Info Lengkap Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung


Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.153 Mdpl, berbeda sedikit dengan Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3.142 Mdpl, Gunung Sindoro terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.


foto keren di gunung sindoro
pemandangan di gunung sindoro. foto : purnomo_02 


Bersama Gunung Sumbing, Gunung Sindoro terkenal sebagai gunung kembar karena letaknya yang bersebelahan seperti Gunung Merbabu dan Merapi, Gunung Sindoro sendiri memiliki beberapa jalur pendakian, diantaranya adalah :
Jalur Pendakian Sindoro via Tambi /Sigedang (Wonosobo)
Jalur Pendakian Sindoro via Kledung (Temanggung)
Jalur Sindoro via Sibajak (Temanggung)

Nah, dari beberapa jalur pendakian Gunung Sindoro diatas, jalur Sindoro via Kledung merupakan jalur paling populer dan favorit dikalangan pendaki, selain aksesnya yang lebih mudah, pemandangan yang ditawarkan jalur via Kledung ini juga terbilang indah.

baca juga : daftar gunung di Indonesia dengan jalur terberat

Bagaimana Cara Menuju ke Basecamp Sindoro via Kledung ?

Bagi kamu yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, untuk menuju ke Basecamp Kledung kamu hanya perlu menuju kearah Wonosobo dengan mengikuti rute Semarang-Sumowono-Temanggung, atau kamu bisa mengikuti rute ketika menuju ke Basecamp Gunung Sumbing via Garung karena lokasinya yang tidak terlalu jauh, perjalanan menuju Basecamp kita juga akan melewati salah satu wisata populer di Temanggung, yaitu Wisata Alam Posong Temanggung, sempatkanlah untuk mampir jika kamu memiliki waktu lebih.

Nah, apabila kamu dari Jakarta, kamu bisa berangkat menggunakan kereta menuju stasiun Purwokerto lalu naik angkot ke terminal Bulupitu, dan meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Wonosobo, atau bisa juga menggunakan bus jurusan Jakarta – Wonosobo dan turun di Terminal Mendolo Wonosobo dengan waktu tempuh sekitar 13 jam, sesampainya di Terminal Mendolo kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus lagi menuju ke Magelang dan turun di Dusun Kledung, Temanggung, sesampainya di Dusun Kledung kamu bisa berjalan kaki menuju Basecamp karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.


foto jalur pendakian gunung sindoro via kledung
jalurnya nanjak banget. foto : cynthiangrh


Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

BASECAMP – Pos I (1,5 jam)
Pos I – Pos II Cawang (1 jam)
Pos II – Pos III Seroto (2 jam)
Pos III – Pos IV (1,5 jam)
Pos IV – Puncak (1,5 jam)
Total : 7 jam 30 menit (tergantung kecepatanmu dalam berjalan)


foto trek sindoro via kledung
jalur terjal dan curam. foto : muhammadyasya



Info Mengenai Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung Temanggung

Basecamp – Pos 1
Perjalanan menuju Pos 1 kita akan melewati perkebunan warga dengan jalur bebatuan yang ditata rapi, dengan waktu sekitar 1,5 jam kita bisa sampai di Pos 1 dengan berjalan kaki, nah uniknya terdapat alternatif lain untuk menghemat waktu agar sampai di Pos 1 lebih cepat, yaitu dengan naik ojek.

Sama halnya dengan jalur Gunung Sumbing via Garung, di jalur Sindoro via Kledung ini kita juga bisa menaiki ojek dari Basecamp menuju Pos 1 untuk menghemat waktu, karena jika berjalan kaki kita membutuhkan wkatu sekitar 1,5 jam, apabila kita menggunakan ojek kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

Pos 1 – Pos 2
Sesampainya di Pos 1 jalur yang harus kita lalui sudah bukan jalanan berbatu, melainkan jalan setapak berupa tanah, sepanjang perjalanan menuju Pos 2 kita akan melihat rimbunnya pepohonan, jalur menuju Pos 2 ini juga terbilang masih cukup ringan dengan hanya sedikit tanjakan saja.

Pos 2 – Pos 3
Nah, setelah kamu sampai di Pos 2, silahkan beristirahat terlebih dahulu, sebab setelah ini jalur yang akan kita lewati sudah mulai menanjak dengan didominasi tanah dan bebatuan, selain itu kita juga akan mulai keluar dari hutan yang membuat pemandangan sekitar Gunung Sindoro terlihat jelas, Pos 3 merupakan dataran yang cukup luas, biasanya pendaki lebih memilih mendirikan tenda terakhir di Pos 3 sebelum summit.

Pos 3 – Pos 4
Setelah sampai di Pos 3 kita akan dipaksa untuk melewati jalur yang kian menanjak dan curam dengan kemiringan sekitar 40-60 derajat, jalur ini didominasi oleh bebatuan namun pemandangan sudah mulai terlihat indah dengan Gunung Sumbing yang terlihat berdiri kokoh didepan mata dan deretan gunung lainnya mulai dari Gunung Telomoyo, Merbabu, Merapi hingga Gunung Lawu.

Pos 4 – Puncak
Perjalanan menuju Puncak kita akan ditemani oleh kebun bunga edelweis yang terlihat sangat indah ketika mekar, jalur dari Pos 4 menuju Puncak ini merupakan jalur terbuka, sehingga sangat rawan terkena angin kencang yang menyebabkan udara kian terasa dingin.

Puncak Gunung Sindoro ditandai dengan adanya kawah besar yang terlihat masih menyemburkan asapnya, puncak Gunung Sindoro tak hanya menawarkan sebuah kawah saja, melainkan juga terdapat sebuah dataran luas layaknya padang sabana, lokasi tersebut bernama Segara Wedi, dimana jika musim hujan akan terisi oleh air yang menjadikannya seperti danau.



foto kawah gunung sindoro
kawah di puncak gunung sindoro. foto : fardilkhalidi


Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kledung Temanggung :


  • Bawalah persediaan air yang lebih, karena di jalur via Kledung ini tidak terdapat sumber mata air kecuali di puncak, itupun air yang berasal dari hujan, jadi jangan sampai kamu kehabisan persediaan air ya.
  • Lokasi terbaik untuk mendirikan tenda sebelum summit adalah di Pos 3, tapi apabila Pos 3 penuh kamu juga bisa naik sedikit sekitar 100 meter, disitu terdapat dataran yang cukup luas dan bisa menampung beberapa tenda.
  • Biaya retribusi di Gunung Sindoro sama dengan biaya retribusi di Gunung Merbabu, yaitu Rp.15.000/orang
  • Dari Basecamp menuju Pos 1 lebih disarankan untuk menggunakan ojek, selain untuk menghemat tenaga kita juga bisa menghemat waktu.
  • Biasanya di Pos 3 terdapat bapak-bapak penjaga yang juga menjual air, apabila kamu kehabisan air bisa membelinya, namun dengan harga yang sedikit lebih mahal.
  • Sebenarnya jalur via Kledung ini tidak direkomendasikan untuk pendaki pemula, namun karena terbilang sudah sangat populer dan ramai jadi cukup aman dan pamulapun juga tidak masalah mendaki melalui jalur ini

baca juga : daftar nomor kontak setiap Basecamp gunung-gunung di Indonesia

Nah, itulah tips dan info mengenai jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Temanggung, kamu punya tips dan info lainnya tentang jalur ini? Yuk share di kolom komentar.


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »