Skip to main content

Punya produk atau jasa? iklankan di Brobali saja, cek contohnya klik disini. Lihat Syaratnya disini

×

Top 12 Tempat Wisata di Karanganyar Jawa Tengah Paling Direkomendasikan

Karanganyar merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur, Kabupaten satu ini terkenal memiliki wisata alam yang sangat menarik.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi karena berada di kaki Gunung Lawu yang terkenal sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah menjadikan udara di Karanganyar cukup segar.

Nah, bagi kamu warga Karanganyar dan sekitarnya yang sedang mencari info tempat wisata menarik apa saja yang ada di Karanganyar, dibawah ini adalah daftar tempat wisata di Karanganyar yang mungkin bisa menjadi referensimu ketika ingin berlibur di Kabupaten tersebut.



Hunting Foto Keren di Rumah Atsiri Indonesia

rumah atsiri indonesia
Resto, Aromatic Garden & Museum

Rumah Atsiri Indonesia adalah Kompleks edu rekreasi dengan fasilitas MICE yang berlokasi di Plumbon, tawangmangu. Objek wisata satu ini merupakan hasil restorasi dari bekas pabrik Citronella Indonesia-Bulgaria tahun 1963 yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata.

Banyak sekali aktivitas menarik yang di tawarkan di Rumah Atsiri Indonesia antara lain;

  • Tour Aromatic Garden melihat koleksi puluhan jenis tanaman atsiri
  • Jelajah musium essential oil
  • Menikmati sajian restoran dengan cita rasa khas atsiri
  • Aneka workshop yang akan menghidupkan jiwa scientist kita.


Di Aromatic Garden (Taman Koleksi) Rumah Atsiri Indonesia, pengunjung bisa menikmati pemandangan taman bunga yang indah dan berwarna-warni serta dapat melihat lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri dari Indonesia dan mancanegara yang masing-masing tanamannya memiliki cerita,aroma dan karakteristiknya masing-masing.

Jika ke Rumah Atsiri Indonesia jangan lupa singgah ke Rumah Atsiri Museum, museum yang baru saja di buka untuk umum ini menawarkan cerita sejarah minyak atsiri yang dapat di runut hingga 2.000 SM. Di Rumah Atsiri Museum pengunjung dapat melihat cerita perjalanan minyak atsiri sejak pertama kali di temukan dan penyebarannya keseluruh dunia, terutama Indonesia.

Sebelum bertolak pulang dari Rumah Atsiri Indonesia luangkan waktu untuk mengunjungi Rumah Atsiri Shop, disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjungan anda atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat anda. Adapula beragam pilihan minyak atsiri  dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil dapat anda temukan di Rumah Atsiri Essence.

Rumah Atsiri  Indonesia buka setiap hari Pukul 10.00-17.00 WIB. Pengunjung cukup membeli voucher senilai 50.000, dimana voucher tersebut dapat pengunjung gunakan untuk masuk kedalam Aromatic Garden dan Museum Rumah Atsiri.

Lokasi Rumah Atsiri Indonesia sangat mudah di jangkau hanya dengan mengetik Rumah Atsiri Indonesia di aplikasi Google Map anda. Mau tau lebih banyak tentang Rumah Atsiri Indonesia, langsung saja cek Instagramnya @rumahatsiri.



Wisata Tawangmangu Paling Populer, Grojogan Sewu

foto pemandangan gerojogan sewu 
pemandangan dari kejauhan. foto : @billyferdinand

Grojogan Sewu merupakan sebuah air terjun yang terletak di Tawangmangu, Karanganyar. Tawangmangu memang terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak wisata keren di Karanganyar, salah satunya adalah air terjun Gerojogan Sewu ini.

Grojogan Sewu memiliki tinggi sekitar 81 meter, lokasi dari air terjun ini berada di lereng gunung lawu, menjadikan udara di objek wisata air terjun Grojogan Sewu cukup sejuk dan segar.

Grojogan Sewu sendiri sudah terkenal sebagai ikon wisata di Tawangmangu dan Kabupaten Karanganyar, jadi tidak boleh kamu lewatkan ya.







Merasakan Sejuknya Udara di Air Terjun Jumog

foto air terjun jumog karanganyar 
suasananya terlihat asri ya. foto : @putra_taryono

Selain Grojogan Sewu, Karanganyar juga masih memiliki satu air terjun lagi yang tak kalah keren, yaitu Air Terjun Jumog. Wisata Karanganyar satu ini terletak di Kecamatan Ngargoyoso, lokasinya juga masih berada di kaki gunung Lawu.

Jika dibandingkan dengan Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog memang masih kalah populer, namun jangan salah, pemandangan alam di Air Terjun Jumog tak kalah indah lho.

Ditambah lagi fasilitas dan pengelolaan objek wisata Karanganyar ini sangat profesional menjadikan Air Terjun Jumog cepat populer dan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Karanganyar.







Hunting Foto Kece di Bukit Hope

bukit hope jatiyoso
gardu pandang I LOVE YOU. foto : @yunus_ashraf

Kamu pecinta selfie? Karanganyar memang memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah, salah satu wisata bagi pecinta selfie yang cukup direkomendasikan adalah Bukit Hope.

Di puncak Bukit Hope ini terdapat beberapa gardu pandang dengan bentuk unik, seperti LOVE, kupu-kupu dan ujung kapal. Dari gardu pandang tersebut kita dapat melihat keindahan alam Kabupaten Karanganyar dari ketinggian.





Melihat Keindahan Alam Karanganyar dari Rumah Pohon Banyu Anyep

selfie di rumah pohon banyu anyep
mirip di bukit hope kan. foto : @denmas.aji

Selain Bukit Hope, Karanganyar juga masih memiliki tempat wisata dengan konsep serupa, yaitu Rumah Pohon Banyu Anyep.

Bedanya, Rumah Pohon Banyu Anyep tidak memiliki gardu pandang sebanyak Bukit Hope, tapi masalah pemandangan, kedua tempat wisata Karanganyar tersebut tak berbeda jauh kok.





Selfie Kece di Rumah Hobbit Lembah Semilir Yuk

rumah hobbit kemuning
cocok buat selfie. foto : @ficky_zain

Tempat wisata Karanganyar lain yang cocok untuk selfie adalah Rumah Hobbit Lembah Semilir, wisata alam ini menawarkan Rumah Hobbit sebagai sajian utamanya.

Ngehitsnya Rumah Hobbit sebagai tempat foto membuat Kabupaten Karanganyar tak mau ketinggalan dengan membuat Rumah Hobbit Lembah Semilir ini.






Melihat Patung Unik di Candi Cheto

foto candi cheto karanganyar 
pemandangan candi cheto mirip di Bali ya. foto : @mfhid

Tempat wisata di Karanganyar selanjutnya adalah Candi Cheto yang terletak di Kecamatan Jenawi, Candi Cheto merupakan sebuah candi peninggalan Hindu yang masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Kawasan Candi Cheto ini sangat luas dengan dibagi beberapa tingkat, letak Candi Cheto sendiri berada di tingkat paling atas.

Selain sebagai objek wisata, Candi Cheto juga digunakan sebagai jalur pendakian di gunung Lawu, jalur ini terkenal dengan pemandangan sabananya yang sangat indah.

Tak hanya itu saja, di Candi Cheto kita bisa menemukan patung-patung vulgar dengan memperlihatkan alat kelamin pria lho, patung-patung vulgar di Candi Cheto ini masih terlihat berdiri kokoh karena memang dirawat dengan baik.








Wisata Mirip Luar Negeri di Candi Sukuh 

candi sukuh karanganyar
pemandangan di candi sukuh. foto : @jonathantamvan

Selain Candi Cheto, Karanganyar masih memiliki candi lain yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Candi Sukuh yang terkenal memiliki bentuk bangunan mirip dengan wisata luar negeri, yaitu bangunan dari Suku Maya di Meksiko.

Candi Sukuh terletak di Ngargoyoso, tempat wisata Karanganyar satu ini menjadi satu gerbang dengan wisata Candi Cheto dan Air Terjun Jumog karena memang masih dalam satu Kecamatan.






Menyegarkan Mata di Perkebunan Teh Kemuning

foto pemandangan kebun teh kemuning 
ijo ijo seger. foto : @yuniardimas

Masih di Kecamatan Ngargoyoso, terdapat sebuah tempat wisata yang sudah cukup populer baik dikalangan warga sekitar maupun wisatawan luar daerah, yaitu kebun teh Kemuning.

Kebun Teh Kemuning ini menjadi salah satu tempat wisata di Karanganyar yang cukup digandrungi anak muda, karena selain murah, Kebun Teh Kemuning juga menawarkan pemandangan yang sangat menyegarkan mata dengan hamparan hijaunya tanaman teh.





Gunung Lawu

foto sabana di gunung lawu 
sabana di gunung lawu.

Gunung lawu merupakan sebuah gunung yang terletak diantara Kabupaten Karanganyar dan Magetan di Jawa Timur, gunung Lawu terkenal sebagai gunung yang cukup mudah di daki karena jalurnya sudah ditata rapi, bagi kamu yang hobi naik gunung pastinya sudah tidak asing dengan gunung ini.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 Mdpl ini bisa kamu daki melalui tiga jalur, yaitu jalur Candi Cheto dan Cemoro Kandangn yang berada di Kabupaten Karanganyar, jalur satunya lagi berada di Kabupaten Magetan, yaitu di Cemoro Sewu, hanya berjarak sekitar 300 meter dari Cemoro Kandang.






Wisata Keluarga Seru di Bukit Sekipan

pemandangan di bukit sekipan tawangmangu
salah satu spot di bukit sekipan. foto : @caranyamber

Bukit Sekipan merupakan salah satu wisata baru di Tawangmangu Karanganyar, Bukit Sekipan menawarkan sensasi wisata alam yang akan membuatmu betah berlama lama disini.

Salah satu spot yang sudah sangat populer di Bukit Sekipan adalah Rumah Halloween, di Rumah Halloween ini kita tidak akan menemukan orang-orang berkostum hantu, melainkan diganti dengan patung-patung berkostum hantu, jadi kita bisa berfoto ria dengan patung-patung hantu tersebut.




Berkeliling Dunia di Taman Balekambang Tawangmangu

taman balekambang tawangmangu karanganyar
I LOVE balekambang. foto : @aulianurmahmudah

Nah, bagi kamu yang tidak bisa berwisata ke luar negeri secara langsung, Karanganyar menawarkan solusi untuk kamu dengan berlibur di Taman Balekambang Tawangmangu.

Di Taman Balekambang Tawangmangu ini kita akan diajak berkeliling dunia melalui miniatur-miniatur ikon wisata dari berbagai negara.

Taman Balekambang Tawangmangu kini menjadi salah satu wisata Karanganyar yang cukup populer di kalangan anak muda karena banyaknya spot untuk berfoto, selain itu aksesnya yang cukup mudah dan banyaknya penginapan murah di sekitarnya juga semakin membuatnya cepat populer.


Nah, itulah daftar tempat wisata populer di Kabupaten Karanganyar, dari tempat-tempat wisata diatas, mana yang menjadi favorit kamu ?


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar