Goa Jatijajar, Wisata Alam dan Sejarah Sekaligus di Kebumen


Kebumen memang lebih dikenal dengan wisata pantainya, di Kabupaten satu ini terdapat banyak sekali pantai-pantai indah layaknya Gunung Kidul di Jogja, mulai dari Pantai Karang Agung, Pantai Ayah hingga yang paling populer adalah Pantai Menganti.

foto keren cahaya surga goa jatijajar
cahaya surga versi goa jatijajar. foto : zulfikri_ismail79

Namun, selain wisata pantai, Kebumen juga memiliki objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, nah, salah satu wisata di Kebumen yang cukup populer selain pantai adalah wisata goa, karakteristiknya yang dikeliling perbukitan karst menjadikan banyak goa di Kabupaten ini yang berpotensi untuk menjadi tempat wisata.

Salah satunya adalah Goa Jatijajar, mungkin kamu sudah familiar dengan objek wisata Goa Gong di Pacitan, dimana pemandangan didalam goa terlihat sangat indah, nah bagi kamu masyarakat Jawa Tengah, untuk bisa melihat keindahan didalam goa kita tidak perlu jauh-jauh ke Pacitan.

Goa Jatijajar menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dengan Goa Gong, didalam Goa Jatijajar juga dihiasi oleh lampu-lampu yang membuat objek wisata Kebumen ini semakin terlihat indah, di objek wisata ini kita juga bisa melihat cantiknya bebatuan stalknit dan stalagmit yang menghiasi goa lho.

Sesampainya di lokasi wisata, kita akan disambut oleh patung dinosaurus yang menjadi ikon dari objek wisata Goa Jatijajar ini, didalam Goa Jatijajar kita juga bisa menemukan 8 buah deorama dan juga 32 patung yang menceritakan tentang kisah Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung.


foto goa jatijajar kebumen
yakin gak mau berkunjung kesini? foto : maedapareshtii


Jadi selain berwisata alam, di Goa Jatijajar kita juga bisa berwisata sejarah, tak hanya itu saja, didalam Goa Jatijajar kita juga bisa menemukan 4 sendang, dengan nama :

  • Sendang Mawar
  • Sendang Kantil
  • Sendang Jombor
  • Sendang Pulser Bumi


Keseluruhan Goa Jatijajar terbuat dari bebatuan kapur, goa tersebut memiliki panjang sekitar 250 meter dengan lebar rata-rata 15 meter dan tinggi 12 meter, cukup luas bukan? Tak heran jika Goa Jatijajar menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kebumen. Ditambah lagi, wisata Goa Jatijajar juga memiliki fasilitas tempat bermain anak yang membuat objek wisata ini semakin lengkap dan sangat sayang untuk dilewatkan.

baca juga : yuk melihat cahaya surga di Goa Jomblang

Sejarah Goa Jatijajar

Gua Jatijajar ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di atas gua tersebut, ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, ia jatuh kesebuah lubang yang ternyata lubang itu adalah sebuah ventilasi yang ada di langit-langit gua tersebut. Setelah Jayamenawi menemukan gua ini, tak lama kemudian Bupati Kebumen pada saat itu meninjau lokasi tersebut.

Nah, mengenai penamaan Goa Jatijajar, terdapat dua versi, pertama saat Bupati Ambali mendatangi goa, dia menjumpai dua pohon jati tumbuh berdampingan dan sejajar pada tepi mulut gua, karena itu objek wisata ini dinamakan Goa Jatijajar.

Dan versi yang kedua adalah pada zaman dahulu ketika Raden Kamandaka di kejar-kejar dan masuk ke dalam goa, di dalam goa ia menyebutkan jati dirinya, ia mengaku sebagai seorang putra Raja Pajajaran. Dari kisah tersebut kemudian muncul kata Sejatine (dalam bahasa indonesia berarti sebenarnya) dan Pajajaran.


foto dinosaurus di goa jatijajar
dinosaurus di goa jatijajar. foto : milesiafarahh



Mitos di Goa Jajar

Selain sejarahnya yang menarik, sama halnya dengan kebanyakan wisata di Indonesia yang memiliki mitos, Goa Jatijajar juga memiliki mitos tak kalah menarik, yaitu apabila kita membasuh muka di Sendang Mawar maka dipercaya akan awet muda.

Untuk Sendang Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing. Sedangkan untuk Sendang kantil, jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-cita kita akan mudah tercapai.


foto patung didalam goa jatijajar
patung didalam goa. foto : avidmuvied


Rute Menuju Goa Jatijajar Kebumen

Untuk akses menuju lokasi, biasa dibilang cukup mudah, dari pusat kota Kebumen kamu tinggal mengikuti rute Kebumen-Karanganyar-Gombong dan dilanjutkan menuju Kecamatan Ayah dengan mengikuti jalur menuju Pantai Ayah dan setelah itu ikuti petunjuk jalan menuju Goa Jatijajar, lokasi Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, apabila kamu takut tersesat, bisa bertanya pada masyarakat setempat.

baca juga : Bukit Pentulu Indah, spot keren untuk selfie di Kebumen

Fasilitas :
WC
Tempat parkir
Mushola
Warung makan dan toko souvenir
Tempat bermain anak

Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar :
Rp. 7.500/orang

Jam Buka :
09:00-17:00 WIB

Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat hotel ataupun jenis penginapan lain disekitar Goa Jatijajar, sebagai alternatifnya kamu bisa mencari penginapan disekitar Pantai Ayah atau di pusat kota Kebumen.


Tips Berlibur ke Goa Jatijajar :

  • Agar lebih puas berkeliling, sebaiknya kamu datang dihari biasa (senin-jumat), karena biasanya saat weekend dan hari libur objek wisata ini selalu ramai oleh pengunjung.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.
  • Selalu taati aturan dan jangan membuang sampah sembarangan.




Lokasi :

  • Alamat ; Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.
  • 33 Km dari pusat Kabupaten Kebumen melalui Jl. Nasional III (1 jam 10 menit)
  • 47 Km dari Purwokerto melalui Jl, Nasional III (1 jam 19 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke goa jatijajar


Wisata Terdekat Dari Goa Jatijajar :

Pantai Ayah (25 menit)
Benteng Van Der Wijk (42 menit)



Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »