Desa Pujon Kidul, Desa Wisata Dengan Keindahan Alam yang Menyegarkan di Malang

0 Comments A+ a-

Malang memang memiliki berbagai jenis wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi, mulai dari air terjun, museum, pantai hingga desa. Nah, sebelumnya di Malang sedang populer mengenai Desa Warna Warni dan Desa 3D yang sangat fotogenik.

desa wisata pujon kidul malang
rest area dan wisata edukatif. foto : @desawisatapujonkidul

Kini, muncul sebuah Desa Wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi karena memiliki pesona alam yang sangat indah, namanya Desa Wisata Pujon Kidul.





Apa yang Menarik di Desa Wisata Pujon Kidul ?

Tujuan utama dibuatnya Desa Wisata Pujon Kidul adalah sebagai sarana edukatif bagi masyarakat, di Desa Wisata Pujon Kidul kita bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang berbau alam seperti memetik sayur, pengolahan susu, wahana outbond, air terjun dan wisata alam lainnya.

cafe sawah desa pujon kidul
cafe sawah desa pujon kidul. foto : @cafesawah_pujonkidul

Desa Wisata Pujon Kidul sendiri dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan udara di desa ini cukup sejuk, ditambah dengan banyaknya sawah warga yang nampak sangat hijau membuat mata kita terasa segar ketika melihatnya.

Di sekitar persawahan warga terdapat gazebo dan spot foto yang dapat kita gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan sambil berfoto ria bersama teman atau keluarga.

Semua potensi wisata di Desa Wisata Pujon Kidul Malang ini dikelola oleh Kelompok Desa Sadar Wisata yang ada di desa tersebut.

Tak hanya memiliki wisata alam edukatif saja, Desa Wisata Pujon Kidul ini juga memiliki berbagai budaya tradisional yang sangat menarik untuk kita tonton seperti Kuda Lumping, Pencak Silat dan Tarian Sanduk.

Desa Wisata Pujon Kidul sendiri berada di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Pujon Kidul ini memiliki 3 dusun, yaitu Dusun Maron, Tulungrejo dan Krajan. Setiap dusun memiliki potensi wisatanya masing masing.

Karena termasuk Desa Wisata yang cukup lengkap, kini Desa Wisata Pujon Kidul menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang, terutama wisata keluarga.

Kenapa dibilang lengkap ?
Karena di Desa Wisata Pujon Kidul ini tak hanya terdapat wisata alam saja, melainkan juga terdapat Museum Desa yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi.

Selain itu juga terdapat Cafe Sawah, Cafe Sawah Desa Pujon Kidul ini menawarkan pemandangan persawaahan warga yang nampak hijau.

Di Cafe Sawah inilah biasanya wisatawan berfoto, karena memang disini terdapat beberapa spot foto keren.

Baca juga :
Daftar wisata keren di Kota Batu.
Ini dia tempat-tempat romantis di Kota Batu.



sunrise di desa wisata pujon kidul malang
sunrise di desa pujon kidul. foto : @cafesawah_pujonkidul



Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul buka mulai jam :
Senin - Jumat
08:00 - 19:00 WIB

Sabtu - Minggu
08:00 - 22:00 WIB

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pujon Kidul :
Rp. 2.000/motor 
Rp. 5.000/mobil
(hanya membayar tiket ketika masuk di area Cafe Sawah)


Akomdasi (Penginapan)
Untuk penginapan, sudah terdapat banyak hotel dan villa tak jauh dari Desa Wisata Pujon Kidul, salah satu hotel terdekat dari Desa Pujon Kidul yang cukup direkomendasikan adalah Jambuluwuk Batu Resort.

Nama :
Jambuluwuk Batu Resort and Convention Hall

Jarak dari Desa Pujon Kidul :
7 km (17 menit)

Lokasi :
Jalan Trunojoyo 99, Desa Songgokerto, Batu, Malang

Harga :
Rp. 980.000 - Rp. 4.300.000/malam

Cek dan Booking Sekarang




Lokasi :


  • Alamat : Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • 28 km dari pusat Kota Malang melalui Jl. Ir. Soekarno (1 jam 11 menit)
  • 10 Km dari Alun Alun Kota Batu melalui Jl. Beringin (26 menit)
  • (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)






Rute Menuju Desa Wisata Pujon Kidul Malang

Akses menuju ke Desa Pujon Kidul bisa dibilang cukup mudah, jarak dari pusat Kota Malang hanya sekitar 26 Km saja dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam melalui Jl. Raya Ir. Soekarno.

Dari Kota Malang kamu tinggal menuju ke arah Coban Rondo saja, lebih detailnya kamu bisa mengambil arah Daerah Payung (daerah yang jalannya berkelok-kelok), lurus saja terus hingga kamu menemukan Patung Sapi (Pertigaan Coban Rondo).

Dari Patung Sapi, sekitar 50 meter kamu akan menemukan gang Beringin di kiri jalan, silahkan masuk gang tersebut hingga kamu menemukan pertigaan antara Pujon Kidul dan Pujon Lor. Pilihlah arah menuju Desa Pujon Kidul (lurus).






Tips Berlibur ke Desa Wisata Pujon Kidul Malang :

  • Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi
  • Dapat diakses menggunakan mobil maupun motor
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan
  • Sangat cocok untuk wisata edukasi bersama anak
  • Bisa menjadi pilihan alternatif para pecinta fotografi landscape
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Desa Pujon Kidul adalah saat musim tanam padi, jadi sawah terlihat sangat hijau dan segar.






Lihat peta cara menuju ke Desa Wisata Pujon Kidul




Wisata Terdekat dari Desa Wisata Pujon Kidul (- 1 Jam) :

Coban Rondo (19 menit)
Coban Rondo merupakan wisata air terjun paling populer di Malang, jadi ketika kamu sedang berlibur ke Desa Wisata Pujon Kidul, sempatkanlah untuk mampir ke Coban Rondo.

Air Terjun Sumber Pitu (22 menit)
Air Terjun Sumber Pitu merupakan salah satu air terjun unik di Malang karena di lokasi ini kita tidak akan hanya menemukan satu air terjun saja, melainkan terdapat sekitar aliran air terjun.


Labirin Coban Rondo (24 menit)
Sesuai namanya, Labirin Coban Rondo terletak di tempat wisata Coban Rondo, Labirin Coban Rondo ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang penasaran bagaimana rasanya tersesat di dalam labirin.


loading...
loading...