Coban Talun, Air Terjun Indah nan Tersembunyi di Kota Batu


Kota Wisata Batu, sesuai namanya, di kota satu ini terdapat banyak sekali tempat wisata keren mulai dari wisata kuliner, sejarah, taman hingga wisata alam, nah salah satu wisata alam populer adalah Air Terjun.


foto coban talun batu malang
indah banget ya air terjunnya. foto : dwilatifahhanum



Di Kota Batu terdapat sebuah air terjun dengan pemandangan indah lho, air terjun ini bernama Coban Talun, walaupun masih kalah populer dengan Coban Rondo, tapi jangan pernah meremehkan pemandangannya sebelum kamu datang langsung.

Coban Talun terletak di Bumi Perkemahan Coban Talun yang berada di kaki gunung Arjuno -  Welirang sebelah barat, air terjun ini bisa dibilang masih cukup alami karena tak terlalu populer seperti air terjun lainnya di Kota Wisata Batu maupun di Malang.

Coban Talun memiliki ketinggian lebih dari 50 meter, tapi tidak tahu berapa pastinya ketinggian air terjun tersebut, Coban Talun dikelilingi oleh tebing-tebing besar dengan tanaman hijau yang menghiasinya, menjadikan pemandangan kian asri.

Aliran air di Coban Talun cukup deras apabila musim hujan, selain itu airnya juga cukup jernih dan segar, tepat dibawah air terjun membentuk sebuah kolam kecil yang bisa kita gunakan untuk membasuh muka, selain itu apabila cuaca sedang cerah tak jarang kita juga bisa melihat pelangi lho, seperti di Air Terjun Kabut Pelangi.


foto hutan pinus di coban talun malang
hutan pinus di jalur menuju coban talun. foto : ramadhanyabd


Tapi, sebelum kita bisa menikmati keindahan Coban Talun, terlebih dahulu kita harus melewati jalur dengan medan yang cukup sulit untuk sampai di lokasi air terjun, kita akan dipaksa berjalan sekitar 30-60 menit dengan melewati jalan setapak yang saat musim hujan akan sangat licin.

Tak hanya itu saja, kita juga harus melewati sungai, hutan pinus dan melewati lokasi camping ground, di perjalanan kamu akan menemukan percabangan yang apabila kekanan maka kamu akan menuju ke bagian atas Coban Talun dan jika kekiri akan menuju bagian bawah.

Terlepas dari jalurnya yang cukup berat, sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan indahnya pemandangan Bumi Perkemahan Coban Talun ini, rasa lelahmu akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi air terjun, suara deburan dan segarnya air akan langsung membuatmu bersemangat kembali.

baca juga : Coban Jidor, keindahan tersembunyi di Malang



foto coban talun malang
yuk nyantai bareng. foto : herdiyanto_tito


Wisata air terjun Coban Talun sangat cocok kamu kunjungi jika memang kamu menyukai wisata berbau petualangan, selain itu Coban Talun juga tidak seramai wisata air terjun lainnya di Malang, jadi sangat pas untuk bersantai bersama alam.

Walaupun masih kalah populer, ternyata wisata Coban Talun sudah didukung dengan fasilitas penunjang yang cukup lengkap lho, seperti terdapatnya WC, tempat parkir, Musholla dan warung untuk kita beristirahat sambil makan siang.



foto waduk di kawasan coban talun
waduk di bumi perkemahan coban talun. foto : ella_elisya



Rute Menuju Wisata Air Terjun Coban Talun

Akses menuju lokasi Coban Talun, apabila kamu dari alun-alun Kota Batu bisa mengambil arah ke Selecta – Cangar, atau jika dari Surabaya dapat langsung mengambil jalur Cangar melalui Trawas, tapi pada malam hari akan cukup berbahaya jika melalui jalur Trawas karena tidak terdapat lampu penerangan serta kondisi jalan yang berliku-liku dengan turunan curam.

Nah, bagi kamu yang menggunakan transportasi umum, dapat mengunakan angkot tujuan Selecta, yaitu Angkot berwarna biru dengan kode AL (Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) dan turun di Terminal Landungsari.

Dari Terminal Landungsari, perjalanan dilanjutkan dengan Angkot berwarna Pink atau Ungu tujuan Terminal Batu. Sesampainya di Terminal Batu, perjalanan berlanjut dengan menggunakan Angkot berwarna Orange tujuan Selecta-Coban Talun dan turun di Bumi Perkemahan Coban Talun.

baca juga : daftar air terjun terindah di Malang, mana favoritmu?

Tips Berlibur Ke Coban Talun


  • Siapkan fisikmu terlebih dahulu, sebab kita akan dipaksa berjalan kaki dengan jalur yang cukup berat untuk sampai di lokasi air terjun.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi terutama motor.
  • Jalan menuju ke Coban Talun tidak terlalu baik karena terdapat beberapa bagian yang rusak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan ya.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Coban Talun adalah pagi-siang hari.



Harga Tiket Masuk :
Rp. 5.000/orang


Akomodasi (Penginapan)
Sejauh ini belum terdapat hotel ataupun jenis penginapan lainnya disekitar kawasan wisata Coban Talun, sebagai gantinya kamu bisa berkemah di Bumi Perkemahan Coban Talun, atau kamu dapat mencari penginapan di pusat Kota Batu.


Lokasi :


  • Alamat ; Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • 9 Km dari Alun Alun Kota Batu (22 menit)
  • 30 Km dari Pusat Kota Malang melalui Jl. Raya Malang-Surabaya (1 jam 7 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)



Lihat peta cara menuju ke Coban Talun


Wisata Terdekat Dari Coban Talun :

Goa Jepang (masih satu kawasan)
Museum Angkut + Movie Star Studio (25 menit)
Taman Selecta (12 menit)


Bagikan Yuk!





Bantu Kami Untuk Selalu Meng-Update Informasi Terbaru dari Artikel Ini Apabila Terdapat Informasi yang Sudah Tidak Relevan Lagi Dengan Cara Berkomentar Di Kolom Komentar, Kami Akan Memperbaruinya Segera.
Terima Kasih



Related Posts

Previous
Next Post »