudah sangat populer dikalangan traveller.

foto sunrise di ketep pass
sunrise di ketep pass. foto : ana_arum_sari

Namanya Ketep Pass, yaitu sebuah wisata alam dengan konsep “kegunungapian” yang diresmikan pada tahun 2002 sebagai kawasan wisata jalur SSB (Solo-Selo-Borobudur) dengan luas sekitar 8000 m2.

Apa yang Menarik di Ketep Pass Magelang ?

Ketep Pass merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat gagahnya Gunung Merbabu dan Merapi, di objek wisata ini juga terdapat gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan alam sekitar.

foto pemandangan ketep pass di malam hari
ketep pass di malam hari, indah ya. foto : amrazing

Pemandangan di kawasan Ketep Pass memang lebih didominasi oleh kedua gunung tersebut karena memang lokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Bukit Sawangan. Berada di ketinggian sekitar 1200 mdpl menjadikan udara di tempat wisata Ketep Pass cukup sejuk, terutama di pagi hari.

Di Ketep Pass kita tak hanya bisa melihat keindahan Gunung Merbabu dan Merapi saja, melainkan deretan gunung lainnya seperti Gunung Telomoyo, Sumbing, Sindoro hingga Slamet. Untuk bisa melihat gunung-gunung tersebut kita harus menuju ke Pelataran Panca Arga, yaitu lokasi tertinggi di kawasan Ketep Pass.

Jika kamu kurang puas melihat pemandangan dengan mata telanjang, tenang, di area gardu pandang Ketep Pass sudah disediakan teropong agar kita bisa melihat pemandangan lebih jelas dan lebih dekat.

Sebagai salah satu objek wisata populer, Ketep Pass sudah didukung dengan berbagai macam fasilitas penunjang yang kian memanjakan wisatawan, mulai dari gardu pandang, museum, hingga bioskop mini. Beberapa fasilitas keren yang tak boleh kamu lewatkan di Ketep Pass adalah :

Museum Vulkanologi
Di Museum dengan luas sekitar 550 m2 ini kita bisa melihat miniatur Gunung Merapi, semua hal yang berhubungan dengan Gunung Merapi bisa kita temukan di Museum Vulkanologi ini, mulai dari dokumen tentang kegunungapian, contoh batu dari letusan Gunung Merapi tahun ketahunnya, hingga foto puncak Garuda yang kini sudah tidak ada lagi akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010.

Bioskop Mini
Bioskop Mini di Ketep Pass bisa menampung sekitar 78 penonton. Di Bioskop Mini kita bisa melihat sejarah Gunung Merapi, yang meliputi terbentuknya Gunung Merapi, jalur pendakian, penelitian di puncak, hingga letusan-letusan yang pernah terjadi di Gunung Merapi dalam sebuah film berdurasi kurang lebih 25 menit.

Pelataran Panca Arga
Panca Arga memiliki arti “5 gunung” karena di lokasi ini kita bisa melihat 5 gunung yang mengelilingi Kabupaten Magelang, seperti Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, dan Sumbing. Pelataran Panca Arga merupakan puncak tertinggi dari objek wisata Ketep Pass, di area ini juga disediakan teropong yang bisa kita gunakan untuk melihat pemandangan lebih jelas lagi.

Selain menawarkan berbagai fasilitas keren, di kawasan Ketep Pass kita juga bisa melihat indahnya matahari terbit lho, pada bulan-bulan tertentu (biasanya Juli-Agustus) kita bisa melihat sunrise ditengah-tengah antara Gunung Merbabu dan Merapi yang terlihat sangat mempesona.

Setiap harinya Ketep Pass tak pernah sepi dari pengunjung, selain sebagai tempat wisata, Ketep Pass juga memiliki fungsi lain, diantaranya sebagai tempat peragaan dan tempat penelitian untuk mengamati aktivitas Gunung Merapi.

foto ketep pass magelang
bersih ya. foto : tan_pujianto


Fasilitas :
  • Toilet
  • Warung Makan/Restoran
  • Tempat Parkir
  • Bioskop Mini
  • Gardu Pandang
  • Museum
  • Teropong
  • Mushola


Harga Tiket Masuk Ketep Pass :
Rp 7.500/orang

Tiket Ketep Volcano Theatre (Bioskop Mini):
Rp 7.000

Teropong:
Rp 3.000

Jam Buka :
08:00 – 18:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Bagi kamu yang ingin menginap, disekitar kawasan Ketep Pass sudah terdapat banyak penginapan dengan harga yang cukup terjangkau, tinggal kamu pilih saja sesuai selera.

Lokasi :

  • Alamat ; Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • 26 Km dari pusat Kota Magelang melalui Jl. Magelang - Yogyakarta (46 menit)
  • 32 Km dari pusat Kota Salatiga melalui Jl. Magelang - Kopeng (1 jam 5 menit)
  • 58 Km dari Kabupaten Boyolali melalui Jl. Magelang - Boyolali (1 jam 48 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Ketep Pass Magelang

Akses menuju Ketep Pass sangatlah mudah, apabila kamu dari Kota Semarang dan sekitarnya, tinggal menuju ke Salatiga dengan melewati Kopeng hingga masuk ke Kabupaten Magelang, setelah melewati perbatasan Salatiga-Magelang, tetap ikuti jalan hingga kamu sampai di pertigaan.

Dimana apabila kamu belok kekiri akan menuju ke Ketep Pass (sudah terdapat petunjuk jalan), dan jika lurus akan menuju Kecamatan Candimulyo, Magelang. Silahkan belok kekiri dan ikuti jalan hingga kamu sampai di lokasi Ketep Pass.

Atau apabila kamu dari Solo, bisa mengikuti rute Solo - Boyolali - Cepogo – Selo – Musuk – Ketep Pass, namun dengan jalan yang kurang baik.

Sedangkan jika kamu dari Jogja, bisa mengikuti cara tempuh seperti dari Semarang, dengan rute Jogja – Muntilan, Magelang. Sesampainya di Gulon silahkan berbelok ke kanan mengikuti rute Ngadipuro – Senowo – Sawangan – Ketep Pass.

foto ketep pass
cocok buat nyantai. foto : alifahsashas

Tips Berlibur ke Ketep Pass Magelang :

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Ketep Pass adalah di hari biasa (senin-jumat) dan musim kemarau, sebab jika kamu berkunjung di hari libur atau weekend, jangan heran jika kamu akan bertemu dengan ratusan pengunjung lainnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Sangat cocok dijadikan sebagai wisata alam dan edukasi sekaligus.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor, karena jalannya yang cukup sempit.
  • Apabila kamu ingin melihat sunrise, silahkan datang di pagi buta, minimal jam 5 kamu harus sudah sampai di lokasi. atau kamu bisa menginap di sekitar kawasan wisata agar tidak perlu terburu-buru mengejar waktu.



Lihat peta cara menuju ke ketep pass


Wisata Terdekat Dari Ketep Pass :

Top Selfie Hutan Pinus Kragilan (13 menit)
sebuah kawasan hutan pinus mirip wisata Hutan Pinus Mangunan, Jogja. Top Selfie menjadi tempat wisata favorit bagi para pecinta selfie dan penghobi fotografi landscape, selain itu wisata ini juga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga.

Air Terjun Kedung Kayang (10 menit)
salah satu air terjun cantik di Magelang, untuk bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Kayang kita harus trekking dengan menuruni tebing dan melewati aliran sungai, tapi sesampainya di lokasi, pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah.

Merbabu via Suwanting
jalur pendakian Merbabu via Suwanting merupakan salah satu jalur favorit karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Jika kita naik lewat jalur ini, kita akan melewati 3 sabana dengan pemandangan cantik.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »