Daftar Candi Indah dan Megah yang Ada di Jawa Tengah. Mana Favorit Kamu?

0 Comments A+ a-

Jawa Tengah, salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali candi candi megah dan menarik, mulai dari candi Budha hingga Hindu.

Candi sangat erat kaitannya dengan agama Hindu dan Budha, selain untuk kegiatan keagamaan candi juga dijadikan sebagai tempat wisata, nah dibawah ini merupakan daftar candi keren yang ada di Jawa Tengah.





Candi Borobudhur

foto sunset indah di candi borobudhur 
saat senja di borobudhur. foto : @ariynsyh

Banyak yang mengira jika candi Borobudhur terletak di Jogja, namun kenyataannya candi Borobudhur terletak di kota Magelang, provinsi Jawa Tengah.

Candi Borobudhur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia yang pernah juga termasuk dalam 7 keajaiban dunia.

Candi Borobudhur sudah sangat terkenal bahkan hingga mancanegara, tapi karena kebanyakan paket wisata menuju kesini berasal dari Jogja bukan dari Magelang, menjadikan wisatawan salah persepsi jika candi Borobudhur terletak di Magelang.






Candi Plaosan

foto sunrise di candi plaosan klaten 
pagi hari di kawasan candi plaosan. foto : @anlnajir

Candi Plaosan terletak di Klaten, komplek candi Plaosan terbagi menjadi dua bagian, yaitu candi Plaosan Lor dan candi Plaosan Kidul, kedua bagian tersebut dipisahkan oleh tembok, yang membedakan dari kedua komplek tersebut adalah ukiran di dindingnya.

Ukiran (relief) di dinding candi bagian selatan (kidul) menggambarkan kekaguman seorang laki laki kepada perempuan, sedangkan relief di candi bagian utara (lor) menggambarkan kekaguman seorang perempuan kepada laki laki.







Candi Gedong Songo

foto keren malam hari di candi gedong songo 
malam hari di gedong songo. foto : @poenjahendi

Candi Gedong Songo terletak di Bandungan, Kabupaten Semarang, komplek ini sedikit berbeda dengan kebanyakan candi pada umumnya, di kawasan ini terdapat 5 candi utama yang tersebar di lereng gunung Ungaran dari bawah menuju ke atas.

Selain itu, di kawasan candi Gedong Songo juga terdapat pemandian air panas, dimana air tersebut memiliki kandungan belerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit, tak hanya itu di dekat pemandian juga terdapat sebuah goa yang masih menyemburkan asap belerang.





Candi Cheto

foto candi cheto karanganyar 
pemandangan di candi cheto. foto : databudaya.net

Candi Cheto terletak di Kabupaten Karanganyar, candi Cheto merupakan candi Hindu yang menurut cerita adalah peninggalan kerajaan Majapahit, di kawasan ini juga terdapat petilasan Ki Ageng Krincingwesi.

Candi Cheto memiliki keunikan tersendiri yang jarang ditemukan di komplek candi lainnya, yaitu terdapatnya patung patung kelamin pria, jika dilihat sekilas komplek candi Cheto mirip dengan pura yang ada di Bali.






Candi Sukuh

foto candi sukuh karanganyar 
suasana di komplek candi sukuh. foto : www.tripadvisor.com

Candi Sukuh terletak tidak jauh dari candi Cheto, yaitu di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, inilah salah satu candi unik yang ada di Indonesia.

Bentuk dari komplek candi Sukuh cukup berbeda dengan yang lainnya, malahan candi Sukuh lebih mirip dengan bangunan Suku Maya yang ada di Meksiko.





Candi Arjuna

foto komplek candi arjuna dieng 
keren ya pemandangannya. foto : www.pegipegi.com

Komplek candi Arjuna terletak di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, di komplek ini tak hanya terdapat satu candi saja, tapi ada beberapa candi lainnya seperti candi Semar, Srikandi, Puntadewa dan Sembrada.

Lokasi candi Arjuna juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan Dieng Culture Festival setiap tahunnya.


Nah, itulah beberapa candi keren yang ada di Jawa Tengah, kenapa tidak ada Candi Prambanan ? karena Candi Prambanan termasuk dalam provinsi Yogyakarta, jadi tidak dimasukkan dalam daftar.


loading...
loading...