Pantai Jogan, Spot Terbaik Melihat Air Terjun dan Pantai Dalam Satu Tempat di Jogja


Siapa bilang untuk melihat pantai dan air terjun di satu tempat cuma bisa di pantai banyu tibo, pacitan saja, di jogja juga ada tempat seperti itu lho, namanya pantai jogan yang terletak di gunung kidul, tidak salah lagi memang bagian selatan jogja menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik.

pemandangan air terjun pantai jogan 
air terjunnya keren ya. foto : tris.hr

Contohnya saja jejeran pantai pantai indah seperti parangtritis, indrayanti dan pantai jogan ini sendiri, walaupun kita tahu laut selatan terkenal dengan ombaknya yang sangat besar, namun tak menyurutkan animo wisatawan untuk tetap datang.


Apa yang Menarik di Pantai Jogan Wonosari ?

Pantai Jogan bisa dibilang merupakan salah satu surga tersembunyi di jogja, tidak banyak orang yang tahu mengenai keberadaan Pantai Jogan ini, padahal pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan cukup unik lho.

Di Pantai Jogan terdapat sebuah air terjun mini dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, pemandangan tersebut hampir mirip dengan Pantai Banyu Tibo di Pacitan yang sama-sama memiliki air terjun di pantainya.

Aliran air dari air terjun tersebut langsung mengalir ke pantai, Pantai Jogan sendiri tidak memiliki garis pantai yang panjang layaknya pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, garis Pantai Jogan hanya beberapa meter saja, itupun juga dikelilingi oleh bebatuan.

foto cantiknya pantai jogan 
cantik pemandangannya apa orangnya ? foto : putripati05

Berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, disini tidak terdapat hamparan pasir putih yang bisa kita gunakan untuk bersantai, kita hanya akan menemukan bebatuan di bawah air terjun, jadi jangan harap saat datang kesini kamu bisa berguling guling di pasir ya.

Nah, sebagai gantinya, kita bisa bersantai diatas tebing untuk menikmati keindahan Pantai Jogan dari ketinggian, ombak besar di pantai ini langsung menghantam ke tebing dan bebatuan karang, jadi jika kamu sedang berada di bawah, harus hati hati ya.

Lokasi ini juga sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana tenang bersatu dengan alam, melipirlah sejenak ke bagian yang sepi pengunjung, duduk dibawah pepohonan diatas tebing dengan backsound suara deburan ombak yang menghantam karang menjadikan suasana kian menenangkan.


foto canyoning di pantai jogan jogja 
canyoning di pantai jogan seru lho. foto : setya.dian

Untuk menikmati segarnya air terjun, kita harus terlebih dahulu menuruni tebing, nah, terdapat beberapa cara yang bisa kita coba untuk menuruni tebing Pantai Jogan ini, yaitu dengan menyusuri jalan setapak berupa bebatuan di pinggir tebing, namun kita harus ekstra hati hati karena batu yang kita pijak cukup licin, tapi tenang, sekarang jalan tersebut sudah terdapat tangga dari bambu yang memudahkan kita dan yang kedua adalah dengan cara rappeling (menuruni langsung dari air terjun).

Cara yang kedua menjadi pilihan favorit bagi sebagian wisatawan yang menyukai kegiatan menantang, karena kita harus menggunakan peralatan khusus dan keahlian untuk bisa menuruni air terjun ini.

Tak hanya itu, tempat wisata Jogja satu ini sangat cocok bagi kamu pecinta fotografi lho, pemandangan indah dan unik menjadi daya tarik banyak fotografer untuk mengabadikannya, bahkan tak jarang pula Pantai Jogan dijadikan sebagai tempat foto prewedding.

Akses menuju Pantai Jogan juga cukup mudah, karena jalanan sudah beraspal, namun yang perlu diingat adalah jalurnya yang berliku-liku naik turun khas Gunung Kidul, jadi hati-hati ya.

foto pemandangan di pantai jogan 
pemandangan di pantai jogan. foto : r.rzkyana


Fasilitas :

  • Toilet
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Penyewaan Peralatan Rappeling
  • Dan masih banyak lagi


Harga Tiket Masuk Pantai Jogan :
Rp. 5.000/orang

Akomodasi (Penginapan)
Belum terdapat penginapan di sekitar Pantai Jogan, sebagai gantinya kamu bisa mencari penginapan di pusat Kota Wonosari atau di sekitar tempat wisata terdekat.


Lokasi :

  • Alamat ; Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • 71 km dari pusat kota Yogyakarta melalui Jl. Nasional III (2 jam 3 menit)
  • 67 km dari Bandara Adisucipto melalui Jl. Nasional III (1 jam 50 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Rute Menuju Pantai Jogan Wonosari Jogja

Dari pusat Kota Jogja kamu tinggal menuju ke Wonosari saja dengan melewati Jalan Wonosari dengan mengambil arah menuju Pantai Siung, cukup ikuti jalan menuju Pantai Siung hingga kamu sampai di loket Pantai Siung.

Nah, di kanan loket Pantai Siung terdapat petunjuk menuju Pantai Jogan, tinggal ikuti saja petunjuk tersebut hingga kamu sampai di lokasi Pantai Jogan.





Tips Saat Berlibur Ke Pantai Jogan :

  • bawalah bekal sendiri, karena penjual makanan disini tidak terlalu banyak.
  • jangan buang sampah sembarangan, dan hati hati saat berada di pinggir pantai.
  • waktu yang paling tepat adalah saat air laut sedang surut, jadi ombak tidak terlalu besar dan tidak berbahaya ketika kita ingin turun ke bawah.
  • bagi kamu yang menyukai kegiatan memacu adrenalin, cobalah menuruni air terjun dengan cara reppeling.







Wisata Terdekat Dari Pantai Jogan :

Pantai Siung (4 menit)
Pantai Siung terkenal sebagai lokasi panjat tebing dengan pemandangan indah di Jogja, karena kita akan disuguhkan dengan keindahan alam Pantai Siung ketika memanjat. Selain panjat tebing kita juga bisa bermain di pantai.

Pantai Nglambor (4 menit)
Pantai Ngalmbor adalah salah satu spot snorkeling terpopuler di Jogja, siapapun yang menyukai kegiatan snorkeling pasti akan tahu tentang Pantai Nglambor.

Pantai Wedi Ombo (14 menit)
Pantai Wedi Ombo adalah salah satu pantai terlengkap dan terindah di Jogja, pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat memanjakan pengunjungnya.



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »